Jendela Tafsir Dunia Karya Kyai Muda NU

 
Jendela Tafsir Dunia Karya Kyai Muda NU

LADUNI.ID, Jakarta - Di awal sambutan mewakili Pengurus Aswaja NU Center Jatim saya menyampaikan riwayat hadis tentang sifat-sifat Al-Qur'an:

ﻭَﻻَ ﻳَﺸْﺒَﻊُ ﻣِﻨْﻪُ اﻟﻌُﻠَﻤَﺎءُ، ﻭَﻻَ ﻳَﺨْﻠَﻖُ ﻋَﻠَﻰ ﻛﺜﺮﺓ اﻟﺮَّﺩِّ، ﻭَﻻَ ﺗَﻨْﻘَﻀِﻲ ﻋَﺠَﺎﺋِﺒُﻪُ

Para ulama tidak pernah kenyang dari Al Qur'an. Al Qur'an tidak akan pernah rusak karena banyaknya penolakan. Dan keajaiban Al Qur'an tidak akan pernah habis (HR Tirmidzi no 2906).

Ketika KH Dr. M Afifudin Dimyathi menyampaikan di dalam kitabnya Jam' Al-'Abir fi Kutub At Tafsir hanya mencantumkan 444 kitab Tafsir sejak masa awal hingga saat ini sempat terlintas di pikiran saya: "Kok sedikit sekali?"

Gus Awis -panggilan familiarnya- menjelaskan bahwa sebenarnya kitab-kitab Tafsir yang tidak beliau cantumkan jauh lebih banyak. Hal ini dikarenakan kitab-kitab Tafsir yang mudah diakses oleh beliau. Selain itu beliau mendahulukan faktor metodologi tafsirnya. Sehingga jika disampaikan keseluruhan beserta contoh-contohnya maka tidak cukup 1000 lembar untuk merangkum semua jenis kitab tafsir tersebut.

Beliau mencotohkan kadang ada satu ulama yang memiliki banyak tafsir, diantaranya Syekh Al-Wahidi, memiliki 3 jenis karya Tafsir, yaitu Wajiz, Wasith, Basith. Ada lagi yang sampai memiliki 4 karya Tafsir yang berbeda-beda, yakni Al-Hafidz Jalaluddin As-Suyuthi, Tafsir Jalalain, Ad-Durr Al-Mantsur, Iklil fi Istinbath Tanzil, dan Hasyiah Baidhawi. Ulama kontemporer ada yang sampai 3 karya Tafsir yaitu Syekh Ali Ashobuni, Shafwat At-Tafasir, Tafsir Ayat Ahkam dan Mukhtasar Ibni Katsir.

Gus Awis juga menampilkan berbagai macam jenis Tafsir, di antaranya Tafsir dalam bentuk Hasyiah, seperti Tafsir Ash-Showi. Ada juga dalam bentuk nadzam yang jumlahnya sampai 7000 nadzam. Ada lagi yang unik, yaitu Tafsir tanpa menggunakan huruf yang ada titiknya, seperti Nun, Ya', Fa', Qaf, Kha', Jim dan sebagainya (lihat di gambar bawah).

Satu pesan saya bagi para wanita yang hendak mencari jodoh, kalau bisa carilah calon suami yang cinta pada Al-Qur'an dan ilmu-ilmu Al-Qur'an seperti Gus Awis dan moderator Gus Abdul Wahab Ahmad ini. Kenapa? Sebab Firman Allah saja dijaga apalagi janji sehidup sesurga bersama anda akan dijaga seutuhnya.

Rekaman video dapat diklik DI SINI

 

*) Ustadz Ma’ruf Khozin


Aktifkan Nada Sambung pribadi Tausiyah Ustadz Ma'ruf Khozin "LIMA ALAM KEHIDUPAN"
Dengan cara kirim SMS: LAKDO kirim ke 1212
Tarif: Rp. 3850 / 7 hari