Ustadz Ma'ruf Khozin: Mendadak jadi Ustadz

 
Ustadz Ma'ruf Khozin: Mendadak jadi Ustadz

LADUNI.ID, Jakarta - Banyak orang beranggapan bahwa gelar itu di atas segala-galanya dan sangat penting dalam hidupnya, sedemikian pentingkah gelar sampai-sampai ada orang yang disebut atau dipanggil tanpa gelar akan marah besar.

Gelar yang mengiringi nama hanya sebatas gelar penanda jati diri tambahan saja tidak lebih,  tulisan menarik dari  Ustadz Ma'ruf Khozin di laman Facebook nya tentang berbagai macam gelar

1. Gelar masyarakat, seperti ustadz, kyai, ajengan, tuan guru, Gus dan sebagainya. Artinya tidak memiliki standar khusus. Pokoknya masyarakat memanggil dengan gelar tertentu maka melekatlah julukan itu.

2. Gelar akademis, seperti strata 1, strata 2 dan seterusnya. Memiliki standar keilmuan tertentu, tidak bisa tiba-tiba menyandang SH kalau tidak lulus Fakultas Hukum sampai diwisuda. Jangan harap menyandang gelar SE kalau tidak lulus Fakultas Ekonomi, kecuali singkatan Sopir Elf.

3. Gelar kehormatan, seperti HC, Honoris Causa.

4. Gelar tikar, gelar sajadah, gelar surban ha-ha-ha.

Karena ustadz tidak ada kriteria baku, maka kita sendiri yang perlu membuat filter agar kita bisa memilih dan memilah kepada siapa kita mempelajari ilmu dalam Islam.

Menurut KH Ahmad Siddiq, Rais Am PBNU (1984-1991), ketika menjelaskan "Ulama adalah pewaris Nabi" (HR Abu Dawud dll), yang diwariskan oleh para ulama dirumuskan dalam 3A;

1. Alim. Guru, kyai, Ustadz harus alim dengan ilmu agama.

2. Abid. Harus ahli ibadah.

3. Arif. Yaitu sikap dan ucapannya sangat bijak. Tidak hanya bijaksana tapi juga bijak(di)sini.

Khusus yang kriteria ketiga ini adalah Akhlaknya. Keilmuan para ustadz sulit kita lihat karena memang ilmu itu tidak kasat mata. Soal ibadahnya kita juga tidak dapat memantau kesehariannya. Maka tolak ukur yang paling mudah melihat para ustadz adalah dari Akhlak. Kalau bukan dengan akhlak maka dengan cara apalagi kita bisa mendeteksi keilmuan dan ibadah seseorang?

*) Oleh Ustadz Ma’ruf Khozin


Aktifkan Nada Sambung pribadi Tausiyah Ustadz Ma'ruf Khozin "LIMA ALAM KEHIDUPAN"
Dengan cara kirim SMS: LAKDO kirim ke 1212
Tarif: Rp. 3850 / 7 hari