Kiai Chatib Sendang, Membuat Layangan dari Tembaga

 
Kiai Chatib Sendang, Membuat Layangan dari Tembaga

LADUNI, SUMENEP - Makam KH Ahmad Chatib Sendang berada di Desa Sendang, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Berdasarkan catatan sejarah, Kiai Khatib Sendang merupakan satu dari tiga anak Pangeran Katandur, ulama sekaligus ahli di bidang nandur atau bertani. Berasal dari Kudus, dan tercatat sebagai cucu langsung Sunan Kudus, salah satu dari Wali Sanga.

Kiai Chatib Sendang merupakan penyebar agama Islam di wilayah Sendang. Cicit dari Sunan kudus itu, memiliki nama Asli KH Abdillah. Dijuluki kiai Chatib karena beliau berdakwah menyebarkan ajaran Islam kepada masyarakat Sendang.

Sesuai tulisan di Mushalla atau langgar asli peninggalan Kiai Chatib, beliau hidup sekitaran tahun 1892. Langgar tersebut masih berukiran asli dan sebagian masih utuh. Pada bagian atas langgar terdapat ilalang yang dikemas rapi. Tapi masih terlihat bahwa langgar tersebut peninggalan kiai chatib ratusan tahun silam.

kiai Chatib memiliki banyak karomah. Salah satunya, memiliki layangan yang terbuat dari tembaga. Kertas menggunakan kain. Tapi, anehnya, layangan tersebut tetap terbang dengan menggunakan tali. 

"Kisah itu, kami dapatkan dari leluhur kami tentang karomah yang dimiliki,' katanya. (*)