Wisata Ziarah dan Bertawassul di Makam KH M. Abdul Aziz Manshur Jombang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp0. Donasi Sekarang
 
Wisata Ziarah dan Bertawassul di Makam KH M. Abdul Aziz Manshur Jombang

Sepintas Biografi

KH M. Abdul Aziz Manshur adalah sosok ulama dari jombang yang memiliki sifat lemah lembut, sabar, dan mengayomi masyarakat, dan santri-santrinya di pesantren Tarbiyatun Nasyiin, Paculgowang, Jombang. Kiai yang disebut memiliki paras rupawan dan identik dengan kaca mata ini kelahiran tahun 1941, beliau adalah putra kelima dari 10 bersaudara, dari ayah dan ibu KH Manshur Anwar dengan Nyai Hj Salamah.

Sebagai seorang anak kiai, pendidikan agama memang telah dienyamnya sejak kecil. Baik dari ayahandanya sendiri di Pondok Paculgowang hingga kemudian melanjutkan tradisi pengembaraan ke banyak pesantren, laiknya banyak kiai besar dan putra kiai lain.

Dimulai dari pembelajarannya di pondok milik ayahandanya sendiri Paculgowang, berlanjut ke Pondok Pesantren Tebuireng, Sarang, Lasem, Watu Congol Magelang, Banten, Cirebon hingga mengakhiri pengembaraannya di Pondok pesantren kakeknya sendiri di Lirboyo Kediri.

Di Lirboyo sendiri, kiai Aziz menghabiskan masa mudanya hingga menamatkan pendidikan di usia 21 tahun. Kemudian ia melanjutkan pengabdiannya hingga usia 30 tahun. Di Lirboyo jugalah dia akhirnya menikah dengan  istri yang sangat dicintainya, nyai Hj Muslihah Marzuqi yang tak lain adalah adik dari sahabat dan saudaranya KH Idris Marzuqi yang juga  putri gurunya sendiri, yakni KH Marzuqi Dahlan.

Dari garis keturunan ayah, KH Abdul Aziz Manshur adalah keturunan langsung dari pendiri pondok pesantren Tarbiyatunnasyiin Pacul Gowang Diwek Jombang KH Alwi. Sementara dari ibu, merupakan keturunan KH Abdul Karim Lirboyo.

KH. Abdul Aziz Manshur dengan penuh tanggungjawab memikul amanah dari ayahandanya, mengasuh Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyiin dengan sepenuh hati, percaya diri, dan rasa ikhlas. Pondokpun semakin maju dan berkembang, meski era globalisasi telah menggeser semua “barang lama” dan menyebabkan pergeseran nilai-nilai kehidupan di tengah masyarakat, tetapi beliau tetap mempertahankan sistem kesalafan yang murni dan konsisten.

 

Lokasi Makam KH M. Abdul Aziz Manshur

Makam KH M. Abdul Aziz Manshur berada di pemakaman keluarga Pesantren Tarbiyatun Nasyi’in Pacul Gowang