Panti Asuhan Darussalamah Kudus

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
Panti Asuhan Darussalamah Kudus

Profil

Panti Asuhan (PA) Darussalamah adalah lembaga sosial yang tumbuh dan berkembang di lingkup masyrakat desa Jurang. Lembaga ini berada dibawah naungan Yayasan “Darussalamah”. Bermula dari keprihatinan dan kepedulian kami serta rasa solidaritas dan kesadaran yang tinggi warga setempat akan tumbuh kembang dan masa depan anak-anak yatim/piatu sekitar yang kurang beruntung, lembaga ini bisa tumbuh subur atas partisipasi dan kerjasama warga setempat juga pihak-pihak yang terkait di dalamnya.

Kegiatan sosial Yayasan Darussalamah dimulai pada tahun 1982 dengan kegiatan penyantunan yatim/piatu se-desa Jurang dan  sekitarnya yang dilaksanakan pada hari-hari besar Islam seperti Muharram, Rajab, Ramadhan dan Dzulhijjah. Beriringan dengan waktu  yang berjalan kemudian Bapak-bapak pengurus mempunyai niat untuk membuat gedung Yayasan untuk menjadi pusat kegiatan sosial keberagamaan dalam  melaksanakan beberapa kegiatan yang menjadi agenda rutinitas lembaga.

Pada tahun 1997 pengurus berupaya untuk mengusahakan  pengadaan tanah yang akan dipergunakan untuk pembangunan gedung dan Alhamdulillah  pengurus mendapatkan tanah wakaf yang ada di desa Jurang RT 05 /RW 03 jalan Gelis Hulu Gebog-Dawe 01 Gebog Kudus. Sebagai bentuk tindak lanjut, pada tahun 1998 pengurus mulai melakukan pembangunan gedung asrama.

Walau pada saat itu kondisi perekonomian mengalami hambatan karena adanya krisis moneter, Alhamdulillah pada tahun 2001 telah berhasil membangun gedung dan belum sempurna seluruhnya tetapi bisa dipergunakan untuk menampung anak-anak yatim, piatu dan dhu’afa’. Sampai bulan ini, gedung Yayasan Darussalamah  telah berjalan dalam kurun waktu selama 18 tahun.

Kegiatan utama lembaga ini adalah  meningkatkan gerakan moral dan kemandirian anak yatim/piatu melalui pendidikan, interaksi  sosial, serta keagamaan yang ditempuh baik melalui jalur pendidikan formal dan informal.

Pengasuh

Bp. Ahmad Nasier

Alamat

desa Jurang RT 05 /RW 03 jalan Gelis Hulu Gebog-Dawe 01 Gebog Kudus, Jawa Tengah