Majelis Ta'lim An-Nadwah Cirebon

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Majelis Ta'lim An-Nadwah Cirebon

Profil

Berawal dari keprihatinan terhadap ajaran-ajaran shalafus sholih dan para ulama yang sudah banyak ditinggalkan oleh masyarakat serta gencarnya paham salafy wahabi di tengah-tengah masyarakat yang berkultur NU di Kota Cirebon, juga keinginan menjadikan Kota Cirebon sebagai Kota Shalawat, membuat H. Andi Yusuf sering melakukan diskusi dengan KH. Luthfi El Hakim Fuad Hasyim MA atau yang biasa disapa dengan Kang Aim untuk mengatasi itu semua.

Akhinya, dengan persetujuan Kang Aim pada tanggal 9 Januari 2008 atau bertepatan tanggal 1 Muharram 1429 H diadakanlah pengajian untuk pertamakalinya di kediaman H. Andi Yusuf di Jalan Beringin No. 47 RT. 05 RW. 10 Karanganyar Jagasatru Selatan Kel. Jagasatru Kec. Pekalipan Kota Cirebon (sekang tempat tersebut dijadikan sekertariat sekaligus tempat Majelis Talim An-Nadwah), yang dihadiri ± 150 jemaah. Tanggal 1 Muharram itulah sekarang dijadikan Haul Majelis Talim An-Nadwah pada setiap tahunnya.

Perjalanan Majelis Talim An-Nadwah tidaklah semulus yang diperkirakan, awal-awal pengajian rutin yang di adakan setiap hari jumat malam sabtu pukul 20.00 WIB hanya dihadiri tidak lebih dari 20 jamaah. Bahkan pernah hanya dihadiri delapan orang saja,itupun semua keluarga H. Andi Yusuf.

Tapi Alhamdullah, seiring berjalannya waktu, dan kebutuhan umat terhadap talim yang langsung berkaitan dengan ibadah mahdhoh. Memang kebanyakan masyarakatmasih awam terhadap ilmu fiqih yang di ajarkan di majelis talim An-Nadwah dengan “ngaji kuping” pengajian kitab kuning yaitu kitab Fathul Qorib yang langsung dibacakan oleh Kang Aim selaku pengasuh ala “Pesantren” metodenya dengan membaca kitab, lalu diterjemahkan dan diterangkan, serta langsung dilakukan praktek, sebagai syariat beribadah kepada Allah SWT. Metode ini menjadi daya tarik tersendiri bagi jamaah untuk mengikuti pengajian ini. Dan akhirnya jumlah jamaah terus berkembang. Pada saat ini terdapat ± 500 orang jamaah.

Materi Pengajaran

Alhamdullah, semenjal 1 Muharram 1429 H, pengajian di majelis talim An-Nadwah ini tidak pernah libut setiap minggunya. Adapun selain pengajian kitab kuning, materi yang dilakukan pada saat pengajian itu adalah : tawasaul, sholawat, istigostah, tahlil, pengajian kitab kuning, dan juga dilakukan tanya jawab bisa dilakukan secara pribadi dengan kang aim. Melengkapi pengajian itu, sebulan sekali diadakan Sholat Tasbih berjamaah.

Kegiatan

Selain pengajian rutin yang diadakan pada setiap hari jumat malam sabtu, majelis talim An-Nadwah juga pernah mengadakan kegiatan-kegiatan:

1. Haul Majelis Talim An-Nadwah ke-1, pada tanggal 30 Desember 2008, bertempat di Hotel Intan Cirebon
2. Haul Majelis Talim An-Nadwah ke-2, pada tanggal 18 Desember 2009, bertempat di halaman Majelis Talim An-Nadwah Cirebon
3. Wisata Religi Ziarah Wali Songo, pada tanggal 26-29 Juni 2010.
4. Haul Majelis Talim An-Nadwah ke-3, pada tanggal 1 Januari 2011, bertempat di alun-alun Kejaksan Cirebon
5. Haul Majelis Talim An-Nadwah ke-4, pada tanggal 9 Desember 2012, di Halam Majelis Talim An-Nadwah Cirebon
6. Haul Majelis Talim An-Nadwah ke-5, pada tanggal 1 Desember 2013, bertempat di alun-alun Kejaksan Cirebon
7. Haul Majelis Talim An-Nadwah ke-6, pada tanggal 13 November 2014, bertempat di alun-alun Kejaksan Cirebon


Keberadaan Majelis Talim An-Nadwah, merupakan bentuk kepedulian dan perkhidmatan terhadap pelestarian terhadap amaliah-amaliah shalafus sholih dan para ulama-ulama (NU) yang semakin terpinggirkan. Semoga majelis talim lain yang sama-sama membangun umat dalam hal keimanan dan ketaqwaan sehingga tradisi (amaliah-amaliah) yang baik guna tujuan itu bisa tetap terjaga dan lestari di Nusantara sebagai buminya Ahli Sunah Wal Jama’ah Nahdlatul Ulama.

Pengasuh

H. Andi Yusuf

Alamat

Jalan Beringin .47 RT.05.RW. 10 Karang Anyar, Jagasatru Slatan Kel. jagasatru, Kec. Pekalipan, Jagasatru, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat