Majelis Ta'lim Nurul Iman Bengkulu

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
Majelis Ta'lim Nurul Iman Bengkulu

Profil

Majlis ta’lim  Nurul  Iman  terbentuk  sekitar  tahun  1990  pada  awal berdirinya  masih  sederhana.dibawah  naungan  dari  Badan  kesejahteraan masjid (BKM) dari bidang pendidikan. Pada awalnya jumlah dari majlis ta’lim itu sangat sedikit dan khususnya bagi kalangan dewasa dan orang tua. Dan Seiring dengan perkembangan dan tuntutan masyarakat, maka majlis ta’lim tersebut sudah memiliki jamaah kurang lebih 120 anggota yang terdiri dari beberapa RT dilingkungan Jalan Raden Fatah Pagar Dewa Kota Bengkulu.

Majlis ta’lim Nurul Iman berdiri di jalan Raden fatah RT. 10 RW. 02 Kelurahan Pagar Dewa Kecamatan Selebar kota Bengkulu. Majlis Ta’lim tersebut sekarang masih aktif, dan memiliki keanggotaan yang meningkat.

Menurut salah seorang pengurus majlis ta’lim Nurul Iman mengatakan, bahwa  peningkatan anggota dikarenakan majlis ta’lim tersebut kegiatannya dilaksanakan setiap minggu setiap hari jum’at dan penuhdengan aktivitas-aktivitasnya yang selalu berkembang pesat sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Seperti hal organisasi lain yang memiliki struktur organisasi yang jelas, maka majlis ta’lim Nurul Iman di Jalan raden Fatah kelurahan pagar Dewa Kecamatan Sellebar Kota Bengkulu  juga  membentuk struktur organisasi secara jelas untuk menunjang pelaksanaan majlis ta’lim tersebut.  Pengurus inilah yang mengelola kegiatan yang ada di Majlis Ta'lim sehingga berbagai kegiatan Keberagamaan berjalan dengan baik.

Dalam arti yang lebih luas manajemen yang dipakai di Majlis Ta’lim ini sudah relative profesional, terlihat dari distribusi kerja yang tersebar pada orang-orang yang mempunyai kapabilitas di bidangnya.  

Program Kegiatan

Kegiatan Majlis Ta'lim Nurul Iman dilaksanakan satu kali seminggu, yaitu hari Jum’at setelah shalat Jum’at. Materi yang dikaji adalah Hadits,Tafsir, Akhlaq, Fiqh, yang diajarkan secara bergiliran oleh para guru dalam satu minggu. Selain kegiatan pengajian Mingguan, pengajian Perempuan Majlis Ta'lim Nurul Iman juga melaksanakan pengajian bulanan, dengan mengundang para ulama atau kyai untuk memberikan siraman rohani atau
pengetahuan agama Islam (ceramah).  

Pengajian Majlis Ta'lim Nurul Iman juga mempunyai berbagai kegiatan yang dikelola para pengurus untuk memenuhi kebutuhan jama'ah. Kegiatan tersebut antara lain: Memperingati hari-hari besar Islam yang secara rutin dilaksanakan, yaitu: Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW, Peringatan Tahun Baru Islam. Kunjungan  ke  Majlis  Ta'lim-Majlis  Ta'lim  lain  (Study  Comperative).

Kegiatan ini  dilakukan  dengan tujuan untuk  menambah  wawasan para jama'ah dan mempererat tali silaturahim antar sesama muslim. Kegiatan  sosial  dengan  menjenguk  dan  memberi  santunan  kepada anggota yang sakit atau meninggal dunia.

Program Kerja Majelis Ta'lim

1. Melaksanakan kegiatan pengajian 1 Minggu Sekali dalam satu bulan
2. Menjalin kerjasama dengan Majlis Ta’lim Permata Pagar Dewa
3. Belajar membaca Al-Qur’an dan mengkaji Isi Al-Qur’an setiap Minggu Pertama
4. Mengundang Ustaz /ustazah 2 Minggu sekali yaitu Minggu kedua dan minggu ke empat
5. Mengundang para ahli di bidang kesehatan
6. Mengundan para ahli psikologi dan konseling
7. Melaksanakan kegiatan acara pada hari besar Islam
8. Melaksanakan kegiatan wisata religi
9. Pada bulan puasa Memberi ta;zil di masjid nurul Iman
10. Pada bulan ramadhan Melakukan tadarussan setiap malam
11. Selalu berkoordinasi dengan pihak Badan Kesejahteraan Masjid (BKM)
12. Berkunjung ke rumah anggota ketika ada musibah
13. Belajar dan berlatih Rebana

Kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh majlis ta’lim Nurul Iman adalah

1. Melaksanakan kegiatan pengajian 1 Minggu Sekali dalam satu bulan Kegiatan pengajian dilaksanakan setiap minggu yaitu setiap hari jum’at dimulai      dari jam 14.00 sampai dengan 16.00.dengan kegiatan diisi ceramah pada minggu kedua dan minggu keempat yang penceramahnya telah ditetapkan      oleh pengurus. dan pada Minggu pertama dan ketiga diisi dengan belajar mengaji, terkadang juga diisi dengan materi kesehatan terutama kesehatan      Ibu dan Anak oleh seorang Bidan dan masalah fiqih oleh ahli Fiqih dengan membahas masalah waris dan lain sebagainya.

2. Menjalin kerjasama dengan Majlis Ta’lim Permata Dalam meningkatkan kerjasama dengan majlis ta’lim lainnya, maka majlis ta’lim Nurul Iman selalu      hadir ketika ada kegiatan majlis Ta’lim Permata yang dilaksanakan satu bulan sekali

3. Belajar membaca Al-Qur’an dan kajian Tafsir setiap Minggu Pertama Di dalam membaca Al-Qur’an haruslah membacanya dengan baik dan
   sesuai dengan tajwid maka majlis ta’lim Nurul Iman menjadwalkan pembacaan Al-Qur’an pada minggu pertama dan terkadang mengkaji Isi Al-qur’an     beserta tafsirannya yang di isi oleh Ustazah Agustini M.Ag.

Dalam meningkatkan pengetahuan agama dan perubahan sikap keagamaan maka pengurus majlis ta’lim nurul Iman mengundang penceramah Agama yang dilaksanakan pada minggu kedua dan minggu keempat yang penceramahnya telah ditetapkan oleh pengurus yaitu Ustaz H. Rozian Karnedi M.Ag dan ustaz Wira Hadikusuma M.Si.

Aktivitas Tambahan

a) Mengundang para ahli di bidang kesehatan Ilmu Kesehatan adalah sangat penting diketahui oleh karena itu Untuk meningkatkan pemahaman                anggota terhadap kesehatan baik kesehatan ibu dan anak berdasarkan ajaran Islan maka pada minggu ketiga Pengurus majlis ta’lim Nurul Iman            mengundang seorang bidan yang diisi oleh Bidan Oci lestari.

b) Mengundang para ahli psikologi dan konseling Mendidik anak yang baik berdasarkan ajaran Islam itu sangat penting, maka guna mengetahui hal             tersebut maka pengurus majlis Ta'lim  mengudang ahli konseling dan psikologi yang diisi oleh Asniti karni,M.Pd.Kons.

c) Melaksanakan kegiatan acara pada peringatan hari besar Islam Pada hari besar Islam pengurus majlis ta’lim nurul Iman selalu melaksanakan nya           dengan mengundang penceramah seperti hari besar Islam Is’ra’ Mi’raj Nabi Muhammad SWA, Maulid Nabi Muhammad SAW, Tahun baru Islam 1           muharram dan selalu melaksanakan halal bihalal.

d) Melaksanakan kegiatan wisata religi Dalam Rangka pengenalan terhadap alam untuk menunjukkan rasa bersyukur terhadap Allah sang pencipta            alam dan juga untuk menghindari kejenuhan para Anggota terhadap kegiatan yang selalu dilakukan di ruang majlis Ta’lim , maka pada bulan Maret        tahun 2015 pengurus majlis ta’lim nurul Iman mengadakan wisata religi dengan berkunjung ke objek wisata alam perkebunan teh di gunung                    Dempo Pagar alam dengan diikuti para anggota dan pengurus Badan Kesejahteraan masjid (BKM) seerta mengundang ustaz untuk memberikan            pencerahan.

e) Pada bulan puasa Memberi ta’zil di Masjid Nurul Iman Untuk menambah keimanan kepada allah dan untuk berbagi kepada sesama yang berpuasa        maka Pada Bulan Ramadhan pengurus majlis Ta’lim Nurul Iman menjadwalkan kepada pengurus, anggota dan masyarakat sekitar mesjid untuk              memberikan ta’jil berbuka puasa setiap hari sesuai dengan kemampuan.

f) Pada bulan ramadhan Melakukan tadarussan setiap malam Di Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, sebagai umat Islam dituntut untuk       selalu berbuat amal kebajiakan dan dengann banyak membaca Al-Qur’an. Pengurus majlis ta’lim nurul Iman melakukan tadarusan setiap malam             sesudah shalat tarawih bahkan sering khatam Al-qur’an 3 sampai 4 kali khatam.

Ketua Majlis Ta'lim

Ibu Hj Raudha Tobil
 

Alamat

Jalan Raden fatah RT. 10 RW. 02 Kelurahan Pagar Dewa Kecamatan Selebar kota Bengkulu