Panti Asuhan Al-Barokah Sleman

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
Panti Asuhan Al-Barokah Sleman

Profil
Awal mula berdirinya panti asuhan Al-Barokah berasal dari pengajian ibu-ibu-ibu yang menyantuni anak-anak yang tidak mampu, anggota dari pengajian tersebut berjumlah 15 orang. Perkumpulan ibu-ibu tersebut telah puluhan tahun berjalan, terdapat pula perkumpulan bapakbapak yang berkumpul pada jumat wage. Berasal dari perkumpulanperkumpulan tersebut, muncul ide untuk menampung anak-anak yang tidak mampu, yatim maupun piatu.

Dimotivasi masih banyak warga Kecamatan Prambanan yang yatim, piatu, yatim piatu dan dhu‟afa yang membutuhkan penanganan serius. Oleh karena itu, Drs. KH. Bahruddin HZ dan rekan-rekan di Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan Prambanan menggagas pendirian sebuah panti asuhan bagi anak-anak tersebut. Atas dukungan dari beberapa pihak, dari Kelurahan Madurejo Kecamatan Prambanan dan Camat Kecamatan Prambanan, serta Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sleman, maka Yayasan Yatim Piatu dan Dhu‟afa Al Barokah dapat terwujud pada tahun 2003.

Yayasan Yatim Piatu dan Dhu‟afa Al Barokah telah berbadan hukum, yang dikuatkan dengan Akta Notaris Tri Wahyuni, SH dengan No: 01/15 Maret 2003 dan NPWP: 02.206-106-3-542-000 serta Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI No: C-1322.HT.01.02.Th 2005. Sekarang, Panti Asuhan dibawah naungan Yayasan Yatim Piatu dan Dhu‟afa Al Barokah ini telah berusia 8 (Delapan) tahun. Namun masih menempati Gedung Bekas SD Madusari II yang beralamat di Ketandan, Madurejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Awal mula anak-anak yang ditampung berjumlah 12 anak, anak-anak tersebut tinggal pada bekas sekolah yang sampai sekarang masih digunakan sebagai panti asuhan. Akan tetapi kini panti putra telah menghuni 32 bangunan panti asuhan yang baru, dan panti putri tetap berada pada bangunan bekas sekolah dasar impres. Awal berdirinya panti anak-anak masih hidup dalam keterbatasan.Tetapi seiring perkembangan panti asuhan panti asuhan Al-Barokah telah memiliki jumlah siswa sebanyak 56 anak asuh, dengan jumlah 23 anak asuh laki-laki dan 33 anak asuh perempuan.

Santri yang tidak tinggal di panti (dhu‟afa) berjumlah sekitar 500 orang. Bagi santri yang tidak tinggal di panti terdapat bantuan yang diberikan setiap tahun sebanyak dua kali bagi kaum dhu‟afa. Yayasan Yatim Piatu dan Dhu‟afa Al Barokah juga memiliki jamaah yang berupa kaum jompo, yang diberikan bantuan sebanyak sekali selam setahunnya. Bantuan yang diberikan bagi kaum dhu‟afa dan para orang jompo selama periode dua tahun. Kaum dhu‟afa dan para orang jompo terdiri dari orang yang berada di sekitar Panti Asuhan Al Barokah yaitu berada di sekitar Ketandan dan Prambanan.
 Visi Misi Panti Asuhan Al-Barokah sebagai berikut:
 Visi
“Terwujudnya dermawan secara rutin dan terbantunya yatim piatu, fakir miskin serta dhuafa yang islami.”
2.
a. Menginfentarisir dermawan
b. Mengumpulkan dan mendistribusikan dana
c. Membantu yatim piatu, fakir miskin dan dhuafa
d. Berjalannya aturan islam yang baik.
Fasilitas 
1 (satu) buah mushola
2. 12 (dua belas) kamar tidur
3. 1 (satu ) dapur
4. 1 (satu) ruang makan
5. 5 (lima) kamar mandi
6. 1 (satu) ruang pengurus
7. 1 (satu) ruang tamu
8. Sepeda untuk anak-anak panti berangkat sekolah
Program Kegiatan
1. Pola pembelajaran yang diterapkan di Panti Asuhan Al Barokah
. Salah satu pengajaran yang berlangsung dipanti asuhan selama ini lebih kepada bagaimana santri ini diajarkan hidup mandiri dan tanggung jawab atas apa yang mereka lakukan, dengan pekermbangan yang didapatkan santri selama tinggal dip anti asuhan mereka diasuh dengan pola pembejaran yang mereka anggap sudah merubah diri santri lebih baik dibanding sebelum mereka masuk kedalam panti, Contohnya
1.Belajar memasak
2. Mencuci baju sendiri
3. Belajar keterampilan seperti menjahit
4. Membuat bunga kasa
5. Belajar Komputer: Office, Multimedia, Desain Grafis
6. Olahraga
7. Bahasa Inggris dan Bahasa Arab

2. Pola pengajaran dalam pembentukan karakter dengan doktrin agama
1. Menjalankan Sholat lima waktu dan shalat sunnah lainnya
2. TPQ
3. Kajian Kitab Kuning
4. Madrasah Diniyah

Alamat
Ketandan, Madurejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta
Kode Pos:  55572