Pesantren Al Munawwir Gringsing, Kendal

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.1
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan1 Koperasi0
Pesantren Al Munawwir Gringsing, Kendal

PROFIL

Pesantren Al Munawwir Gringsing merupakan salah satu pesantren salaf yang terkenal di kalangan kaum nahdlyin, tentunya karena ponpes ini berdiri di bawah naungan ormas Nahdlatul Ulama dan diresmikan langsung oleh ketua umum PBNU Prof. Dr. KH. Said Aqil Siradj, MA.

Tahun demi tahun Ponpes Al Munawwir Gringsing terus berkembang dan berbenah, dari pesantren murni salaf kemudian menambahkan pendidikan formal, tidak sampai di situ saja, sekitar tahun 2018-an ponpes ini menyempurnakan sistem pendidikannya dengan menambahkan program tahfidz Qur’an.

Kajian kitab kuning menjadi pendidikan utama, terutama dalam penguasaan ilmu alat mulai dari sharf hingga nahwu. Tafsir, Aqidah, Fiqh, dan lainnya dipelajari dengan baik.

ponpes ini juga memfasilitasi santri – santriwatinya dengan pendidikan formal, antara lain: pendidikan anak usia dini (PAUD), madrasah diniyah Miftahul Anam, SMP NU Al Munawwir, SMA NU Al Munawwir.

Sejarah

Pondok pesantren Al-Munawwir merupakan lembaga pendidikan Islam yang berdiri di tengah-tengah masyarakat sejak tahun 1984, yang didasari dengan cita-cita luhur Al-Maghfurlah KH. Ahmad Munawwir. Awalnya KH. Al-Munawwir menetap di Gringsing dan membuka pengajian juga Majlis Ta’lim. KH. Ahmad Munawwir adalah seorang ulama non politis. Beliau tidak mau terlibat dalam partai politik manapun. Secara struktural beliau pernah menjabat di kepengurusan NU dari tingkat MWC sampai tingkat Cabang.2

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.