Pesantren Al Munawwir Gringsing

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Al Munawwir Gringsing

Profil
Pondok pesantren Al-Munawwir merupakan lembaga pendidikan Islam yang berdiri di tengah-tengah masyarakat sejak tahun 1984, yang didasari dengan cita-cita luhur Al-Maghfurlah KH. Ahmad Munawwir. Awalnya KH. Al-Munawwir menetap di Gringsing dan membuka pengajian juga Majlis Ta’lim. KH. Ahmad Munawwir adalah seorang ulama non politis. Beliau tidak mau terlibat dalam partai politik manapun. Secara struktural beliau pernah menjabat di kepengurusan NU dari tingkat MWC sampai tingkat Cabang.2

Namun beliau lebih konsentrasi ngurusi umat NU secara kultural. Hal ini dibuktikan dengan istiqomah memberikan ceramah pengajian rutinan rumahnya setiap hari Ahad dan Rabu, sampai akhirnya beliau membuka Majlis Ta’lim yang santrinya sekitar 10 orang. Lambat tahun ke tahun, di tahun 1980 Majlis Ta’lim beliau akhirnya menjadi Pondok Pesantren yang jumlah seluruh santrinya sekitar 20-25 orang saja.

Walaupun santri yang nyantri di Pondok Pesantren beliau baru sedikit, dikarenakan pada saat itu para masyarakat khususnya daerah Gringsing yang sama sekali belum mengetahui ilmu keagamaan. Namun, beliau tidak pernah berhenti untuk selalu memberi ceramah pengajian hingga akhir hayatnya. KH. Ahmad Munawwir wafat pada hari Kamis, 22 Rabi’ul Awwal bertepatan dengan 11 Oktober 1990 M. KH Al-Munawwir di makamkan di daerah Gringsing, tepatnya di Pondok Pesantren Al-Munawwir Gringsing Batang. Makam dari Simbah KH. Ahmad Munawwir berada di dekat Musholla Pondok Pesantren Al-Munawwir 2 Pendapat KH. Damanhuri Ya’kub, Ketua MUI Kabupaten Batang.

Setelah KH. Ahmad Munawwir wafat, semua lembaga pendidikan diasuh oleh adiknya, Kiai Muslih bin Kiai Miftah selama dua tahun. Kemudian dilanjutkan KH. Abdullah Muhlisin, suami keponakan KH. Ahmad Munawwir. Tidak lama berselang, KH. Abdullah Muhlisin wafat. Selanjutnya, sebagai pengasuh lembaga peninggalan KH. Ahmad Munawwir diteruskan santrinya, KH. Sholichin Syihab, yang merupakan suami dari Hj. Muniroh binti Hayuni, juga salah seorang keponakan KH. Ahmad Munawwir sampai sekarang ini.

KH. Sholichin Syihab yang merupakan pengasuh Pondok Pesantren AlMunawwir Gringsing Batang, dimana setelah beliau menjadi pengasuh, perkembangan di Pondok Pesantren meningkat pesat. Dahulu yang hanya lembaga mengaji biasa yang santrinya hanya beberapa orang namun, sekarang menjadi Pondok Pesantren yang santrinya menuju seratusan.

Bahkan di tahun 2018 ini Pondok Pesantren Al-Munawwir Gringsing Batang akan membuka Program Tahfidzul Qur’an. Pondok pesantren Al-Munawwir memiliki tujuan yakni untuk menyelenggarakan pendidikan Islam yang bermasyarakat dan Modern. Sehingga para santri tidak hanya mengetahui ilmu agama saja melainkan juga ilmu umum.

Karena itu, Pondok Pesantren Al-Munawwir pada awal tahun 2000 mendirikan pendidikan formal dan non-formal, sehingga diharapkan mampu mencetak kader-kader intelektual Islam yang berakhlaqul karimah dan berpegang teguh pada Al-Qur’an dan Hadis. Di lembaga ini santri-santri diajarkan, dididik ilmu dengan nilai-nilai agama dengan tujuan untuk menciptakan kepribadian muslim yang beriman dan bertakwa kepada Allah Swt, serta berakhlaq mulia bermanfaat bagi masyarakat. 
Pengasuh
1. KH. Ahmad Munawwir
2. KH. Sholichin Syihab

Pendidikan
Pendidikan Formal
1. SMP NU Al-Munawwir
2. SMA NU Al-Munawwir
Pendidikan Non formal
1. Tahfidzul Qur’an
2. Madrasah Diniyah

Ekstrakurikuler
Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:
1. Tahfidzul Al-Qur'an
2. Pengajian Kitab Kuning
3. Seni Hadrah/Marawis
4. Paduan Suara
5.Seni Musik
6.Khitobah
7.Kursus Kaligrafi
8. Kursus Komputer
9. Pramuka
10. arabic danEnglish Club
11. Mading
12. Komputer

 


Santri sedang sholawatan diiringi hadrah


Pramuka SMA NU Al-Munawwir

Fasilitas
Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Gedung Sekolah
4. Gudang
5. Perpustakaan
6. MCK/WC
7. Ruang tamu
8. Kopontren
9. Dapur
10. Aula
11. Lapangan
12. Lab. MIPA
13. Posko Kesehatan 
14. Lab. Bahasa
15. Lab. Komputer


Gedung sekolah di pesantren


Gedung Sekolah

Alamat
Jl Raya Lama Gringsing no.16. Desa, Gringsing Kecamatan, Gringsing Kabupaten, Batang, Propinsi Jawa Tengah 
Kode Pos:  51281

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.