Pesantren Modern Elfira Purwokerto

 
Pesantren Modern Elfira Purwokerto

Profil
Pondok Pesantren Modern El-Fira yang berlokasi di Jl. Ahmad Yani Gg. VII No. 43 Kebonbayem, Karanganjing, Purwanegara, Purwokerto Utara, yang terletak tidak jauh dari perguruan tinggi IAIN Purwokerto. Pondok ini adalah cabang dari Yayasan Nurjalin Cilacap, yang fokus mendidik para santri dalam pengembangan ilmu-ilmu agama (tafaqquh fiddin) yang mengkhaskan dirinya dengan pondok modern. Dengan landasan kerangka berfikir “al Muhafadhotu ‘ala qadimi as-Sholih wal akhdzu bil jadiidi al as-Aslah” tetap menjaga tradisi pesantren (kajian kitab-kitab Kuning) dan mengambil yang sesuatu yang baru (Modern) dengan pertimbangan mengandung nilai positif, lebih baik, yang dalam hal ini adalah penguasaan dalam Billingual (dua bahasa) Arab-Inggris.

Pondok Pesantren El-Fira didirikan oleh seorang tokoh akademisi yang memiliki kecakapan intelektual (spesialis Manajemen Sumber Daya Manusia) dan ilmu keagamaannya yang mendalam. Beliau adalah Bapak Dr. Fathul Aminuddin Aziz, MM. Yang sekaligus sebagai Pengasuh Utama Pondok Pesantren. Beliau merupakan Alumnus Pondok pesantren Al-Munawwir, Krapyak Yogyakarta dan IAIN Sunan Kalijaga. Tepat tanggal 3 September 2014 dibangun asrama pondok pesantren yang pada waktu itu diberi nama Pondok Pesantren El-Fira. Kemudian atas petunjuk dan saran dari Yayasan Nurjalin Cilacap, Pengasuh Pondok Pesantren Pondok Pesantren El-Fira Purwokerto Bapak Dr. Fathul Aminuddin Aziz, MM membangun gedung asrama secara modern (VIP).

Dalam pembangunan asrama yang modern itu perkembangan pondok pesantren El-Fira sangat  menggembirakan, baik dilihat secara fisik bangunannya maupun sistem pendidikannya.  Pondok Pesantren El-Fira memiliki tujuan sebagai Pondok Pesantren yang tergabung dalam mitra IAIN Purwokerto, yaitu membantu membimbing santri yang dalam hal ini adalah mahasiswa IAIN Purwokerto agar mampu menguasai ilmu-ilmu keagamaan Islam dan penguasaan terhadap materi BTA-PPI.

Seiring berjalannya waktu, Pondok Pesantren El-Fira Purwokerto yang relatif masih muda usianya sudah berhasil meningkatkan perkembangannya dengan baik dalam segi kualitas maupun kuantitas. Dalam kurun waktu 5 (lima) tahun sejak berdiri (2014) sampai tahun 2019 Pondok Pesantren El-Fira Purwokerto telah memiliki 4 (empat) cabang yang masing-masing 2 (dua) pesantren pusat dan cabang 1 beralamatkan di Jl. A.Yani Gg. VII No. 43 Kebonbayem, Karanganjing, Purwanegara, Purwokerto Utara, cabang 2 (dua) di Jl. Pol Soemarto, Gg. Anjasmara Rt. 03/03 Watumas, Purwanegara, Purwokerto Utara, dan cabang 3 (tiga) di Jl. Tanjlig Rt 06/07, Kedungwuluh, Purwokerto Barat, Purwokerto. Dengan perkembangan bertambahnya cabang pada Pondok Pesantren El-Fira ini, semakin berkembang dan bertambah pula jumlah santri  yang masuk dan terdaftar di Pondok Pesantren ini.
Pengasuh

Pendidikan
Pondok El-Fira menyediakan kelas dengan berbagai kalangan sebagai berikut :
1. Kelas Reguler
2. Kelas Non Reguler
3. Kelas VIP
4. Kelas VVIP
5. Kelas Royal

Selain itu El-Fira menyediakan konsentrasi sebagai berikut:
1. Kajian Kitab Salaf
2. Penguasaan BTA-PPI
3. Billingual / Bahasa Arab & Inggris
4. Tahfidz

Ekstrakurikuler
Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:
1. Tahfidzul Al-Qur'an
2. Pengajian Kitab Kuning
3. Seni Hadrah/Marawis
4. Paduan Suara
5.Seni Musik
6.Khitobah
7.Kursus Kaligrafi
8. Kursus Komputer
9. Kegiatan pengembangan bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Jepang
10. Ziarah
11. Pertanian Hidroponik
 


Santri putri sedang pengajian kitab


Santri putri sedang sholawatan diiringi hadrah


Fasilitas
Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:
1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Kantor
4. Gudang
5. Perpustakaan
6. MCK/WC
7. Ruang tamu
8. Kopontren
9. Dapur
10. Aula
11. Lapangan


Gedung sekolah


Aula serbaguna Pesantren
Alamat
Jl. Ahmad Yani aGang VII No.34 Kebon Bayem Purwanegara, Purwokerto Utara
Kode Pos:    53126

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.