Biografi KH. Ghozali bin Lanah

 
Biografi KH. Ghozali bin Lanah
Sumber Gambar: Dok. LaduniID

Daftar Isi

1          Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Riwayat Keluarga
1.3      Wafat

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Mengembara Menuntut Ilmu
2.2       Guru-guru Beliau
2.3       Mendirikan dan Mengasuh Pesantren

3          Penerus Beliau
3.1       Anak-anak Beliau
3.2       Murid-murid Beliau

4         Karier, dan Karya
4.1      Karier Beliau
4.2      Karya Beliau

5         Chart Silsilah
5.1      Chart Silsilah Sanad

6         Referensi

 

1. Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1  Lahir
KH. Ghozali lahir di Desa Klampis, Bangkalan, Madura pada tahun 1184 H/1768 M. Beliau merupakan putra dari pasangan Kiai Maulana atau kerap dipanggil Kiai Lanah dan Nyai Saliyah. Kiai Ghazali mempunyai empat saudara kandung, yaitu Saliyo (Ghozali), Hasan, Nyai Sento, dan Khatibah.
Nama KH. Ghozali di masa kecil adalah Saliyo, setelah berangkat haji namanya diganti menjadi Ghazali karena mengharap keberkahan terhadap Imam Al Ghazali.

1.2      Riwayat Keluarga
Suatu ketika KH. Ma’ruf berkeinginan untuk menguji kemampuan santrinya dengan memberikan beberapa pertanyaan. Kiyai Ma’ruf berjanji barang siapa yang bisa menjawab pertanyaan beliau kelak akan dijadikan sebagai adik iparnya. Di antara sekian banyak pertanyaan yang diajukan ada sebuah pertanyaan tentang fan nahwu mengenai lafadz idza (إذا). Namun ketika pertanyaan nahwu tersebut disampaikan, ternyata tidak ada stupun santri yang mampu menjawabnya.

Di tengah keheningan itu tiba-tiba ada seorang santri yang berkata: “Nuwun sewu Yai, wonten santri ingkang saget jawab, naminipun Saliyo ingkang dipun laqobi Tumpul” (Ma’af Yai, ada santri yang mampu menjawab, namnaya adalah Saliyo yang biasa disapa Tumpul). Karena fan Nahwu adalah fan yang disukai dan dikuasai oleh Saliyo (KH. Ghozali) selama di pesantren Belitung, maka beliau pun bisa dengan mudah menjawabnya.

Sesuai dengan janji yang telah diucapkan, KH. Ghozali muda akhirnya dinikahkan dengan adik ipar KH. M’ruf yang bernama Pinang. Beliau adalah adik dari istri KH. Ma’ruf yang bernama Nyai Mondoliko, putri KH. Muhdhor Sidoarjo. Dari pernikahan itu KH. Ghozali dikaruniai 4 putri dan 2 putra, mereka adalah :
1.    Nyai Hj. Sa’idah (istri KH. Ahmad bin Syu’aib)
2.    Nyai Hj. Syamsiroh (istri KH. Umar bin Harun)
3.    Nyai Hj. Syari’ah (istri KH. Thoyyib)
4.    Nyai Hj. Shobiroh (istri KH. Syamsuri)
5.    KH. Abdurro’uf (tidak punya anak)
6.    KH. Fathurrohman

1.3   Wafat
Beliau wafat pada tahun 1275 H atau bertepatan 1859 M dalam usia 91 tahun. 

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

2.1  Mengembara Menuntut Ilmu
Semasa remaja KH. Ghozali  menimba ilmu di pesantren Belitung, Kalipang (sebuah desa yang terletak 3,5 Km di sebelah barat Ds. Karangmangu) yang merupakan pondok pesantren pertama yang ada di kecamatan Sarang yang kala itu diasuh oleh KH. Hasan Mursyidin. Konon, desa tersebut dinamakan Belitung karena orang pertama yang berdakwah di situ berasal dari dari daerah Bangka Belitung, Sumatra Barat, hingga pada akhirnya ulama tersebut dikenal dengan sebutan wali Belitung yang kemudian nama beliau diabadikan menjadi nama desa.

Perkembangan islam di Belitung mencapai puncaknya pada masa KH. Abdullah Sajad, hanya saja sejarah kehidupan beliau tidak diketahui secara rinci dan pasti.

Di Belitung inilah KH. Ghozali menimba dan mendalami berbagai fan ilmu agama, namun ada satu fan yang menjadi favorit beliau pada waktu itu, yakni fan Nahwu sebelum berpindah ke Makam Agung, Tuban untuk memperdalam ilmu Fiqih.

Ada sebuah cerita unik yang mengantarkan beliau pindah ke Makam Agung, asuhan KH. Ma’ruf yakni suatu ketika ada seorang santri dari Makam Agung Tubanyang bernama Jawahir, sedang singgah di Pondok Belitung. Menurut satu riwayat, Jawahir pada waktu itu hendak pulang ke kampung halannya di desa Leran, Rembang.

Riwayat yang lain menyebutkan bahwa Jawahir hendak berangkat ke podok setelah beberapa hari pulang. Pada intinya, di tengah perjalanan Jawahir menyempatkan diri untuk singgah di pondok Belitung dan menginap satu kamar dengan KH. Ghozali. Jawahir adalah santri yang dikenal mahir dalam ilmu Fiqih.

Di tengah persinggahannya di Belitung, Jawahir dan KH. Ghozali muda berdiskusi mengenai ilmu Nahwu dan Fiqih. Sebelum berdiskusi, mereka membuat kesepakatan bahwa siapa diantara mereka yang terlihat unggul akan dijadikan sebagai guru. Diskusipun dimulai dengan seru dan saling menghormati, namun dikarenakan mereka sama-sama cemerlang dalam berdiskusi, tidak ada yang dianggap menang maupun kalah. Akhirnya mereka membuat kesepakatan baru, yakni bertukar tempat dalam menimba ilmu, Jawahir nyantri di Belitung kepada KH. Hasan Mursyidin sedangkan KH. Ghozali belajar ke Makam Agung Tuban di bawah bimbingan KH. Ma’ruf.

Dalam waktu yang cukup lama KH. Ghozali menimba ilmu di Makam Agung, yakni sampai beliau berumur 42 tahun, sebuah upaya mengagumkan dalam rangka memperkaya wawasan intelektual, mengingat rentetan usia yang begitu panjang, akan tetapi beliau mampu menerobos dinding-dinding jahiliyyah dan menciptakan cahaya ilmu bersinar terang yang sanggup menyinari gelap gulitanya qalbu.

Menimba Ilmu di Makkah
Guna memenuhi kewajibannya sebagai seorang muslim, KH. Ghozali berangkat ke Makkah untuk melaksanakan rukun islam yang kelima, sekitar pertengahan abad 13 H. Namun sayang ketika sampai di Makkah jamaah haji telah selesai melaksanakan Wukuf di Arafah, sehingga untuk melaksanakan ibadah Haji beliau harus menunggu wukuf di Arafah tahun berikutnya.

Kesempatan ini tidak beliau sia-siakan begitu saja. Masa penantiannya selama satu tahun beliau manfaatkan untuk menimba ilmu dari para ulama Makkah. Di sana beliau juga sempat menulis Tafsir Jalalain. Hingga kini manuskrip tulisan itu masih tersimpan rapi di PP MIS. Beliau memang tergolong penulis yang aktif, beliau menulis sendiri kitab-kitab yang beliau peljari, seperti Tafsir Jalalain , Fathul Mu’in, Bulughul Marom dan lain-lain. Diantara kitab-kitab itu yang masih tersimpan hingga kini adalah kitab Hasyiyah Ad-Dasuqi, yang selesai beliau tulis tanggal 6 Syawal 1280 H./15 Maret 1864 M.

2.2  Guru-guru Beliau
Guru-guru beliau saat menuntut ilmu, di antaranya:
1. KH. Maulana
2. KH. Hasan Mursyidin
3. KH. Ma’ruf

2.3  Mendirikan dan Mengasuh Pesantren
Pada mulanya santri beliau hanya berasal dari daerah setempat saja. lambat laun keharuman nama beliau menyerbak hingga keluar daerah. banyak yang nyantri pada beliau. Hal ini menuntut beliau untuk menyediakan tempat tinggal bagi para santrinya tersebut. Alhamdulillah atas izin Allah Subhānahu wa ta'ālā. Beliau memulai dengan membangun musholla dengan bantuan seorang dermawan yang bernama Utsman atau yang lebih dikenal dengan nama Mbah Saman yang bersedia memberikan tanah waqafan. Musholla tersebut sekarang menjadi Masjid MIS.

3. Penerus Beliau            

3.1  Anak-anak Beliau
Anak-anak beliau yang menjadi penerus beliau adalah:
1.    Nyai Hj. Sa’idah (istri KH. Ahmad bin Syu’aib)
2.    Nyai Hj. Syamsiroh (istri KH. Umar bin Harun)
3.    Nyai Hj. Syari’ah (istri KH. Thoyyib)
4.    Nyai Hj. Shobiroh (istri KH. Syamsuri)
5.    KH. Abdurro’uf (tidak punya anak)
6.    KH. Fathurrohman

3.2  Murid-murid Beliau
Murid-murid beliau adalah para santri di pesantren
1.   KH. Umar bin Harun 
2.   KH. Syu'aib bin Abdurrozaq

4. Karier

4.1  Karier Beliau
Karier sesuai dengan keilmuan beliau, posisi karier yang diduduki di antaranya:
Menjadi pengasuh di pesantren MIS Sarang, Rembang.

4.2  Karya Beliau
Kitab yang dikarang beliau adalah kitab Hasyiyah Ad-Dasuqi, kitab ini selesai beliau tulis tanggal 6 Syawal 1280 H./15 Maret 1864 M.

5.    Chart Silsilah

5.1   Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Ghozali bin Lanah dapat dilihat DI SINIdan chart silsilah sanad murid beliau dapat dilihat DI SINI.

6. Referensi

Biografi KH. Ghozali bin Lanah


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 22 Juli 2022, dan terakhir diedit tanggal 14 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya