TK Mawaddah Banjarmasin

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
TK Mawaddah Banjarmasin

Profil
faktor yang mendasari masyarakat mendirikan dan menyelenggarakan TK Mawaddah ini, antara lain; masyarakat menyadari bahwa pada hakikatnya anak usia taman kanak-kanak adalah masa usia yang sangat menentukan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, sebab pada usia ini adalah masa keemasan dan sekaligus masa kritis dalam tahapan kehidupan manusia.

Karena itu, pada masa usia taman kanak-kanak merupakaan masa yang sangat tepat untuk menanamkan dan menumbuhkan nilai-nilai dasar yang bersumber dari pendidikan Islam guna memperkuat karakter anak didik. Sehingga upaya pengembangan seluruh potensi anak secara dini dapat dimulai, agar pertumbuhan dan perkembangan anak berdasarkan nilai-nilai ajaran Islam dapat memperkuat karakter.

Kesadaran masyarakat teresebut di-realisasikan sehingga TK Mawaddah dengan ciri khas taman kanak-kanak Islam berdiri 15 November 1991 di bawah naungan Yayasan Taman Pendidikan Sakinah dengan Surat Izin Operasional Nomor: Kep.87/I.15. a 3/I. 1991 beralamat di Jalan Cempaka IV/ 35 Kel. Mawar Kec. Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan.

Yayasan Taman Pendidikan Sakinah, selain menyelenggarakan pendidikan formal, yaitu TK Mawaddah anak usia 4–6 tahun. Juga menyelenggarakan pendidikan nonformal, yaitu: Kelompok Bermain (Play Group) anak usia 2 – 3 tahun dan Taman Pengasuhan Anak (TPA) anak usia 2 – 6 tahun. Namun, pengurus yayasan ini menjadikan TK Mawaddah sebagai “program unggulan” dengan visi-misi, sebagai berikut:
Visi
“menjadikan seluruh komunitas Pen- didikan Anak Usia Dini Mawaddah Banjarmasin (anak didik, pendidik, pengelola, orangtua anak didik dan yayasaan) untuk tumbuh sesuai perannya masing-masing, berakar kuat secara lahir dan bathin serta membuahkan manfaat bagi masyarakat di sekitarnya, terutama di bidang pendidikan Islam”.
Misi
1. Mengembangkan potensi anak secara utuh dengan seluruh kecerdasan majemuk yang dibawa sejak lahir.
2. Melaksanakan program pembelajaran melalui bermain yang dinamis, inovatif dan kreatif dengan bidang pengembangan: nilai, moral (ajaran Islam), kognitif, bahasa, fi sik motorik, kemandirian dan kemampuan bersosialisasi berdasarkan akhlaqul karimah.
3. Menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan Islam kepada anak didik melalui pengenalan, pembiasaan dan keteladanan.
4. Mengembangkan program pembelajaran yang berpusat pada anak, sesuai dengan keunikan individu anak dan tahap perkembangannya.
5. Mengembangkan program pembelajaran melalui  bermain yang menjadikan seluruh komunitas PAUD Mawaddah Banjarmasin (anak didik, pendidik,  pengelola dan orangtua anak didik) sebagai “pembelajar sepanjang hayat”.

Metode Pembelajaran
1. Sentra Bermain Peran
2.  Sentra Balok
3.  Sentra Bahan Alam
4. Sentra Persiapan 

Pengembangan Kurikulum
pengembangan kurikulum di taman kanak-kanak ini dilakukan dengan mengacu kepada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Pada prinsipnya, pengembangan kurikulum tidak dimasukkan sebagai mata pelajaran atau pokok bahasan, tapi melalui pendekatan tematik integratif sehingga satu tema dapat menjangkau berbagai aspek. Ini berarti, bahwa standar pendidikan anak usia dini merupakan bagian integral dari Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan yang dirumuskan dengan tetap mempertimbangkan berbagai karakteristik penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.

Oleh karena itu, Standar Pendidikan Anak Usia Dini yang terdiri dari: standar tingkat pencapaian perkembangan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar isi, proses dan penilaian serta standar sarana-prasarana, pengelolaan dan pembiayaan saling terkait antara satu dengan lainnya harus menunjang pengembangan kurikulum dan proses belajar melalui bermain. Hal ini dapat mewujudkan suasana pembelajaran lebih dinamis dan pada akhirnya dapat merangsang anak didik untuk menumbuhkan dan mengasah kreativitasnya, sehingga dapat memberikan pelayanan pendidikan berkualitas yang bermuara kepada penguatan karakter anak didik melalui pendidikan Islam dengan pendekatan tematik integratif sesuai tingkat kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan anak didik.

Dengan demikian, kurikulum yang diterapkan di taman kanak-kanak ini, pendidik sama sekali tidak mendikte, indoktrinatif dan memaksakan kehendak, sebab anak didik belajar melalui bermain bukanlah seperangkat materi pembelajaran yang harus dihafalkan oleh anak didik. Tapi, pendidik memberikan stimulus, pembinaan, pembiasaan dan pengasuhan secara konsisten agar anak didik memiliki kemampuan mengenal dan menerima nilai-nilai ajaran Islam sebagai miliknya dalam penguatan karakter. 

Ekstrakurikuler,
kegiatan shalat berjama’ah, membaca iqra, do’a-do’a harian, ramadhan ceria, dan jum’at taqwa diisi dengan kegiatan: membaca/menghafal surat-surat pendek, cerita sejarah Islam, cerita para nabi dan rasul. Sedangkan ekstrakurikuler dalam bidang kesenian, meliputi: drum band, seni tari dan seni lukis yang bernafaskan ajaran Islam.

Alamat
 Jalan.Cempaka IV RT.1 NO.35, Mawar, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin Prov. Kalimantan Selatan