TK Mawaddah Banjarmasin
Profil
faktor yang mendasari masyarakat mendirikan dan menyelenggarakan TK Mawaddah ini, antara lain; masyarakat menyadari bahwa pada hakikatnya anak usia taman kanak-kanak adalah masa usia yang sangat menentukan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, sebab pada usia ini adalah masa keemasan dan sekaligus masa kritis dalam tahapan kehidupan manusia.
Karena itu, pada masa usia taman kanak-kanak merupakaan masa yang sangat tepat untuk menanamkan dan menumbuhkan nilai-nilai dasar yang bersumber dari pendidikan Islam guna memperkuat karakter anak didik. Sehingga upaya pengembangan seluruh potensi anak secara dini dapat dimulai, agar pertumbuhan dan perkembangan anak berdasarkan nilai-nilai ajaran Islam dapat memperkuat karakter.
Kesadaran masyarakat teresebut di-realisasikan sehingga TK Mawaddah dengan ciri khas taman kanak-kanak Islam berdiri 15 November 1991 di bawah naungan Yayasan Taman Pendidikan Sakinah dengan Surat Izin Operasional Nomor: Kep.87/I.15. a 3/I. 1991 beralamat di Jalan Cempaka IV/ 35 Kel. Mawar Kec. Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan.
Yayasan Taman Pendidikan Sakinah, selain menyelenggarakan pendidikan formal, yaitu TK Mawaddah anak usia 4–6 tahun. Juga menyelenggarakan pendidikan nonformal, yaitu: Kelompok Bermain (Play Group) anak usia 2 – 3 tahun dan Taman Pengasuhan Anak (TPA) anak usia 2 – 6 tahun. Namun, pengurus yayasan ini menjadikan TK Mawaddah sebagai “program unggulan” dengan visi-misi, sebagai berikut:
Visi
“menjadikan seluruh komunitas Pen- didikan Anak Usia Dini Mawaddah Banjarmasin (anak didik, pendidik, pengelola, orangtua anak didik dan yayasaan) untuk tumbuh sesuai perannya masing-masing, berakar kuat secara lahir dan bathin serta membuahkan manfaat bagi masyarakat di sekitarnya, terutama di bidang pendidikan Islam”.
Misi
1. Mengembangkan potensi anak secara utuh dengan seluruh kecerdasan majemuk yang dibawa sejak lahir.
2. Melaksanakan program pembelajaran melalui bermain yang dinamis, inovatif dan kreatif dengan bidang pengembangan: nilai, moral (ajaran Islam), kognitif, bahasa, fi sik motorik, kemandirian dan kemampuan bersosialisasi berdasarkan akhlaqul karimah.
3. Menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan Islam kepada anak didik melalui pengenalan, pembiasaan dan keteladanan.
4. Mengembangkan program pembelajaran yang berpusat pada anak, sesuai dengan keunikan individu anak dan tahap perkembangannya.
5. Mengembangkan program pembelajaran melalui bermain yang menjadikan seluruh komunitas PAUD Mawaddah Banjarmasin (anak didik, pendidik, pengelola dan orangtua anak didik) sebagai “pembelajar sepanjang hayat”.
Metode Pembelajaran
1. Sentra Bermain Peran
2. Sentra Balok
3. Sentra Bahan Alam
4. Sentra Persiapan
UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN
Support kami dengan berbelanja di sini:
Rp362.500
Rp145.000
Rp115.500
Rp324.000
Memuat Komentar ...