Pesantren Tubagus Pangeling Depok

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren Tubagus Pangeling Depok

Profil

Pondok Pesantren Tubagus Pangeling, pondok ini Didirikan dan diasuh oleh Alm. KH. Abu Bakar Siddiq. Tujuan didirikannya pesantren ini adalah untuk menciptakan rasa cinta terhadap anak yatim, sehingga anak-anak yatim tersebut tidak sampai salah jalan dalam kehidupan khususnya dalam agama. Pada tahun 2007, yayasan pondok pesantren ini dipegang keseluruhannya oleh Almarhum Abah sendiri, hanya bangunan pondok dan sekolah madrasah ibtidaiyah serta masjid saja. Pada saat itu masih sekitar 150 santri yang tinggal dipondok.

Pada akhir 2007, Abah meninggal dunia. Kondisi ini cukup merubah keadaan pondok yang sebelumnya kondusif kemudian sudah mulai fungsi organisasinya menurun drastis. Karena fkctor itulah selama kurang lebih 5 tahun yakni hingga tahun 2012 selama itu organisasi pondok kurang teratur karena lemah pimpinan juga saat abah meninggal belum ditentukan siapakah pengganti abah.

Kemudian setelah abah meninggal 2007 akhir mulialah tahun 2008 awal dipilih digantikan kepemimpinan oleh Buya Sofyan yaitu putra ketiga dari abah. Sebab saat masih hidup pun pondok sedang direnovasi, hingga abah meninggal renovasi belum rampung namun setelah diganti kepemimpinan dengan putra ketiga abah tahun 2008 rampunglah perubahan bangunan pondok, yang disertakan gedung sekolah Mts, SMA, kantor sekretariat, hingga beberapa kamar khusus putri.

Seiring berjalannya waktu dalam kepemimpinan Buya Sofyan, dengan mengikuti segala arahan beliau akhirnya pada tahun 2012 tumbuh kembali kemajuan organisasi dalam pesantren ini, cukup teratur organisasi-organisasi baik dari sekolah umum hingga pondok. Yang awalnya hanya sekolah MI, kemudian dibuka madrasah tsanawiyah lalu dibuka sekolah menengah atas yang tidak hanya dikhusus kan untuk santri pondok, tapi masyarakat umum juga bisa daftar kesekolah umum ini. Hingga sekarang, pondok pesantren ini sudah diakui oleh pemerintah menteri pendidikan maupun mentri agama yang sudah terakreditasi B.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.