Masa Menstruasi yang Panjang

 
Masa Menstruasi yang Panjang

LADUNI.ID, Jakarta – Tulisan ini merupakan tanya jawab dari 101 persoalan perempuan yang tulis oleh Prof. Habib Quraish Shihab. Di dalam tulisan ini akan menjelaskan pandangan Prof. Habib Quraish Shihab tentang masa menstruasi yang panjang.

***

Ustadz Quraish, bagaimana apabila masa menstruasi sangatlah panjang, sampai dua minggu misalnya. Apakah setelah melewati masa tertentu tetap boleh shalat? Menstruasi saya yang selalu panjang sangatlah mengganggu jadwal ibadah saya.

Wendy, Mahasiswa, Bintaro

Allah yang menciptakan perempuan dan menjadikannya pada usia tertentu mengalami menstruasi. Dia juga yang memberi kemudahan sehingga tidak menjadikan mereka wajib shalat pada saat itu. Tetapi berapa panjang masa menstruasi itu, tidak disepakati oleh ulama. Boleh jadi karena hasil penelitian dan pengamatan mereka terhadap perempaun yang mengalaminya berbeda-beda antara seorang dengan yang lain.

Kendati mereka telah sepakat tentang adanya masa minimal dan maksimal, tetapi masa tersebut mereka perselisihkan juga. Imam Syafi’i misalnya menyatakan bahwa masa minimalnya adalah sehari semalam dalam arti waktu darah telah berhenti sebelumnya, yang bersangkutan masih dianggap dalam keadaan menstruasi, ia belum diperkenankan melaksanakan shalat.

Sedang masa maksimalnya adalah lima belas hari, dalam arti jika darah masih keluar setelah masa itu, maka yang bersangkutan tidak lagi dianggap dalam keadaan menstruasi dan sejak masuk hari keenam belas, dia sudah harus shalat kendati darah masih tetap keluar.

Baca juga: Masturbasi Bagi Perempuan yang Sulit Jodoh Menurut Prof. Habib Quraish Shihab

Anda tidak perlu cemas atau kecewa dengan panjangannya masa haid, karena Allah memang tidak mewajibkan bagi anda ketika itu melakukan ibadah-ibadah tertentu, seperti shalat dan puasa, tetapi Yang Maha Pemurah itu tetap membuka pintu yang sangat lebar untuk aneka ibadah lainnya. Demikian, wa Allah A’lam.

Sumber: M. Quraish Shihab. M. Quraish Shihab​ Menjawab 101 Soal Perempuan Yang Patut Anda Ketahui. Ciputat Tanggerang: Lentera Hati, 2011.