Pesantren (Dayah) Istiqamatuddin Daruzahidin Pidie Jaya

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP0
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium0
Poli Kesehatan0 Koperasi0
Pesantren (Dayah) Istiqamatuddin Daruzahidin Pidie Jaya

PROFIL

Dayah Istiqamatuddin Daruzzahidin didirikan dan diasuh oleh Teungku Abi Syarifuddin Jalil atau biasa disapa Abi Bidok. Dayah Istiqamatuddin Daruzahidin berada di desa Bidok, Kec Ulim. Kab Pidie Jaya Dayah berada sekitar 5KM dari jalan raya Banda Aceh - Medan. Dayah tersebut masih berstatus Salafi dan masih kental dengan pengajaran kitab gundul (kitab kuning). Dan memegang paham Ahlussunnah waljamaah bermazhab Imam Syafi'i. Dari lembaga pendidikan agama kawasan pedalaman Pijay ini juga banyak mencetak calon pemimpin dayah.

Komplek dayah diapit oleh lahan pertanian dan perkebunan dengan udara yang tergolong normal serta jauh dari kebisingan cocok bagi orang yang menuntut ilmu seperti halnya santri. Untuk mencapai lokasi ini, dari jalan raya Banda Aceh-Medan atau persisnya melalui jalan PT Gotong Royong jalannya mulus dan dapat ditempuh dengan sepeda motor dan kendaraan roda empat hanya dalam waktu 15 menit.

Kurikulum yang digunakan Dayah Istiqamatuddin Daruzzahidin adalah sistem diniyah yaitu mempelajari kitab-kitab klasikal dari para ulama-ulama terdahulu (kitab kuning).

Pengasuh
Teungku Abi Syarifuddin Jalil (Abi Bidok)

PENDIDIKAN

  1. Tahfidzul Qur'an
  2. Madrasah Diniyah

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.