Pandangan Prof. Habib Quraish Shihab Tentang Meyakinkan Kebaikan Kepada Calon Suami

 
Pandangan Prof. Habib Quraish Shihab Tentang Meyakinkan Kebaikan Kepada Calon Suami

LADUNI.ID, Jakarta – Tulisan ini merupakan tanya jawab dari 101 persoalan perempuan yang tulis oleh Prof. Habib Quraish Shihab. Di dalam tulisan ini akan menjelaskan pandangan Prof. Habib Quraish Shihab tentang meyakinkan kebaikan kepada calon suami.

***

Saya seorang gadis berkerudung. Sejatinya katanya kehidupan dunia yang menyenangkan adalah perempuan/istri yang salehah. Bagaimana upaya saya meyakinkan calon suami/pacar bahwa saya akan menjadi istri yang salehah? Terkadang watak kita yang seberapanya akan terlihat setelah berumah tangga, terima kasih, Pak.

Latifah, Pegawai Negeri Sipil (PNS), Bogor

Meyakinkan siapa pun tentang kebaikan kita, caranya bukan dengan ucapan, bahkan tidak juga dengan pakaian, tetapi dengan pengamalan sehari-hari. “Tidak ada gunanya ucapan tanpa bukri, tidak juga pengamalan tanpa ketulusan,” sebagaimana kepercayaan/trust kepada seseorang tidak dapat terpenuhi hanya dengan beberapa kali pertemuan saja.

Bahwa watak dan kecenderungan manusia berbeda, itu adalah satu keniscayaan. Dua orang saudara sekandung yang tinggal serumah dan dididik oleh orang tua yang sama pun pasti memiliki perbedaan, apalagi dua orang yang sejak semula telah berbeda.

Perbedaan dapat diatasi dengan kesadaran bahwa “Cinta bukanlah peleburan diri pada pasangan, tetapi ia adalah dialog antar-dua ‘aku’. Masing-masing mengakui eksistensi pasangannya serta berusaha mempertemukan perbedaan mereka melalui dialog dan musyawarah yang mengedepankan kekitaan, bukan keakuan.”

Di samping itu, masing-masing harus menyadari bahwa "tidak ada manusia yang sempurna”. Semua memiliki kekurangan dan semua berpotensi salah. Kesalahan yang dilakukan seseorang dapat juga dilakukan oleh orang lain, bahkan dalam bentuk yang lebih buruk. Demikian sekelumit yang dapat saya kemukakan, wa Allah A'lam.

Sumber: M. Quraish Shihab. M. Quraish Shihab​ Menjawab 101 Soal Perempuan Yang Patut Anda Ketahui. Ciputat Tanggerang: Lentera Hati, 2011.