Misi Kemanusiaan: Banser Terjunkan Ribuan Anggotanya ke Lokasi Bencana

 
Misi Kemanusiaan: Banser Terjunkan Ribuan Anggotanya ke Lokasi Bencana

LADUNI.ID, Jakarta - Dalam rangka melaksanakan misi kemanusiaan membantu penanganan korban yang tertimpa musibah, ribuan anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) diterjunkan ke berbagai lokasi terjadinya bencana.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor (PP GP Ansor), M. Haerul Amri. Ia menjelaskan bahwa hal tersebut dilakukan sesuai arahan langsung Ketua Umum PP GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas.

"Kita terpanggil dengan menerjunkan para anggota untuk membantu saudara kita yang sedang tertimpa musibah," terang Aam, sapaan akrab M. Haerul Amri, dalam keterangan tertulis, Selasa (19/01/2021) kemarin.

Aam menjelaskan bahwa tim relawan tergabung dalam Banser Tanggap Bencana (Bagana) itu salah satunya adalah diterjunkan ke berbagai lokasi gempa bumi di Kabupaten Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat (Sulbar).

Selain itu, Aam juga menyampaikan bahwa tim Bagana juga dilibatkan pada musibah banjir seperti di Kalimantan Selatan dan sejumlah daerah di Pulau Jawa. Anggota disebar di musibah longsor Sumedang, Jawa Barat.

"Di Brebes, Bagana bersama warga juga membangun tanggul penanganan banjir di bantaran Sungai Cisanggarung, Pasarbatang," tuturnya, sebagaimana dikutip Laduni.id dari laman medcom.id, Rabu (20/01/2021).

Sementara itu, lanjutnya, tim Bagana Jawa Timur juga diterjunkan di lokasi erupsi Gunung Semeru, tepatnya di Kabupaten Lumajang. Tim tersebut diterjunkan bersama aparat dalam rangka membantu melakukan evakuasi warga ke wilayah yang aman.

"Aksi serupa juga dilakukan Bagana di wilayah Yogyakarta dan Kabupaten Magelang yang membantu warga untuk mengungsi setelah Gunung Merapi mengalami erupsi," tuturnya.

Dalam rangka melancarkan misi kemanusiaan untuk membantu para korban bencana di seluruh lokasi terdampaki, GP Ansor juga membuka rekening donasi guna membantu meringankan beban para korban.

"Semua donasi dari masyarakat kita serahkan kembali ke masyarakat yang terkena bencana," pungkasnya.(*)

***

Editor: Muhammad Mihrob