Pesantren Pancasila Salatiga

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0.
 
Pesantren Pancasila Salatiga

PROFIL

Pondok Pesantren Pancasila berdiri pada 31 September 1992. Pendiri Pesantren adalah Kiai Muhlasin putra pasangan Almagfurllah KH. Abdul Rohim yang masih trah dari Kasultanan Banten dan Ibu Aminah Zahro binti KR. Affandi yang masih trah dari Sunan Kalijaga Demak. Setelah beliau selesai nyantri di Pondok Pesantren Al Ittihad Poncol Bringin, Beliau tabarukan diberbagai pondok pesantren yang ada di Indonesia seperti pondok pesantren Lirboyo Kediri, Al Falah Ploso Mojo Kediri, Tremas Pacitan, Langitan dan masih banyak lagi.

Kemudian beliau selama 14 tahun mencoba berjuang di Jakarta Utara di wilayah Ancol dengan mendirikan Diniyah dan Majlis Ta'lim. Akan tetapi orang tua kurang ridlo, kemudian beliau disuruh pulang untuk melanjutkan perjuangan orang tua beliau yang bertempat di Karang Rejo Pabelan Kabupaten Semarang. Setelah beliau pulang pada tahun 1990 kemudian dirangkul Paman Beliau untuk meneruskan perjuangan Simbah KR. Affandi di pondok pesantren Salafiyah Blotongan, yang vakum sepeninggal simbah KR. Affandi karena beliau wafat.

Setelah beberapa sa'at beliau di pondok pesantren Salafiyah kemudian pada akhir 1990 beliau pindah dari pondok pesantren Salafiyah. Ketika beliau pindah dari pesantren Salafiyah mau pulang ke Pabelan, masyarakat keberatan. Kemudian diberi sebidang tanah oleh Bapak Komar ( sekarang pondok pesantren Raden Paku ) untuk dijadikan pesantren. Setelah dibangun pondokan santri dari bambu dan bangunan rumah kembali beliau harus pindah. Kemudian beliau bersama santri berniat untuk pulang ke Pabelan tapi lagi-lagi masyarakat tidak mengijinkan.

Kemudian awal th 1991 sepasang suami istri mewaqafkan sebidang tanah untuk pendirian pesantren, beliau adalah pasangan Simbah H Jumadi dan Simbah Hj Marmi yang bertempat tinggal di Klumpit Blotongan Salatiga, yang pada waktu itu masih berupa kebon pohon bambu yang sangat lebat. Sambil menunggu proses pembangunan asrama santri dan pesantren semua santri ditampung di rumahnya suami istri Bapak Rohmat dan Ibu Khotijah. Mulai proses pembongkaran kebun dan pembangunan pesantren akhirnya beliau membuat sertifikat waqaf untuk pondok pesantren Pancasila dan resmi berdiri pondok pesantren Pancasila pada tgl 31 September 1992.

Pembangunan pondok pesantren didukung sepenuhnya oleh masyarakat, bahkan pada waktu itu masyarakat selalu menyiapkan jariyah setiap Jum,'at untuk pembangunan pesantren. Awal pondok pesantren pancasila ditempati santri, komplek masih jadi satu antara putra dan putri, asrama putra sebelah barat asrama putri sebelah timur, hingga akhirnya komplek putri menjadi lantai 2, kemudian santri putri bertempat dilantai 2. Hingga tahun 2001 Beliau menikah kemudian bisa membeli sebidang tanah yang sekarang menjadi komplek asrama putri Darul Muhlasin.

Pengasuh

KH. Muhlasin

PENDIDIKAN

Pendidikan Formal

  1. MTs
  2. SMK

Lembaga Non Formal

  1. Tahfidzul Qur'an
  2. Madrasah Diniyah Salafiyah
  3. Majelis Taklim
  4. PAUD
  5. BLK

BACA JUGA:  Susunan dan Tuntunan Lengkap Bacaan Tahlil dan Doa Arwah Beserta Faedahnya (Tanpa Iklan)

EKSTRAKURIKULER

  1. Silat
  2. Qiro'ah
  3. Rebana
  4. Drum Band
  5. Seni Kaligrafi
  6. Drum Black
  7. Pramuka
  8. Paskibra
  9. Futsal
  10. Life Skill: Menjahit Konveksi/cepat, Elektro, Audio dan Video

Ekstrakurikuler di Pesantren  antara lain:


Menjahit di pesantren Pancasila Salatiga


Marching Band di pesantren Pancasila Salatiga

BACA JUGA :  Bagaimana Hukumnya Bagian Tubuh Manusia sebagai Bahan Obat-obatan?

FASILITAS

  1. Ruang Kelas Formal
  2. Ruang Kelas Non Formal
  3. Masjid (masih tahap pembangunan)
  4. Asrama Santri Putra dan Putri
  5. Laboratorium Bahasa
  6. Bengkel Elektro
  7. Ruang Praktek Tata Busana
  8. Laboratorium Komputer
  9. MCK Putra dan Putri
  10. Mini Market
  11. Ruang Belajar
  12. Aula
  13. Ruang Puskestren

Fasilitas di Pesantren   :


Gedung BLK di pesantren Pancasila Salatiga


Gedung Sekolah di pesantren Pancasila Salatiga

BACA JUGA:   STAI Al-Azhar Menganti Gresik

ALAMAT

Jl. Fatmawati No.11, Blotongan, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah

Kode Pos: 50715

Telepon:   (0298) 315477

Untuk Keterangan lebih lanjut dan mengenai pendaftaran silahkan hubungi website :     https://ponpespancasilasalatiga.net

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

Yuk Ngaji Qur’an yang dilengkapi terjemah dan penjelasan di Laduni

.

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.