Pesantren Al-Karimiyyah Sumenep

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.1
Tahfidz1 Laboratorium3
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren Al-Karimiyyah Sumenep

PROFIL

Pesantren Al-Karimiyyah Sumenep pada awalnya berbentuk pesantren kelak dikenal dengan nama Darul Ulum berdiri pada tahun 1947. Pendiri  sekaligus penebar Islam pertama di dusun Karang Desa Beraji Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep ini adalah KH. Kariman Birajuda bin Maljuna (Keturunan ke-6 dari Pangeran Katandur Sumenep sebagai cucu Sunan Kudus Jawa Tengah) bersama isteri Ny. Hj. Haerati asal kelahiran desa Karangduwak Kec.Kota Sumenep.

Sebagaimana keadaan masyarakat pra Islam pada umumnya, penebaran  risalah Islam di dusun Karang Beraji  mengalami tantangan yang cukup berat, tidak hanya pada sisi penerimaan risalahnya namun sampai pada tantangan fisik dalam bentuk adu ‘kekuatan’. Dengan petunjuk Allah SWT  bekal fisik, mental spiritual mantap, maka KH. Kariman Birajuda dapat menyemaikan risalah Islam pada masyarakat Karang dan merambah ke dusun-dusun lainnya di desa Beraji bahkan terus berkembang ke desa-desa sekitar Beraji.

Perkembangan Islam yang dibawa oleh KH. Kariman Birajuda ini perlahan-lahan terus berkembang dan menguat sejalan dengan dukungan dan peran  serta santri yang telah dibina, dididik dan dibimbing dengan kesabaran dan ketulusan yang sungguh-sungguh. Hasil perjuangannya semakin tampak  dengan kedatangan berbagai santri yang ingin belajar agama Islam dari berbagai penduduk desa diluar desa Beraji meskipun dari sebagian diantara  mereka memang tidak sampai bertempat tinggal (mondok). 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.