Pesantren Salafiyah Al Istiqomah Cianjur

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.1
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Salafiyah Al Istiqomah Cianjur
Sumber Gambar: Foto istimewa

PROFIL

Pondok Pesantren Salafiah Al-Istiqomah awalnya bernama Pesantren Al-Attoriyah yang didirikan oleh KH. At-Thori pada tahun 1940 di masa penjajah belanda hingga tahun 1960, kemudian di teruskan oleh generasi ke dua yaitu KH. Romli namun tidak lama meneruskannya dikarenakan meninggal di usia muda.

Pondok Pesantren Salafiah Al-Istiqomah Cianjur adalah salah satu pesantren yang memiliki metode pembelajaran yang berbeda dengan pesantren pada umumnya. Pesantren ini terletak di kampung Ciheulang 01/02 Desa Langeunsari, Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Pada saat meninggal, KH Romli hanya memiliki satu anak laki-laki yang masih kecil, sehingga keberadaan pesantren saat itu mengalami kekosongan pemimpin yang cukup panjang hingga sepuluh tahun lamanya. Hingga Akhirnya, istri KH. Romli (Alm) menikah lagi dengan seorang ulama dari Cikalong pada tahun 1970, yaitu KH. Muhaimin Husen hingga 2001.

Pada tahun 1971 nama Pesantren At-Attoriyah di rubah oleh KH. Muhaimin Husen, namanya menjadi Pondok Pesantren Salafiah Al-Istiqomah, beliau berkiprah hingga tahun 2001, kemudian dilanjutkan oleh generasi ke tiga yaitu KH. M. Apipuddin sampai pada tahun 2019, dibulan Dzulhijah KH. M. Apipuddin meninggal dunia.

Setelah kepergian KH. Apipuddin Mughni Pesantren Al-Istiqomah ini kemudian diteruskan kembali oleh generasi ke empat yaitu KH. Aden Asadulloh hingga sekarang.
Pada saat ini di tahun 2020, jumlah santri yang ada saat ini sebanyak 515 orang, yang terdiri dari santri putra putri dan 20 asatidz/pembimbing.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.