Ziarah di Makam KH. Muchtar Thabrani, Rais Syuriah Pertama PCNU Kota Bekasi

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam KH. Muchtar Thabrani, Rais Syuriah Pertama PCNU Kota Bekasi
Sumber Gambar: Foto istimewa

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - KH. Muchtar Thabrani bin Thabrani beliau adalah pendiri  Pondok Pesantren Annur . Selain itu beliau juga pernah menjabat Rais Syuriyah pertama PCNU Kota Bekasi jauh sebelum kemerdekaan.

Profil

KH. Muchtar Thabrani lahir pada tahun 1901, di Kaliabang Nangka, Bekasi (sekarang Bekasi Utara). Beliau merupakan putra Thabrani.

Guru-guru beliau di antaranya:

  1. Guru Mughni
  2. Guru Marzuqi Cipinang Muara

Untuk kelanjutannya tentang Profil beliau silahkan baca di Biografi KH. Muchtar Thabrani

Lokasi Makam
Makam KH. Muchtar Tabrani berada di dalam pesantren Annur Bekasi letaknya di samping masjid Annur Bekasi. Untuk menuju lokasi makam KH. Muchtar Thabrani lokasi cukup mudah dan jalannya strategis karena berada  tepat di jalan raya KH. Muhtar Tabrani No.32, RT.004/RW.004, Perwira, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Haul
Sedangkan haulnya diadakan tiap tahun diadakan setiap tahun sekali pada bulan Sya'ban. Haul dilaksanakan di pondok pesantren An-Nur, Kaliabang Nangka, Bekasi. Kegiatan haul dihadiri semua elemen masyarakat Kaliabang Nangka, para ulama, tokoh-tokoh masyarakat, para alumni pesantren yang tersebar seluruh daerah. 
 

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani
1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah
Makam KH. Muchtar Thabrani banyak dikunjungi para peziarah. Tak hanya datang dari wilayah Bekasi saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang makamnya berada di dalam komplek pesantren An-Nur Bekasi.

Ada keyakinan dari peziarah yang datang ke sana bahwa dengan berziarah dan berdoa kepada Allah dengan bertawassul melalui di KH. Muchtar Thabrani, maka segala hajat pasti akan terkabul. Bahkan bagi beberapa kalangan, santri atau pelajar mereka meyakini bahwa karomah dari KH. Muchtar Thabrani maka akan diberi kemudahan dalam menuntut ilmu. Diberi kemudahan dalam mencari rezeki yang barokah.

Oleh-oleh
Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Bekasi di antaranya:
Bandeng Rorod, Kue Akar, Kue Kembang Goyang, Wajik Ketan Hitam, Dodol Betawi, Kue Biji Ketapang, Bir Pletok, Kue Sagon, Kue Duit