Inilah 5 Negara Dengan Waktu Puasa Terlama di Dunia

 
Inilah 5 Negara Dengan Waktu Puasa Terlama di Dunia
Sumber Gambar: Nataliya Vaitkevich dari Pexels

Laduni.ID Jakarta – Terdapat beberapa negara yang waktu puasanya hampir 24 jam lamanya. Mengingat, bulan Ramadhan kali ini jatuh pada musim panas, sehingga posisi siang lebih lama daripada malam. Terutama di negara-negara Eropa seperti Islandia, Rusia, Finlandia, atau Swedia. 
Berikut sejumlah negara yang waktu puasanya lebih lama dibanding daerah lain. 

1. Negara Islandia 

Negara kecil di Eropa Utara, biasa dikenal dengan nama Islandia melakukan puasa hingga 22 jam lamanya. Ketika musim panas di Islandia, matahari bersinar lebih lama terbenam kira-kira pukul 23:00 dan terbit pada pukul 04:00 pada waktu setempat. Umat Islam di negara tersebut melaksanakan sahur pada pukul 02:00 pagi dan berbuka puasa di pukul 12:00 malam waktu setempat jadi mereka hanya mempunyai waktu dua jam saja untuk berbuka, solat tarawih dan sahur.

Baca Juga: Lima Adab Berbuka Puasa

2. Rusia 

Selanjutnya waktu yang lama saat menjalankan ibadah puasa adalah negara Rusia yang terletak di bagian paling utara bumi, yang menyebabkan ketika musim panas wilayah ini akan disinari matahari lebih lama. Umat muslim di sana melaksanakan puasa sejak pukul 03:15 menit dan baru berbuka pukul 21:37 menit waktu setempat. Jika dihitung umat muslim di Rusia berpuasa hingga 19 jam lamanya, durasi yang tergolong lama menjadi tantangan sendiri bagi umat muslim di Rusia. Tentu umat muslim di Rusia melakukan aktivitas seperti biasanya.

3. Finlandia

Negara Eropa matahari tak pernah benar benar tenggelam dan ketika bulan puasa tentunya semakin lama terbenam maka semakin lama juga berpuasanya. Negara yang termasuk dalam durasi berpuasanya lama adalah Finlandia, dan bagi manusia yang tinggal di Laplandia Finlandia menjadi negara dengan durasi terlama berpuasa karena di tempat ini matahari hanya terbenam sekitar 55 menit saja jadi mereka berpuasa hingga 23 jam lebih lima menit.

Baca Juga: Fungsi Niat Puasa dan Doa Buka Puasa Ramadhan 1442 H Terbaru 2021

4. Swedia

Warga muslim Swedia juga mempunyai tantangan ketika melaksanakan ibadah puasa, karena ibadah yang dijalani hingga 20 jam perhari hampir seharian penuh. Untuk waktu sahur di Swedia pukul 02:30 pagi dan waktu berbuka puasa pukul 10:00 malam, selain durasi yang lama cuaca panas juga harus dihadapi oleh umat muslim di Swedia dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

5. Jerman

Umat muslim di Jerman juga harus berpuasa dengan durasi yang lama yaitu 18 jam perhari, waktu imsak di mulai pukul 04:00 dan waktu berbuka pada pukul 22:00. Selain itu cuaca panas dan kering serta taka da angin yang menjadi tantangan puasa di Jerman. (Latif)

Baca Juga: Bolehkah Wanita Menunda Haid Agar Bisa Puasa Penuh di Bulan Ramadhan?