Waktu Paling Utama Untuk Mencari Ilmu (Ngaji)

 
Waktu Paling Utama Untuk Mencari Ilmu (Ngaji)
Sumber Gambar: idntimes.com

Laduni.ID, Jakarta - Sebagai seorang muslim, kita diwajibkan untuk menuntut ilmu. Namun, seringkali kita bingung kapan waktu yang paling afdhol untuk menuntut ilmu, belajar, dan mengaji. Sebagian dari kita mungkin telah mencoba untuk belajar pada waktu tertentu, namun semuanya seperti tidak ada perubahan. 

وأفضل الأوقات اى أوقات الطلب شرخ الشباب اى اوله ووقت السحر وبين العشائين اى المغرب والعشاء ولكن غلب العشاء على المغرب, وينبغى أن يستغرق اى طالب العلم جميع اوقاته....

Berikut adalah waktu-waktu yang paling utama untuk belajar, mencari Ilmu, dan ngaji:

1. Pada awal masa remaja (saat masih muda),

Sebagai seorang pemuda mestinya jangan sampai menyia-nyiakan waktunya, harus menggunakan waktunya secara maksimal untuk mencari ilmu (ngaji).

2. Pada waktu sahur,

Gunakanlah waktu sahur untuk belajar, musthola'ah, menghafal dan mentikror (mengulang) pelajaran.

3. Waktu di antara maghrib dan Isya.

Jangan sia-siakan waktu maghrib, gunakan waktu itu untuk mengaji, tinggalkan aktivitas dan kegiatan yang tidak bermanfaat seperti nonton TV, bermain HP Dll.

Waktu setelah Isya harus bisa gunakan lebih maksimal lagi melebihi waktu maghrib, karena waktu Isya lebih panjang dan luas, jadi jangan sampai kita menyia-menyiakannya.

Dan seyogyanya bagi seorang pencari ilmu untuk menghabiskan seluruh waktunya untuk istifadah, mengaji, belajar, menghafal Dan hal-hal yang berkaitan dengan Ilmu.

(تعليم المتعلم, ص: 36).

Semoga bermanfaat.

والله اعلم بالصواب

 

Oleh: Ustadz Muammar Hakim.