Hikmah Memuliakan Tamu dan Tidak Berkeluh Kesah karena Kedatangannya

 
Hikmah Memuliakan Tamu dan Tidak Berkeluh Kesah karena Kedatangannya
Sumber Gambar: Freepik, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Ada yang memberi nasihat, jangan membiasakan menutup pintu dengan tujuan biar tidak ada tamu yang datang! Apalagi menutup jalan dengan memasang portal. Kenapa?

Penjelasan berikut ini mungkin bisa menjadi petunjuk terkait dengan alasan tersebut.

Dikisahkan ada seorang perempuan mengeluh kepada Rasulullah SAW karena perilaku suaminya. Suaminya itu selalu mengundang orang-orang datang ke rumahnya dan menjamunya, sehingga tamu-tamu tersebut menyebabkan sang istri menjadi repot dan merasa kelelahan. Namun saat itu ia tidak mendapatkan jawaban apa pun dari Rasulullah SAW tentang hal itu.

Setelah beberapa waktu, Rasulullah SAW pergi ke rumah pasangan suami-istri tersebut, lalu Rasulullah SAW berkata kepada sang suami, "Sesungguhnya aku adalah tamu di rumahmu hari ini."

Betapa bahagianya sang suami mendengar ucapan Rasulullah SAW tersebut. Maka dia segera menghampiri istrinya untuk mengabarkan bahwa tamu hari ini adalah Rasulullah SAW. Sang istri pun merasa bahagia karena kabar tersebut. Ia pun segera memasak makanan yang lezat dan nikmat. Semuanya dilakukan dan disiapkan dengan penuh rasa bahagia dalam hatinya.

Ketika Rasulullah SAW akan pergi dari rumah itu, beliau berkata kepada sang suami:

عِنْدَمَا أَخْرُجُ مِنْ بَيْتِكَ دَعْ زَوْجَتَكَ تَنْظُرْ إِلَى الْبَابِ الَّذِيْ أَخْرُجُ مِنْهُ

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN