Bagian Kebaikan dan Keburukan Yaitu Hati dan Lidah

 
Bagian Kebaikan dan Keburukan Yaitu Hati dan Lidah
Sumber Gambar: Foto (ist)

Laduni.ID Jakarta - Suatu hari Luqman al-Hakim diperintahkan oleh tuannya untuk menyemblih seekor kambing, tuannya berkata: “Bawakan kepadaku dua bagian tubuh dari kambing ini yang paling bagus.”

Mendapat perintah demikian dari tuannya, setelah kambing selesai disembelih, Luqman al-Hakim membawakan kepada tuannya bagian hati dan lidah dari kambing yang disembelihnya.

Pada hari berikutnya, Luqman al-Hakim diperintahkan oleh tuannya untuk menyembelih seekor kambing lagi, tuannya berkata; “Nanti bawakan kepadaku dua bagian tubuh dari kambing yang paling jelek.”

Baca Juga: KH Agoes Ali: Banyak Lidah Fasih tapi Berhati Lalai

Mendengar perintah dari tuannya tersebut, setelah kambing selesai di sembelih, Luqman al-Hakim membawakan kepada tuannya bagian hati dan lidah dari kambing yang disembelihnya.

Melihat apa yang dibawakan oleh Luman al-Hakim, tuannya berkata; “Kemarin ketika aku menyuruhmu untuk menyembelih seekor kambing dan membawa kepadaku dua bagian tubuh dari kambing yang paling bagus, engkau membawakan kepadaku hati dan lidah kambing.

Sekarang ketika aku menyuruhmu lagi untuk menyembelih seekor kambing lagi dan menyuruhmu membawakan kepadaku dua bagian tubuh dari kambing yang paling buruk, enkau juga membawakan hati dan lidah kambing.

Sebenarnya apa maksud dari ini semua wahai Luqman?”

Mendapat pertanyaan demikian dari tuannya, Luqman al-Hakim menjawab; “Tidak ada yang lebih baik dari hati dan lidah jika keduanya adalah baik, dan tidak ada pula yang lebih buruk dari hati dan lidah jika memang keduanya buruk.”

Baca Juga: Pelanggan OJOL, Pesanlah dengan Hati

Disebutka dalam hadits :

“Sesungguhnya di dalam jasad manusia terdapat segumpal darah, jika segumpal darah itu baik maka akan baik seluruh tubuh, tetapi apabila segumpal darah itu buruk, maka akan buruk juga seluruh tubuh, ingatlah, segumpal darah tersebut adalah hati” (HR. Bukhari dan Muslim)

Waallahu a’lam