Habib Luthfi bin Yahya, Sosok yang Meneduhkan

 
Habib Luthfi bin Yahya, Sosok yang Meneduhkan
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta – Habib Luthfi bin Yahya, merupakan sosok yang sangat dihormati oleh seluruh kalangan. Keteduhan, kedamaian, dan ketenangan ketika melihat wajah beliau adalah sebuah anugerah yang terpancar dari diri beliau.

Banyak orang mengagumi sosok beliau, tidak sedikit yang menghibahkan hidupnya hanya untuk terus mengikutinya.

Diantara salah satu hal yang dikagumi oleh semua orang dari guru kita Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Yahya adalah sosoknya yang periang selalu terlihat ceria, bahagia, dan selalu tersenyum. Kapan pun, dimana pun, dan dalam posisi apapun. Dan itu merupakan ciri, cerminan sebagai salah seorang sufi dan ahli tasawuf. Begitupula lah seperti yang di tuturkan oleh Al Imam Syekh Syaharwadi r.a.

Implementasi ilmu yang Maulana Habib pelajari memberikan pedoman hidup, bahwa kebahagiaan sejati adalah kebahagiaan akhirat. Memberikan arti besar dalam proses mencapai kebahagiaan akhirat di dunia.

Keceriaan wajahnya merupakan pancaran dari cahaya hatinya, dengan banyaknya dzikir dan kedekatannya kepada Allah SWT. Maka biasanya batin seorang sufi kosong, lalu ia terisi dengan tanazulat ilahiyyah dan mawahib Qudsiyyah sehingga dengan itu hatinya menjadi terasa kenyang dan membuat wajahnya selalu riang dan bahagia.

Allah SWT. Berfirman dalam firmannya:

قُلْ بِفَضْلِ اللّٰهِ وَبِرَحْمَتِهٖ فَبِذٰلِكَ فَلْيَفْرَحُوْاۗ هُوَ خَيْرٌ مِّمَّا يَجْمَعُوْنَ

Artinya: "Katakanlah, dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka gembira. Kurnia Allah dan rahmatnya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan." (QS. Yunus: 58)

Disadur dari buku Cahaya dari Nusantara karya” Al Habib Muhdor Ahmad Assegaf


Editor: Daniel Simatupang