Ahli Ibadah yang Bodoh

 
Ahli Ibadah yang Bodoh
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Laduni.Id, Jakarta – “Rusak-rusaknya dunia, kalau ada orang alim fasik. Tapi, lebih rusak orang bodoh tapi ahli ibadah,” begitulah yang Gus Baha sampaikan dalam suatu pengajian. Beliau menekankan agar orang awam tidak terlalu fanatik dalam beragama, sebab akan berakibat fatal untuk ke depannya.

Bahayanya, orang yang tidak pernah ngaji ketika mempunyai massa ditakutkan akan memberikan fatwa yang keliru. “Makanya, kamu kalau bodoh ibadahmu jangan kencang-kencang. Perkaranya nanti jadi kharismatik, kalau kharismatik fatwamu di dengar,” pesan Gus Baha kepada jamaah.

Orang yang tidak pernah mondok, ngaji hanya melalui google, dan tidak pernah belajar gramatika Bahasa arab tiba-tiba dipanggil ustad adalah fenomena yang saat ini banyak terjadi. Jika dibiarkan hal tersebut akan berpotensi menyesatkan umat.

Gus Baha berpesan, orang yang tidak paham agama agar jangan menampakkan krarismatiknya. Sebab jika orang yang tidak paham agama menampakkan kharismatiknya, ia akan memiliki banyak pengikut, dan ia akan cenderung berbicara dengan hati-hati. Jika sudah begini, maka kekeliruan yang terjadi tidak akan nampak, apalagi ini adalah persoalan agama.

Diceritakan pula oleh Gus Baha sebuah cerita dari Habib Zein bin Smith, ketika mengarang Al Manhaj As-Sawi. Dulu ada orang ahli ibadah bodoh, ngaji dengan Kyainya dan dijelaskan, “yang namanya zina itu, seorang pria bersetubuh dengan wanita yang bukan istrinya.” Dia itu tidak mau menikah, karena tidak mau merawat wanita. Akhirnya beli Khimar betina dipakai untuk pelampiasan seksnya, setelah itu ditanya, "kok kamu lakukan itu bagaimana?" si murid menjawab, "Kan bukan zina, ini bukan wanita." 


Editor: Daniel Simatupang