Fadilah Mempunyai Anak yang Menimba Ilmu di Pesantren

 
Fadilah Mempunyai Anak yang Menimba Ilmu di Pesantren
Sumber Gambar: Al Basyir Boarding School

Laduni.ID, Jakarta – Tidak ada orang tua yang tdak ingin anaknya belajar di pondok pesantren, memiliki anak yang belajar dipesantren merupakan suatu anugerah sebab tidak semua anak menginginkannya.

Ada banyak keutamaan jika anak belajar di pondok, salah satunya adalah orangtua yang sudah meninggal akan mendapat keringanan siksaan di alam kubur. Sebagaimana dalam cerita seorang Qadli/hakim.

Diceritakan, ada seorang Qadli/Hakim wafat dan dia meninggalkan seorang istri dalam keadaan hamil

Beberapa bulan kemudian sang istri melahirkan seorang anak laki-laki, dan dirawatlah anak tersebut dengan kasih sayang. Saat anak itu sudah beranjak tumbuh, sang ibu lalu memasukkannya ke pondok pesantren untuk belajar ilmu agama.

Di pesantren itu sang anak diajari ileh sang guru tentang lafadz basmalah

Lalu dikemudian hari si istri melahirkan seorang anak laki-laki (anak dari qodli tersebut). Saat anak itu sudah tumbuh besar, ia dikirim oleh ibundanya ke madrasah/pondok, kemudian anak itu diajari oleh sang guru/ulama' tentang lafadz basmalah.

Pada saat itu ayah dari anak tersebut (qadli) sedang disiksa di alam kubur, namun seketika Allah mengangkat siksa kubur dari sang qadli. Allah SWT berkata kepada malaikat Jibril:

“Wahai Jibril, tidak pantas bagi-Ku untuk menyiksa orang itu (qadli) sedangkan anaknya dalam keadaan berdzikir kepada-Ku (sedang tholabul 'ilm). Maka pergilah kamu wahai malaikat kepada orang tadi (qadli) dan berilah penghormatan.”

Kemudian Malaikat Jibril pergi menemui qadli tadi dan memberi penghormatan kepadanya atas perintah Allah SWT.

Semoga kisah di atas dapat dijadikan motivasi memasukkan anak ke pondok pesantren. Semoga salah satu di antara keturunan kita dijadikan min ahli 'ilmi wa ahli khoir wa ahli taqwa wal istiqomah dan semoga Allah merahmati orang yang menimba ilmu (agama). Amin.

 اطلبوا العلم مِنَ المهد إلى اللَّحدِ

اسم الكتاب : النّوادر للقليوبي المؤلف : احمد شهاب الدين بن سلامة القليوبى  رقم : ٤٨  صفحة : ٤٨

والله اعلم

Disadir dari berbagai sumber


Editor: Daniel Simatupang