Shalawat Peringan Siksa Kubur untuk Orang Tercinta

 
Shalawat Peringan Siksa Kubur untuk Orang Tercinta
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Semua orang pasti akan mati dan membawa serta amalnya di dunia. Semua amal baik dan amal buruknya di dunia pasti mendapat balasan dari Allah SWT.

Setelah habis masa waktunya di dunia (mati), kehidupannya akan berpindah di alam barzah. Di alam barzah inilah sebagian dari perbuatannya mendapat balasan. Amal buruk akan diganjar dengan siksaan sesuai dengan beratnya perbuatan dosa yang dilakukan. Sedangkan amal baiknya sebagian dibalas berupa diringankan siksa kuburnya.

Selain perbuatan baik yang dilakukan semasa hidup, keringanan siksa kubur di alam barzah juga bisa diberikan oleh Allah SWT sebab berkat orang-orang yang mendoakannya. Dalam kitab Bughyatul Mustarsyidin karya Habib Abdurrahman bin Muhammad bin Husain bin 'Umar Al-Masyhur, disebutkan satu riwayat berikut ini:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم، ما من عبد يقول ثلاث مرّات عند قبر ميّت: "اَللّٰهمَّ بِحَقِّ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ لَا تُعَذِّبْ هَذَا الْمَيِّتَ"، إلا رفع عنه العذاب يوم ينفخ في الصّورِ

"Baginda Rasulullah SAW bersabda: 'Tidaklah seorang hamba yang membaca tiga kali di depan kubur mayit (kalimat berikut):

اَللّٰهمَّ بِحَقِّ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ لَا تُعَذِّبْ هَذَا الْمَيِّتَ

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN