Biografi Syeikh Ali bin Abubakar Sakran

 
Biografi Syeikh Ali bin Abubakar Sakran
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Daftar Isi Biografi Syeikh Ali bin Abubakar Sakran

1.         Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Wafat
1.3       Keluarga
1.4       Nasab

2.         Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Guru Beliau
2.2       Murid Beliau

3.         Keistimewaan Beliau

4.         Karya-Karya Beliau

5.         Nasehat Beliau

6.         Referensi

Laduni.ID, Jakarta – Beliau Al Imam Syeikhul Kabir As Sayyid Abu Abdillah Waabul Hasan Ali bin Abu Bakar bin Abdurrahman Assegaf, beliau seorang imam tarekat, lautan ilmu hakikat, yang diakui kebesaran dan keimamannya, kesempurnaan ma’rifat, dan kesempurnaan dalam mengikuti jejak kakeknya Nabi Muhammad saw.

1. Riwayat Hidup dan Keluargai

1.1       Lahir

Beliau lahir di Tarim pada tahun 818 H.

1.2       Wafat

Beliau meninggal dunia pada hari Minggu tanggal 12 Muharram tahun 895 dalam usia 77 tahun.

1.3       Keluarga

Beliau meninggalkan tujuh putera dan lima puteri : Umar, Abdurrahman , Muhammad, Abdullah, Alwy, Hasan, Abu Bakar, Bahiyah yang ahli ibadah, Ruqaiyah, Alawyah, Maryam dan Aisyah.

1.4       Nasab

Habib Ali bin Abu Bakar As-Sakran bin Sayyidina Syekh Al-Imam Al-Qutb Abdurrahman As-segaf bin Syekh Muhammad Maula Ad-Dawilayh bin Syekh Ali Shohibud Dark bin Sayyidina Al-Imam Alwi Al-Ghuyur bin Sayyidina Al-Imam Al-Faqih Al-Muqaddam muhammad bin Sayyidina Ali bin Sayyidina Al-Imam Muhammad Shohib Marbat bin Sayyidina Al-Imam Kholi Qosam bin Sayyidina Alwi bin Sayyidina Al-Imam Muhammad Shohib As-Shouma’ah bin Sayyidina Al-Imam Alwi Shohib Saml bin Sayyidina Al-Imam Ubaidillah Shohibul Aradh bin Sayyidina Al-Imam Muhajir Ahmad bin Sayyidina Al-Imam Isa Ar-Rumi bin Sayyidina Al- Imam Muhammad An-Naqib bin Sayyidina Al-Imam Ali Al-Uraydhi bin Sayyidina Al-Imam Ja’far As-Shodiq bin Sayyidina Al-Imam Muhammad Al-Baqir bin Sayyidina Al-Imam Ali Zainal Abidin bin Sayyidina Al-Imam As-Syahid Syababul Jannah Sayyidina Al-Husein. Rodiyallahu ‘Anhum Ajma’in.

2.         Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Guru Beliau

Guru-guru beliau di antaranya ayahnya Abubakar Sakran, pamannya syaikh Umar Muhdhar, syaikh Saad bin Ali, syaikh Shondid, Muhammad bin Ali shohib shohib Aidid. Belajar fiqih dan hadits kepada al-faqih Ahmad bin Muhammad Bafadhal. Beliau juga menimba ilmu dhahir pada Al Faqih Ahmad bin Muhammad Ba Fadl, beliau menghabiskan empat tahun di kota Syihir dan kota Ghail Bawazir belajar ilmu fiqih kepada para ahli fiqih dari keluarga Baharawah, Al Faqih Muhammad bin Ali Ba Adilah, Al Faqih Bailim dan Al Faqih Abu Amar.

Dalam ilmu fiqih beliau mempelajari kitab Al Hawi karya Al Qazwaini begitu juga dalam kitab nahwunya. Beliau mempelajari kitab Ihya’ pada Sayyid Al Imam Muhammad bin Hasan Al Muallim dan kakakya Syeikh Abdullah selama tujuh hari, beliau menyuruhnya untuk membaca asma Allah tanpa berpuasa, setelah berlalu tujuh nampaklah pada diri beliau dari setiap huruf huruf Asmaul Husna cahaya kerohanian.

2.2       Murid Beliau

Murid-murid syaikh Ali bin Abibakar Sakran di antaranya anak-anaknya yang bernama Umar, Muhammad, Abdurrahman, Alwi, Abdullah dan sayid Umar bin Abdurrahman shohibul Hamra, syaikh Abubakar  al-Adeni  Alaydrus, syaikh Muhammad bin Ahmad Bafadhal, syaikh Qasim bin Muhammad bin Abdullah bin syaikh Abdullah al-Iraqi, syaikh Muhammad bin Sahal Baqasyir, syaikh Muhammad bin Abdurrahman Bashuli.

Di antara kalangan yang menimba ilmu dari beliau adalah anak-anak beliau sendiri, keponakannya Syeikh Abu Bakar Adani, Al Faqih Al Wali Muhammad bin Sahal Qusyair, Al Faqih Muhammad bin Abdurrahman Bashuhih dan Bajarfil Ad Dauni.

3.         Keistimewaan Beliau

Di antara tanda kezuhudan beliau tidak pernah nama dunia atau benda materinya di majelisnya, di antara keistimewaan beliau ialah beliau tidak pernah mengalami kelalaian dalam shalatnya, tidak pernah terlihat oleh orang kecuali beliau dalam keadaan membaca Al Qur’an atau berdzikir atau sedang ruku’ atau sedang sujud.

4.         Karya-Karya Beliau

Beliau menghasilkan karya-karya yang besar seperti : Ma’arijul Hidayah, Burqah Al Masyiqah, Durrul Mudhisy Fiimanaqib Syeikh Sa’ad bin Ali. Dan karya beliau tentang rahasia takbiratul ihram, doa iftitah, ta’awudz, dan basmalalah, dan juga karya beliau tentang kaidah Nahwu dalam bentuk nadzam, bab nikah, buku syair beliau tentang ilmu hakikat dan ilmu tasawuf, di samping tentang buku wasiat dan akidah.

5.         Nasehat Beliau

Di anatara nasehat beliau :

  1. Serasikanlah semuanya dan jadikanlah niat karena Allah swt.
  2. Biasakanlah dirimu mengesampingkan kesalahan orang lain karena poros kemaslahatan manusia terletak padanya.
  3. Janganlah sekali-kali meremehkan kebaikan sedikitpun, begitu juga menghadiri kumpulan berdzikir, akad pernikahan, dan akad lainya, meskipun di antara orang yang berdzikir itu ada kalangan yang rendah seperti kalangan awam yang dipandang hina, sudah sepantasnya kita turut hadir bersama mereka.
  4. Melakukan sesuatu secara berulang kali akan menghasilkan bekas di hati.
  5. Sebaiknya anak kecil diajari oleh orang selain ayahnya.
  6. Allah lebih mengabulkan doa orang yang berhati baik daripada doanya orang yang hanya pandai menyusun kata-kata.

Beliau pernah mewasiati keponakannya Syeikh Abu Bakar Adani :

  • Wahai anakku, kuatkanlah semangatmu hilangkanlah kegaduhanmu, sadarilah asal muasalmu, niscaya kamu akan mendapat anugerah yang dapat menyatukan segalanya.

6.         Referensi

Riwayat Hidup Para Wali dan Shalihin (Penerbit: Cahaya Ilmu Publisher).

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya