Biografi Imam Muhammad bin Alwy bin Ahmad bin Faqihul Muqaddam

 
Biografi Imam Muhammad bin Alwy bin Ahmad bin Faqihul Muqaddam
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Daftar Isi Biografi Imam Muhammad bin Alwy bin Ahmad bin Faqihul Muqaddam

1.         Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Wafat
1.3       Keluarga

2.         Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Guru Beliau
2.2       Murid Beliau

3.         Teladan
3.1       Sosok yang rajin membaca dan berdzikir

4.         Pujian ulama kepada beliau

5.         Nasehat Beliau

6.         Referensi

Laduni.ID, Jakarta – Beliau salah seorang tokoh ulama, imam besar, maha guru, tauladan, ahli zuhud, ibadah, wara’, berbudi pekerti luhur, dan berilmu tinggi, beliau ahli dalam seluruh bidang ilmu baik itu tafsir, hadits, fiqih, nahwu, bahasa, adab, kedokteran, dan ilmu ilmu lainnya bahkan beliau berhasil beliau berhasil mengkader banyak murid dan para imam ahli fiqih yang besar. Beliaulah Al Imam Muhammad bin Alwy bin Ahmad bin Faqihul Muqaddam.

1. Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1       Lahir

Beliau lahir dan tumbuh besar di kota Tarim.

1.2       Wafat

Beliau Imam Muhammad bin Alwy bin Ahmad bin Faqihul Muqaddam meninggal dunia pada hari Rabu pada bulan Dzulhijah tahun 767 H.

1.3       Keluarga

Beliau Imam Muhammad bin Alwy bin Ahmad bin Faqihul Muqaddam meninggalkan dua orang anak yaitu Hasan dan Al Imam Ahmad yang meninggal di kota Tarim.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Guru

Beliau Imam Muhammad bin Alwy bin Ahmad bin Faqihul Muqaddam menimba ilmu dari Al Faqih As Saleh Jamaluddin Muhammad bin Ali bin Abdu Samad Al Juhi di Mogadishu, juga para ulama besar lainnya di mekkah dan Hadramaut.

Beliau juga menimba ilmu dari Al Faqih As Saleh Al Wali Sa’ad bin Al Faqih Muhammad bin Imam Ahmad bin Syeikh Muhammad bin Fadl dalam ilmu kedokteran dan bidang ilmu lainnya, beliau juga menimba dari Al Qadi Abdullah bin Faqih Ba Fadl.

Di antara hafalan beliau adalah kitab Tambih dan hampir hafal kitab Muhadzab di luar kepala, di antara buku buku yang beliau pejari pada guru gurunya adalah Al Wasit dan Al Wajiz.

2.2       Murid Beliau

Di antara yang menimba ilmu dari beliau adalah Al Imam Al Qutub Al Ghauts Abdurrahman bin Muhammad bin Assegaf, As Sayyid Al Imam Syeikhu Masyaikul Islam Muhammad bin Umar bin Muhammad bin Ahmad bin Faqihul Muqaddam dan Al Imam Ahmad bin Muhammad bin Hasan bin Ali bin Faqihul Muqaddam.

Di antara ulama yang menimba ilmu dari beliau adalah Syeikh Al Kabir Al Faqih Muhammad bin Abu Bakar Ba Abad, beliau berhasil mendapatkan dari gurunya Imam Muhammad bin Alwy banyak ijazah untuk tiap-tiap kitab dari berbagai bidang ilmu, di antara yang menimba ilmu dari beliau adalah Al Faqih Sa’ad Al Muallim Ba Ubaid, Syeikh Al Imam Fadl bin Abdullah bin Fadl As Syihri dan masih banyak para ahli fiqih lainnya dari keluarga Ba Qusyair, Ba Fadl, Ba Harmi, dan Ba Ya’qub.

Adapun yang mendapatkan keberkahan beliau secara khusus dan mendapatkan manfaat yang besar dari beliau adalah Syeikh Fadl tersebut.

3. Teladan
3.1       Sosok yang Rajin Membaca dan Berdzikir

Beliau adalah sosok yang tekun dalam membaca buku di malam hari bahkan sempat terbakar tiga belas buah sorban oleh lampu penerang beliau lantaran konsentrasi penuh dalam membaca kitab-kitab itu.

Beliau sosok yang sedikit tidur, banyak duduk berziarah di kubur untuk merenung alam akherat bahkan ada orang yang berangkat dari kota Tarim ko kota Qarah sampai orang itu kembali beliau masih duduk di depan makam kakeknya Al Faqih Muqaddam, jarak antara kota Qarah dan Tarim sekitar dua belas mil. Beliau banyak berzikir bahkan tidak pernah lepas dari membaca surat Al Zalzalah.

4. Pujian Ulama Kepada Beliau

Manaqib beliau banyak dan sudah dikenal, bahkan para ulama mengagungkan beliau dalam buku-buku mereka, Al Allamah Muhammad bin Ali Khirid memuji beliau dalam qosidahnya :

“Biografinya agung dan semangatnya sangat tinggi
kedudukannya mengungguli seluruh kebesaran
Beliaulah sosok dermawan, pemurah, adil, tokoh zamannya
Seorang wali, tinggi kedudukan bernasab yang baik
Pada dirinya segala kebanggaan dari segala sisinya
Dan kebesaran yang dapat memuaskan daerah kering dan tandus.”

5. Nasehat Beliau

Di antara nasehat beliau Imam Muhammad bin Alwy bin Ahmad Faqihul Muqaddam adalah :

1. Bila keyakinan sudah ada, maka tidak akan ada kritikan.
2. Di antara seorang pecinta ialah selalu menganggap baik apapun yang dilakukan oleh kekasihnya.
3. Berapa banyak orang yang tenar kedudukannya berkat orang yang tersembunyi kedudukannya.

6. Referensi

Riwayat Hidup Para Wali dan Shalihin (Penerbit: Cahaya Ilmu Publisher).

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya