Biografi Kiai Ahmad Tuhfah Nahrawi

 
Biografi Kiai Ahmad Tuhfah Nahrawi

Daftar Isi Profil Kiai Ahmad Tuhfah Nahrawi

1         Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Riwayat Keluarga
1.3       Wafat

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Masa Menuntut Ilmu
2.2       Guru-Guru Beliau
2.3       Mengasuh Pesantren

3          Penerus Beliau
3.1      Murid-murid Beliau

4          Karya Beliau
4.1       Karya-karya Beliau

5         Teladan

6         Referensi

 

1         Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1       Lahir

Nama lengkapnya adalah Ahmad Thuhfah Nahrawi, beliau dilahirkan pada tahun 1351 H/1931 M. Putra keenam dari sebelas bersaudara, pasangan Kiai Ahmad Nahrawi dan Nyai Marfu’ah. Beliau dikenal dengan panggilan Non Tuhfah.

Kiai Ahmad Tuhfah Nahrawi merupakan cucu kesayangan Hadrotullmarhum Arif Billah KH. Mohammad Hasan Genggong, hal tersebut dapat terlihat dari perhatian dan kasih sayang kakek kepadanya

1. 2      Wafat

Beliau wafat pada tanggal 14 Robi’us Tsani 1371 H/31 Desember 1951 M. Saat beliau wafat inilah begitu nampak betapa besar kasih sayang sang kakek Almarhum Al-Arif Billah KH. Mohammad Hasan Kepadanya. Diantara putra dan cucu Almarhum KH. Mohammad Hasan, hanya saat beliau wafat saja kakek beliau menangis melepas kepergiannya menuju Khaliq.

Beberapa waktu sebelum beliau wafat, Kiai Ahmad Tuhfah Nahrawi sempat bercerita kepada kakeknya (Almarhum KH. Mohammad Hasan). Beliau menceritakan tentang mimpinya, bahwa matahari, bulan dan seluruh bintang di langit turun ke bumi dan bersujud kepadanya. Seketika kakek beliau menangis sembari memeluk beliau. Beberapa hari setelah menceritakan mimpinya kepada kakeknya beliau kemudian jatuh sakit dan wafat pada usia 20 tahun..

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

2.1       Masa Menuntut Ilmu

Ke’aliman Kiai Ahmad Tuhfah Nahrawisudah terlihat sejak beliau berusia belasan tahun. Kiai Ahmad Tuhfah Nahrawi dididik agama di lingkungan keluarga besarnya di pesantren Zainul Hasan Genggong, lalu beliau pergi belajar kepada KH. Hasyim Asy’ari di Pondok Pesantren Tebuireng. Walau hanya mondok kurang lebih selama seminggu, beliau adalah salah satu santri kesayangan KH. Hasyim Asy’ari.

Hal Ikhwal Dari proses Kiai Ahmad Tuhfah Nahrawi menjadi kiai pun terbilang unik, karena sang kiaialah yang meminta beliau untuk menjadi santrinya. Hal ini berbeda dari kebanyakan pemuda pada masa itu yang meminta sang kiai untuk menjadi gurunya.

2.2       Guru-Guru Beliau

Guru-guru beliau saat menuntut ilmu adalah:

  1. KH. Ahmad Nahrawi
  2. KH. Hasyim Asy’ari

2.3       Mengasuh Pesantren

Beliau terkenal disiplin dalam mengajar. Kedisiplinannya dalam belajar dan mengajar menjadi contoh para guru pada masa itu, dikalangan para santrinya beliau sangat terkenal akan kedisiplinannya.

Ciri khas beliau saat mengajar adalah dengan selalu memberikan ujian secara lisan kepada para santri yang diajarinya. Ujian yang beliau berikan kepada para santri tidak tentu hari dan tanggalnya, materinya pun selalu berubah-ubah hingga mengharuskan para santri untuk selalu mengingat pelajarannya, baik pelajaran yang baru diberikannya maupun pelajaran yang telah lama diajarkan.

Gagasan yang pernah dibuat beliau di bidang pendidikan Pesantren Zainul Hasan Genggong adalah dengan mengupayakan penggunaan kitab-kitab asli karangan beliau sendiri, dan beberap kitab dari pengasuh Pondok Genggong lainnya. Beliau mengupayakan kemandirian pada sektor pendidikan dengan mengoptimalkan potensi-potensi yang ada di pesantren. Gagasan beliaupun berjalan dengan baik.

3          Penerus Beliau

3.1      Murid-murid Beliau

Murid-murid beliau adalah para santri Pesantren Zainul Hasan Genggong

4          Karya Beliau

4.1       Karya-karya Beliau

Selain kealiman beliu dibidang ilmu agama, Kiai Ahmad Tuhfah Nahrawi juga terkenal mahir dalam ilmu perbintangan dan astronomi. Menurut sebuah pendapat, saat berkumpul dengan beberapa santri di pesantren Zainul Hasan Genggong, beberapa santri dibuat tercengang oleh kemahiran ilmu astronomiKiai Ahmad Tuhfah Nahrawi.

Beliau menunjukan kemahirannya dengan menyebutkan jumlah lidi yang terdapat pada dua sisi pelepah daun kelapa yang baru jatuh dari pohonnya, tanpa menghitungnya terlebih dahulu. Dengan hitungan ilmu perbintangan, sedikitpun hitungan beliau tidak meleset dari aslinya.

Diusia yang masih belia, beliau telah menulis sejumlah kitab, diantara kitabnya yang terkenal adalah:

  1. Kitab Tuhfatul Atfal, yaitu tentang ilmu tajwid Al Qur’an yang beliau tulis sa’at usia 18 Tahun. 
  2. Kitab Mirqotululum Tuhfatulstaniyah, ringakasan dari Kitab Alfiah Ibnu Malik dan Thuhfatul Karim yang membahas qiro’atus sabah. 

5         Teladan

5.1      Penggagas Kemandirian

Sosok Kiai Ahmad Tuhfah Nahrawii sangat dekat dengan kezuhudannya (lebih mengutamakan urusan akhirat dari pada dunia). Keistiqomahan beliau dalam beribadah semasa hiupnya tak dapat ditandingi para pemuda lainya.

Tidak hanya itu, Kiai Ahmad Tuhfah Nahrawi juga terkenal dengan keistiqomahan, ketawaddhu’an, dan keikhlasannya beliau. Kiai Ahmad Tuhfah Nahrawi juga sangat tunduk dan patuh kepada kedua orang tuanya. Bahkan saat mendapatkan kesulitan ketika mengarang kitab, beliau langsung sujud di bawah kedua kaki ibunya untuk meminta restu agar diberikan kemudahan dalam mengarang kitab.

Selain itu beliau terkenal disiplin dalam mengajar. Kedisiplinannya dalam belajar dan mengajar menjadi contoh para guru pada masa itu, dikalangan para santrinya beliau sangat terkenal akan kedisiplinannya.

Ciri khas beliau saat mengajar adalah dengan selalu memberikan ujian secara lisan kepada para santri yang diajarinya. Ujian yang beliau berikan kepada para santri tidak tentu hari dan tanggalnya, materinya pun selalu berubah-ubah hingga mengharuskan para santri untuk selalu mengingat pelajarannya, baik pelajaran yang baru diberikannya maupun pelajaran yang telah lama diajarkan.

Gagasan yang pernah dibuat beliau di bidang pendidikan Pesantren Zainul Hasan Genggong adalah dengan mengupayakan penggunaan kitab-kitab asli karangan beliau sendiri, dan beberap kitab dari pengasuh Pondok Genggong lainnya. Beliau mengupayakan kemandirian pada sektor pendidikan dengan mengoptimalkan potensi-potensi yang ada di pesantren. Gagasan beliaupun berjalan dengan baik.

6         Referensi

https://www.pzhgenggong.or.id/

 

 

 

 

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya