Ziarah Makam KH. Ahmad Djazuli Utsman, Pendiri Pondok pesantren Al-Falah Ploso

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah Makam KH. Ahmad Djazuli Utsman, Pendiri Pondok pesantren Al-Falah Ploso
Sumber Gambar: dok. pribadi/FB M Irfan Ilmie

Laduni.ID, Jakarta – KH. Mas’ud merupakan pendiri sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Al-Falah Ploso, Kediri, Jawa Timur. Beliau lahir pada 16 Mei 1900 di Ploso, Kediri, beliau adalah anak ketujuh dari 13 bersaudara pasangan Raden Mas M. Utsman, panggilannya Pak Naib, seorang Onder Distrik (penghulu kecamatan) dengan Nyi Mas Ajeng Muntoqinah binti M. Syafi’i.

KH. Mas’ud yang kemudian dikenal dengan KH. Ahmad Djazuli Utsman ini merupakan sosok yang sangat haus akan ilmu, sejak kecil beliau tak pernah Lelah untuk belajar. Walalu beliau memiliki keistimewaan sebagai salah seorang keturunan bangsawan, hal tersebut tak membuat Kiai Djazuli terlena. Beliau selalu memanfaatkan waktu sengan sebaik-baiknya, khususnya dalam hal keilmuan.

Biografi selengkapnya bisa dibaca pada link di bawah ini:
Biografi KH. Ahmad Djazuli Utsman

Lokasi Makam

KH. Ahmad Djazuli Utsman wafat pada Sabtu Wage, 10 Januari 1976/10 Muharram 1396 H. Makam beliau terletak di sebelah selatan Masjid Pondok Pesantren Al-Falah Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Beliau dimakamkan berdampingan dengan makam sang istri, Nyai Rodliyah. Saat ini makam tersebut menjadi makam keluarga dan muassis pondok pesantren. Salah satu dzuriyyah beliau, KH. Zainuddin Djazuli yang wafat pada Sabtu, 10 Juli 2021 juga dimakamkan di komplek tersebut.

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani

1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah

Makam KH. Ahmad Djazuli Utsman banyak dikunjungi para peziarah dan santri. Tak hanya datang dari wilayah Kediri saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa.

Ada keyakinan dari masyarakat dan santri yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makam  KH. Ahmad Djazuli Utsman, maka dengan izin Allah akan dimudahkan dalam segala hal, khususnya bagi pelajar dimudahkan dalam mencari Ilmu, bagi yang belum punya pasangan dimudahkan jodohnya, dan lain sebagainya

Sumber foto: FB M Irfan Ilmie, FB Muhammad Ali Ridho


Editor: Daniel Simatupang