Ziarah Makam KH. Asror bin Abdullah dan Wisata Religi Kolla Al-Asror

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah Makam KH. Asror bin Abdullah dan Wisata Religi Kolla Al-Asror
Sumber Gambar: Tangteks/Makam KH. Asror

Laduni.ID, Jakarta – Di Bangkalan, Madura selain Makam Syaikhona Kholil terdapat makam para waliyullah lain yang wajib dikunjungi, salah satunya adalah makam KH. Asror Langgundih. KH. Asror sendiri adalah kakek dari KH. Abdul Latif, ayahanda Syaikhona Kholil Bangkalan.

Kiai Asror sendiri lahir di Banten, nasab beliau tersambung hingga Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan Kiai Asror adalah keturun ke-26. Bersumber dari Kullah Kiai Asror yang terletak di Desa Kramat, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Kiai Asror memiliki nama lengkap Asror bin Abdullah bin Ali Al-Akbar bin Sulaiman Basyaiban.

Tidak banyak kisah perjalan beliau yang termanuskrip, yang tersisa dari Kiai Asror adalah Sumber Air Kolla Al Asror Langgundi yang berada di Desa Ujung Piring, Kabupaten Bangkalan, sekitar 1 kilometer sebelah selatan Pesarean Syaikhona Kholil Bangkalan, atau sekitar 6 kilometer dari pusat kota Bangkalan.

Kolla Langgundi sendiri merupakan sebuah kolam berukuran 2x7 meter dengan sumber air yang unik, letak geografis yang sangat dekan dengan pantai tak membuat air ini menjadi asin. Konon cerita, sumber air ini muncul dari tongkat Kiai Asror yang ditancapkan ke bumi.

Kiai Asror juga kerap menggunakan air ini untuk berwudhu dan mengobati masyarakat yang sakit, air tersebut sangat khasiat ghaib yang telah banyak dirasakan oleh masyarakat. Beberapa yang mencoba khasiat sumber air Kolla Langgundi merasakan manfaatnya, salah satunya sembuh dari kelumpuhan. Kolla Langgundi juga dulu kerap digunakan oleh Kiai Asror untuk memandikan santri-santri yang nakal.

Lokasi Makam

Makam KH. Asror berada di TPU Martasajah, Desa Martasajah, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Madura. Makamnya berjejer dengan makam KH. Abdul Latif (cucu KH. Asror dan ayah Syaikhona Kholil) dan KH. (menantu KH. Abdul Latif).

TPU Martasajah sendiri terletak di sebelah selatan Masjid Agung Syaikhona Kholil berjarak sekitar 100 meter, melalui jalan setapak dan menyusuri gang kecil.

Jika Anda berziarah ke makam Syaikhona Kholil Bangkalan, maka jangan lewatkan makam KH. Asror dan Sumber Air Kolla Al Asror Langgundi yang berada di Desa Ujung Piring, Kabupaten Bangkalan, sekitar 1 kilometer dari Masjid Agung Syaikhona Kholil. Walau hanya untuk merasakan kesegaran dan manfaat air tersebut.

Sumber foto: Okezone, Tangteks


Editor: Daniel Simatupang