Biografi KH. Kholil bin Mahalli Benda

 
Biografi KH. Kholil bin Mahalli Benda

Daftar Isi

1          Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Riwayat Keluarga
1.3       Wafat

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Masa Menuntut Ilmu
2.2       Guru-Guru Beliau
2.3       Mendirikan dan Mengasuh Pesantren

3          Penerus Beliau
3.1       Anak-anak Beliau
3.2       Murid-murid Beliau

4          Karier
4.1       Karier Beliau

5        Metode Dakwah Beliau        

6         Referensi

1         Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1       Lahir
KH. Kholil bin Mahalli dilahirkan di Desa Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Jawa Tengah dari perkawinan Mbah Mahalli dan Nyai Mahlli, beliau adalah salah satu dari lima bersaudara ( Abdul Ghoni, Ma’muri Akhyar, Wamah dan Kholil ). Beliau lahir pada tahun 1892 M

1.2       Riwayat Keluarga
KH. Kholil bin Mahalli melepas lajangnya dengan menikahi Nyai Azizah dan dikaruniai enam putera-puteri di antanya: Mardliah, Mi’roj, Maryam, Nashihah, Shofa, dan Warosi.

1.3       Wafat
Setelah mengukir langkah panjang, pada tanggal 20 Syawal 1375, bertepatan dengan 30 Juni 1955, KH. Kholil bin Mahalli berpulang memenuhi panggilan Allah untuk selama-lamanya di usianya ke-63. Jenazah Kiai Kholil dikebumikan di dusun Bulakwungu, desa Benda, Sirampog, Brebes.

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

2.1       Mengembara Menuntut Ilmu
KH. Kholil bin Mahalli sudah berkelana ke Pesantren Dondong, Mangkang Kulon, Tugu, Semarang. Kepada Kiai Syafi’i Piyoronegoro, pendiri Pesantren Dondong, Kholil banyak belajar ilmu agama.

Tidak cukup di satu pesantren saja, demi melepaskan dahaga ilmunya, beliau rela pergi ke salah satu pondok kuno di Sindanglaut demi melanjutkan pengembaraan keilmuannya.

Sewaktu belajar, orang-orang mengenal KH. Kholil bin Mahalli sebagai penuntut ilmu yang ulet dan tekun. Sebagai bukti, tak ada selembar pun dari bukunya yang luput dari sentuhan tintanya.

KH. Kholil bin Mahalli berpendirian, semakin banyak lembaran buku yang dipenuhi tinta, akan semakin terang hatinya (jawa: petenge tulisan iku padange ati). Tak pelak, jika Kholil menguasai berbagai bidang ilmu keagamaan seperti fikih, nahwu, sharaf,‘arudh, dan lain-lain.

2.2       Guru-Guru Beliau
Kiai Syafi’i Piyoronegoro

2.3       Mendirikan dan Mengasuh Pesantren
Melihat begitu dahsyatnya efek dakwah KH. Kholil bin Mahalli , desa Benda memperoleh limpahan keberkahan dengan datangnya banyak santri yang ingin belajar ilmu agama. Akhirnya, pada tahun 1930, KH. Kholil bin Mahalli bersama salah satu keponakan beliau, Kiai Suhaemi membangun segedung dengan sembilan kamar guna menampung para santri yang semula menetap di pemukiman warga. Gedung inilah yang kelak tumbuh dan berkembang menjadi pesantren Al Hikmah, Benda, Sirampog, Brebes.

3          Penerus Beliau

3.1       Anak-anak Beliau

Anak-anak beliau yang menjadi penerus beliau adalah:

  1. Mardliah
  2. Mi’roj
  3. Maryam
  4. Nashihah
  5. Shofa
  6. Warosi.

3.2       Murid-murid Beliau

Murid-murid Beliau adalah para santri di pesantren Al Hikmah, Benda

4          Karier

4.1       Karier Beliau
Pengasuh pesantren Al Hikmah

5         Metode Dakwah Beliau

Dakwah beliau bukan dengan berpidato ataupun manggung dalam acara-acara tertentu, namun beliau lebih senang dengan menggunakan metode “Lisanul Hal” yaitu dengan tingkah laku atau menjadi suri tauladan.

Salah satu contoh:

  1. • Kalau Beliau mengajak orang untuk melaksanakan shalat wajib, beliaupun mendatangi rumah orang tersebut, kemudian berbicara, dongeng- dongeng masalah shalat dan fadlilahnya, serta memberikan tata cara shalat yang benar menurut syara’ dan lain sebagainya. Apabila orang yang didatanginya tidak memiliki sarung ataupun peralatan shalat lainnya, beliaupun membelikannya.
  2. • Kalau ada orang panen, beliau datangi rumahnya dan memberi contoh cara-cara menimbang yang baik dan cara mengeluarkan zakatnya.
  3. • Pernah suatu ketika terdapat kotoran ayam di masjid, beliau langsung mengambil serabut kelapa(tepes), dan orang yang berada di situ disuruh mengambil air, kemudian diajari cara membuang najiz tersebut.

Apabila memberikan pelajaran beliau terkenal sangat disiplin, baik yang hadir banyak atau sedikit, bahkan tidak ada yang datang sekalipun beliau tetap datang ditempat mejanya, kemudian kitabnya dibuka dan dibaca sendiri sambil muthala’ah.

Beliau sangat senang memelihara air, sebab air sebagai “Ummul Ibadah” (sebagai pokok atau sarana ibadah) untuk thaharah. Beliau membuat bak air yang ukurannya lebih dari dua kulah kemudian disalurkan ke Masjid dan Mushala-mushala.

6         Referensi

https://alhikmahdua.net

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya