Inilah Waktu Berdoa yang Dikabulkan Pada Hari Jum'at

 
Inilah Waktu Berdoa yang Dikabulkan Pada Hari Jum'at
Sumber Gambar: Muhammad Adil dari Pexels (Ilustrasi Berdoa)

Laduni.ID, Jakarta – Di hari Jum’at semestinya kita perbuat banyak amal kebaikan seperti memperbanyak doa dan dzikir agar keberkahan selalu menaungi. Hari Juma’at Allah SWT banyak menurunkan limpahan karunia kepada hamba hambanya yang memanjatkan doa dan dzikir.

Hari Jum’at juga merupakan rajanya hari daripada hari-hari yang lainnya atau biasa disebut dengan Saayidul Ayyam. Dimana terdapat waktu yang mustajabah untuk berdoa dan dzikir kepada Allah SWT pada hari Jum’at, tepatnya ba’da shalat Asyar.

Rasulullah SAW bersabda: “Hari Jum’at adalah 12 jam. Di dalamnya terdapat satu waktu (mustajab) tidaklah seorang muslim memohon sesuatu kepada Allah saat itu, melainkan Allah akan mengabulkannya. Maka carilah waktu itu pada saat-saat terakhir setelah shalat Asyar.” HR.An-Nasa’i

Imam Ahmad Rahimahullah juga menjelaskan bahwa waktu mustajab itu adalah bakda Ashar. Beliau berkata yang artinya: "Kebanyakan hadis mengenai waktu yang diharapkan terkabulnya doa adalah bakda Ashar dan setelah matahari bergeser (waktu Shalat Jumat)." (Lihat Fatwa Sual Wal Jawab Nomor 112165)

Ibnul Qayyim berkata yang artinya: "Waktu ini adalah akhir waktu ashar dan diagungkan oleh semua orang yang beragama." (Zadul Ma'ad 1/384)

Maka dari itu, kita isi waktu mustajabah tersebut dengan perbanyak berdoa dan berdzikir kepada Allah SWT. Melalui doa dan dzikir yang kita panjatkan merupakan salah satu wasilah bagi seorang hamba untuk senantiasa mendekatkan diri kepada sang pencipta.


Editor: Nasirudin Latif