Di Surga, Bisakah Bertemu Keluarga Kita? Simak Ulasan Berikut Ini

 
Di Surga, Bisakah Bertemu Keluarga Kita? Simak Ulasan Berikut Ini
Sumber Gambar: Emma Bauso / Pexels (ilustrasi foto bareng keluarga)

Laduni.ID, Jakarta – Kehidupan di dunia hanyalah sementara artinya kita semua akan kembali menghadap sang kholik. Manusia setelah dibangkitkan kembali akan hidup kekal di akherat, dan surgalah menjadi tempat yang didambakan. Penghuni surga akan disuguhkan kenikmatan yang belum pernah diperoleh selama di dunia.

Lalu seperti apakah kehidupan di surga dan apakah kita bisa berkumpul kembali dengan keluarga kita? Simak ulasannya berikut ini.

Kehidupan di surga sama halnya kehidupan di dunia. Penghuni surga juga memiliki kesibukan akan tetapi kesibukan keduanya amatlah berbeda. Di dunia manusia akan sibuk mencari rezeki untuk kehidupan yang layak, sementara di surga mereka hanya sibuk menikmati kenikmatan yang telah disediakan oleh Allah SWT. Diantara kenikmatan di surga Allah SWT berfirman:

يُطَافُ عَلَيْهِم بِصِحَافٍ مِّن ذَهَبٍ وَأَكْوَابٍ ۖ وَفِيهَا مَا تَشْتَهِيهِ ٱلْأَنفُسُ وَتَلَذُّ ٱلْأَعْيُنُ ۖ وَأَنتُمْ فِيهَا خَٰلِدُونَ

“Diedarkan kepada mereka piring-piring dari emas dan piala-piala dan di dalam surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap (dipandang) mata dan kamu kekal di dalamnya.” (QS. Az-Zukhruf ayat 71)

Allah SWT kembali berfirman yang artinya: “Dan itulah surga yang diwariskan kepada kamu disebabkan amal-amal yang dahulu kau kerjakan. Di dalam surga itu ada buah-buahan yang banyak untukmu yang sebahagiannya kamu makan”. QS. Az-Zukhruf ayat 72)

Dari gambaran ayat di atas beruntunglah bagi orang-orang yang masuk surga yaitu orang-orang yang beriman dan selalu dijalan keberan.

Dapat bertemu dengan teman lama suatu hal yang sangat membahagiakan. Pertemuan ini biasa disebut reunian. Dan terdapat pertemuan yang sangat luar biasa yaitu pertemuan dengan sanak family dan keluarga di surga.

Al-Qur’an telah mengabarkan kenikmatan yang akan dialami penduduk surga. Kebahagian tentang makanan yang lezat serta tempat yang sangat indah namun bukan hanya itu. Kebahagiaan penduduk surga dilengkapi dengan berkumpulnya kembali keluarga, Allah SWT berfirman yang artinya:

“Yaitu surga ‘Adn, mereka masuk dalamnya bersama orang-orang yang shaleh dari nenek moyang mereka, pasangan-pasangan mereka dan cucu mereka, sedang para malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu.” (QS. Ar-Ra’d Ayat 23)


Editor: Nasirudin Latif