Biografi KH. Abdullah Mahfudz

 
Biografi KH. Abdullah Mahfudz
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi

1          Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Wafat

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Mengembara Menuntut Ilmu
2.2       Guru-guru Beliau
2.3       Mendirikan dan Mengasuh Pesantren

3          Penerus Beliau
3.1       Anak-anak Beliau
3.2       Murid-murid Beliau

4          Karier dan Karya
4.1       Karier Beliau
4.2       Karya Beliau

5         Wasiat Beliau
6         Referensi

7         Chart Silsilah Sanad

1  Riwayat Hidup dan Keluarga

    1.1  Lahir
    KH. Abdullah Mahfudz, ia lahir pada tahun 1914 Masehi atau 1335 Hijriah di kampung Babakan Tipar Desa Cimahi Kecamatan Cantayan Kabupaten Sukabumi, beliau lahir dari pasangan H. Didi (alm) dengan Hj. Ruqiyah bin KH. Abdurrohim (alm), pasangan ini di karuniai 9 anak, 4 laki-laki dan 5 perempuan, sedangkan KH. Abdullah Mahfudz sendiri anak yang ke 3 dari 9 bersaudara tersebut.

   1.2  Wafat
   KH. Abdullah Mahfudz menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 55 tahun

 2  Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

   2.1  Mengembara Menuntut Ilmu
        Perjuangan KH. Abdullah Mahfudz dalam menimba ilmu di mulai tahun 1920, ketika itu beliau berusia 6 tahun yaitu dengan mengikuti pengajian di Muallimin H. Fahruroji Tipar dengan tuntasnya hafalan Al- Qur’an 30 juz. Kemudian beliau melanjutkan ke ponpes tipar pimpinan KH. Masthuro selama 6 tahun, nama KH. Abdullah Mahfudz pun merupakan pemberian dari gurunya yang tercinta KH. Masthuro.

       Pada tahun 1927 beliau masuk sekolah SLA di kota Sukabumi yang tepat nya Jalan Kebon Cau, di bawah asuhan KH. Ahmad Juaeni setelah selesai disitu beliau mulai menimba ilmu keluar daerah sukabumi untuk pertama kalinya ke Ponpes Gentur Cianjur yang di pimpin oleh KH. Ahmad Syatibi (Mama Kaler) dan ke KH. Muhammad (Mama Kidul) selama 3 tahun. Lalu memperdalam ilmu shorof ke pesantren Sumur Garut pimpinan KH. Mahalli selama 2 tahun, lalu mengembara kembali ke Ponpes Cijerah Bandung dengan seorang teman nya KH. Izuddin Aljaswari Cisaat yang terkenal ahli dalam bidang ilmu mantiq, munadzoroh dan ahli nahwu selama 8 Bulan di bawah pimpinan KH. Suja’i.

       Kemudian beliau melanjutkan bertualang di beberapa Pondok Pesantren di jawa Barat diantaranya di Keresek garut di KH. Busrol Karim, dipesantren cibunar garut, di Ponpes Gunung Kawung Tasik Malaya pimpinan KH. Abdul Fatah (Ulama yang bergelar si kamus ahli lughot), di Pesantren Gudang pimpinan KH. Suja’i, di Pondok pesantren Sigong Cirebon asuhan KH. Abdul Manan (ahli hikmah), berguru kepada KH. Adra’i (seorang ulama ahli fiqih) di Ponpes Lewi dingding Cirebon, ketika beliau hendak pulang beliau sempatkan untuk berguru dulu ilmu faroidh ke Mama Banjar Fatroman.

    2.2  Guru-guru Beliau
         1. KH. Ahmad Juaeni
         2. KH. Ahmad Syatibi (Mama Kaler)
         3. KH. Muhammad (Mama Kidul)
         4. KH. Mahalli
         5. KH. Suja’i
         6. KH. Busrol Karim
         7. KH. Abdul Fatah
         8. KH. Suja’i
         9. KH. Abdul Manan
         10. KH. Adra’i
         11. Mama Banjar Fatroman

    2.3  Mengasuh Pesantren
       Pada tahun 1939 KH. Abdullah Mahfudz mulai membuka Ponpes di kampung babakan tipar cisaat sukabumi atau yang dikenal dengan Ponpes Babakan, tetapi walaupun sudah menyandang gelar Kyai beliau selalu mencari ilmu dan sempat tabarruk ke ulama-ulama sepuh yang mansur di sukabumi seperti ke KH. Ahmad Sanusi pimpinan ponpes Cantayan yang sekarang Gunung Puyuh. Dan tabarruk ke KH. Hasan Basri babakan kaum Cicurug, serta tak lupa selalu hadir di majlis ilmu yang di asuh oleh ulama besar berasal dari Hadromaut Yaman yaitu Habib Syekh bin Salim Al-Atas.

3  Penerus Beliau

 3.1   Anak-anak Beliau
     KH. Ahmad Makky

 3.2  Murid-murid Beliau
     Murid-murid Beliau adalah para santri di Ponpes Babakan

4  Karier, dan Karya

 4.1   Karier Beliau
     Pengasuh Ponpes Babakan

 4.2    Karya Beliau
    
    Kitab Injaazul Wa'di
    Kitab ini berisi tentang pengantar Ilmu Falak khususnya berkaitan dengan tata cara menggunakan Rubu' Mujayyab, yang disusun dengan satu  muqoddimah, delapan pasal dan satu khatimah.

 5  Wasiat Beliau

         Sebelum wafat beliau berwasiat agar para santrinya selalu mengikuti Ulama Salaf yang selalu teguh kepada Kitabullah dan Sunah Rasul, “Ulah kabawa sakaba-kaba, engke hirup di zaman kaharep, bakal loba bid’ah, pek cekel qaol ulama salaf ahlussunah wal jamaah”. (jangan mudah terbawa arus, nanti akan banyak muncul Bid’ah, harus selalu turut ulama salaf ahlussunah
waljamaah.Red)

 6   Referensi

https://beritalangitan.com/14322/

7   Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Abdullah Mahfudz dapat dilihat DI SINIdan chart silsilah sanad murid beliau dapat dilihat DI SINI.


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 02 Maret 2022, dan terakhir diedit tanggal 09 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya