Biografi KH. Amir Idris Pekalongan

 
Biografi KH. Amir Idris Pekalongan
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi

1          Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Riwayat Keluarga
1.3       Wafat

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Mengembara Menuntut Ilmu
2.2       Guru-guru Beliau
2.3       Mengasuh Pesantren

3          Penerus Beliau
3.1       Murid-murid Beliau

4          Jasa dan Karier
4.1       Jasa Beliau
4.2       Karier Beliau
5          Referensi

6          Chart Silsilah Sanad

1  Riwayat Hidup dan Keluarga

 1.1  Lahir
M. Amir adalah nama kecil KH. Amir Idris yang merupakan putra dari pasangan KH. Idris dan Nyai Soimah. Beliau lahir di desa Mundu Cirebon pada tahun 1294 H./1875 M. Semenjak kecil beliau belajar mengaji kepada sang ibunda Nyai Soimah, beliau diajari membaca al-qur’an, safinah, sulam taufiq, dan lain-lain.

Ketika beliau disuruh sang ayah membaca al-qur’an ternyata belum lancar, akhirnya oleh sang ayah beliau dihajar dan di pukuli. Kejadian tersebut menjadikan beliau pergi dari rumah, tidak akan pulang dan mengaji, jika tidak diberangkatkan ke Mekkah. Terbesit pula sebuah cita-cita luhur di hati sang ayah yang ingin mempunyai seorang putra yang pintar dan alim, akhirnya sang ayah menjual sebidang tanah untuk membiayai putranya (KH. Amir) berangkat ke Mekkah.

 1.2  Riwayat Keluarga
Setelah cukup lama di Mekkah, beliau di suruh pulang ke tanah air untuk di nikahkan dengan Nyai Sukainah putri KH. Utsman Gedongan Indrapura Cirebon. Dari pernikahannya dengan nyai Sukainah tidak dikaruniai keturunan dan berakhir dengan perceraian secara baik-baik. Pernikahan kedua kali dengan putri KH. Sholeh Darat Semarang yang bernama R.A. Zahro (seorang janda mantan istri KH. R Dahlan Tremas). Pernikahannya dilaksanakan di Mekkah atas perintah KH. Sholeh dan KH. Mahfudz Tremas.

Dari pernikahannya dengan Nyai R.A. Zahro dikaruniai seorang putri yang bernama Siti Aisyah. Sepulang dari Mekkah KH. Amir Idris diminta oleh KH. Sholeh untuk membantu mengasuh para santri di pondok pesantren Darat Semarang, bekas peninggalan KH. Murtadlo. Cukup lama KH. Amir Idris bermukim di Darat Semarang sampai KH. Sholeh wafat pada tahun 1903 M. Tetapi tidak berselang lama ternyata Allah menghendaki untuk mengambil R.A. Zahro, putri Kyai Sholeh Darat ysng merupakan istri KH. Amir Idris.

Setelah KH. Amir Idris ditinggal wafat istrinya, KH. Amir Idris selama bermukim di Semarang sering sakit-sakitan. Sehingga kemudian dengan berat hati KH. Amir Idris harus meninggalkan Semarang pindah ke Pekalongan bersama putrinya Siti Aisyah mendirikan pondok pesantren yang pertama di Pekalongan. Pernikahan ketiga kali dengan putri KH. Sulaiman Bulu Semarang seorang saudagar kaya yang bernama Nyai Sa’diyah.

Dari pernikahan ini beliau dikaruniai lima putra dan dua putri. Akhirnya pada tahun 1934 M. Nyai Sa’diyah istri KH. Amir Idris wafat. Pernikahan ke empat kali dengan Nyai Sa’adah putri KH. Amin (menantu KH. Sholeh Benda Kerep Cirebon), dari pernikahannya dikaruniai dua keturunan yaitu Nyai Afiyah dan Nyai Khodijah.

 1.3  Wafat
    KH. Amir Idris merupakan tokoh ulama yang sangat alim dan santun serta rendah hati, di sebabkan karena ketawadluannya sehingga beliau kurang berani dalam mengarang kitab, di sebabkan karena kesantunannya sehingga banyak amanat yang memberatkan beliau, akan tetapi KH. Amir Idris tidak bisa menolaknya sehingga beliau sering sakit-sakitan karena kurang istirahat. KH. Amir Idris meninggal pada tanggal 8 Rabiul Akhir 1357 H./1938 M. pada usia 63 tahun tepatnya adalah pada jam 12.25 istiwa’. Ziarah di Makam KH. Amir Idris, Mutasyar Pertama PCNU Pekalongan

    Pada saat itu jam yang berada di musholla pondok dan rumah beliau juga mati ikut memperingati wafatnya beliau, dan anehnya jam-jam tersebut tidak dapat di perbaiki lagi sampai sekarang. Pemakaman jenazah KH. Amir Idris dilaksanakan di komplek Pemakaman Banyurip Ageng Pekalongan Selatan, yang sekarang dimakamkan pula istri dan putra-putrinya.

2  Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

2.1   Mengembara Menuntut Ilmu
   Setibanya di Mekkah beliau menjadi seorang yang rajin mendalami ilmu agama. Untuk membiayai kehidupannya, beliau menjadi juru masak teman-temannya karena kedua orang tua tidak mampu memberi uang padanya. Beliau juga tidak mempunyai kitab. Beliau meminjam kitab yang di pelajari teman-temannya, akan tetapi semua itu tidak menjadikan beliau kehilangan semangat mencari ilmu.

    Diantara guru-guru KH Amir Idris) di Mekkah adalah Syekh KH. Mahfudz Tremas, KH. As’ad Tegal, KH. Abbas Brebes, KH. Masduqi Cirebon dan KH. Nahrowi Banyumas. Semuanya adalah ulama-ulama Indonesia yang bermukim di Mekkah. Tentu saja semua itu tidak terlepas dari pengajaran dasar yang ditanamkan pada dada K. Amir dari Ibu Soimah serta ayah KH. Idris. Dengan susah payah menjual sebidang tanah untuk memberangkatkan KH. Amir Idris ke Mekkah.

 2.2   Guru-guru Beliau

 Guru-guru beliau sewaktu belajar menuntut ilmu adalah: 

  1. KH. Mahfudz Tremas 
  2. KH. As’ad Tegal
  3. KH. Abbas Brebes
  4. KH. Masduqi Cirebon
  5. KH. Nahrowi Banyumas.

 2.3    Mengasuh Pesantren

Setelah sekian lama tinggal di Semarang bersama Raden Ayu Zahro dan anak-anaknya, KH. Amir Idris kemudian pindah ke Pekalongan, atas permintaan dari Mbah KH. Adam, seorang ulama yang terkenal dari Sepait Pekalongan. Mbah KH. Adam dengan kelebihan finansialnya, yang menjamin kebutuhan hidup dan dakwah KH. Amir Idris di Pekalongan, bahkan Mbah KH. Adam juga menyediakan tempat tinggal, dan sebuah pondok pesantren, untuk KH. Amir Idris di desa Simbangkulon, sebagai basis dalam penyebar luasan dakwah beliau.

  3    Penerus Beliau

    3.1       Murid-murid Beliau

Murid-murid beliau yang pernah menuntut ilmu adalah

      1. KH. Muhammadun Pati
      2. KH. Maimun Brebes
      3. KH. Toyib Indramayu
      4. KH. Ma'ruf Lirboyo Kediri
      5. KH. Ali Maksum
      6. KH. Assyatori Arjawinangun Cirebon
      7. KH. Daud Lumpur Brebes

  4    Jasa dan Karier

    4.1       Jasa Beliau

Beliau merupakan pendiri PCNU di wilayah Kabupaten Pekalongan yang pertama pada 1928. Beliau didaulat menjadi satu-satunya mustasyar, yang bisa dimaknai sebagai penasihat atau tokoh yang disepuhkan.

    4.2       Karier Beliau
  
Beliau pernah mengasuh di pondok pesantren di pesantren Simbang Kulon Pekalongan   

  5   Referensi

santrimenara.com/kh-amir-idris-pendiri-pondok-pesantren-pertama-di-pekalongan-886

6    Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Amir Idris Pekalongan dapat dilihat DI SINIdan chart silsilah sanad murid beliau dapat dilihat DI SINI.


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 14 Maret 2022, dan terakhir diedit tanggal 09 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya