Tips Khatam Al-Qur'an Berkali-kali di Bulan Ramadhan

 
Tips Khatam Al-Qur'an Berkali-kali di Bulan Ramadhan
Sumber Gambar: Foto oleh Pok Rie dari Pexels

Laduni.ID, Jakarta – Al-Qur’an adalah kitab suci bagi umat muslim. Seseorang yang membacanya akan mendapatkan pahala yang luar biasa. Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah, maka baginya satu kebaikan. Satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh yang semisal. Aku tidak katakan alif laam miim itu satu huruf. Namun alif itu satu huruf, laam itu satu huruf, dan miim itu satu huruf." (HR. Tirmidzi).

Namun, jika membaca Al-Qur’an pada bulan puasa Ramadhan maka pahalanya akan dilipatgandakan bahkan Allah sendiri yang akan memberikan balasannya.

“Amal setiap orang balasannya dilipatgandakan, setiap kebaikan dibalas dengan sepuluh kali lipat sampai tujuh ratus kali. Allah SWT berfirman: “Kecuali puasa, karena sesungguhnya puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku sendiri yang langsung membalasnya, karena ia (orang yang berpuasa) telah meninggalkan syahwat, makan, dan minumnya semata-mata untuk beribadah pada-Ku. Bagi orang yang berpuasa memperoleh dua kebahagiaan, (1) kebahagiaan ketika ia berbuka dan (2) kebahagiaan ketika ia berjumpa dengan Tuhannya. Sesungguhnya aroma mulut orang yang berpuasa di sisi Allah lebih harum dari parfum misk (kasturi)”. (Hadis Shahih, riwayat al-Bukhari: 6938 dan Muslim: 1945).

Hadis di atas menunjukan bahwa betapa besarnya pahala membaca Al-Qur’an, apalagi jika membacanya dilakukan pada bulan Ramadhan yang merupakan bulan diturunkannya Al-Qur’an. Berikut ini tips mengkhatamkan Al-Qur’an berkali-kali di bulan puasa.

Diriwayatkan dari Abdullah bin Amr bin Al-Ash, Rasulullah SAW bersabda: "Bacalah (khatamkan) Al-Qur'an setiap bulan (sekali)."

Abdullah berkata: "Aku mampu lebih dari itu."

Hal ini terus berlanjut hingga Rasulullah SAW bersabda: "(Kalau begitu) 3 hari (sekali)." HR. Bukhari no. (1978).

Bahkan, Imam Syafi'i khatam 60 kali selama bulan Ramadhan, 2 kali di siang hari dan 2 kali di malam hari. Ini adalah keberkahan waktu yang Allah berikan kepada hamba-hamba pilihannya.

Bahkan, Sayyidina Utsman bin Affan RA mengkhatamkan Al-Qur'an dalam satu raka'at. Imam Al-Kasymiri menyebutkan dalam Syarah Sunan Tirmidzi (4/220) berkata:

ﻗﻮﻟﻪ: (ﻗﺎﻝ: اﺧﺘﻤﻪ ﻓﻲ ﺧﻤﺲ ﺇﻟﺦ) ﻫﺬا ﺑﺎﻋﺘﺒﺎﺭ ﺟﻤﻬﻮﺭ اﻷﻣﺔ ﻭاﻟﺴﻠﻒ ﻭﺛﺒﺖ ﻋﻨﻬﻢ اﻟﺨﺘﻢ ﻓﻲ ﻳﻮﻡ ﻭاﺣﺪ ﺃﻳﻀﺎ، ﻛﻤﺎ ﺧﺘﻢ ﻋﺜﻤﺎﻥ ﻓﻲ ﺭﻛﻌﺔ ﻭاﺣﺪﺓ ﻟﻠﻮﺗﺮ، ﻭﻛﺬﻟﻚ ﻛﺎﻥ ﺗﻤﻴﻢ اﻟﺪاﺭﻱ ﻳﺨﺘﻢ ﻓﻲ ﻟﻴﻠﺔ ﻭاﺣﺪﺓ، ﻭﻛﺬﻟﻚ ﺧﺘﻢ ﺃﺑﻮ ﺣﻨﻴﻔﺔ ﻓﻲ ﻟﻴﻠﺔ ﻭاﺣﺪﺓ، ﻭﺛﺒﺖ ﻋﻦ ﺑﻌﺾ اﻟﺴﻠﻒ ﺧﺘﻢ اﻟﻘﺮﺁﻥ ﺧﻤﺲ ﻣﺮاﺕ ﻓﻲ ﻳﻮﻡ ﻭﻟﻴﻠﺔ، ﻭﻋﻦ اﻟﺒﻌﺾ ﺳﺒﻊ ﻣﺮاﺕ ﻭﻫﺬﻩ اﻟﻨﻘﻮﻝ ﻗﻮﻳﺔ.

"Sabda beliau: "Khatamkanlah Al-Qur'an dalam 5 hari, dan seterusnya" ini menurut Jumhur Umat Islam dan Salaf. Bahkan ada riwayat dari Salaf yang khatam dalam sehari, sebagaimana Sayyidina Utsman khatam dalam satu rakaat witirnya, begitu juga Tamim Ad-Dari yang khatam dalam satu malam, begitu juga Imam Abu Hanifag khatam sekali dalam semalam. Bahkan ada sebagian Salaf yang khatam 5 kali sehari semalam, sebagiannya lagi 7 kali, dan riwayat-riwayat ini sangat kuat."

Al-Qur'an itu terdiri dari 30 Juz dan 604 halaman, dengan ketentuan tiap Juz-nya adalah 20 halaman.

1. Sebulan 1 Kali Khatam:

Sehari 1 Juz dengan ketentuan baca 4 halaman setiap selesai Shalat Fardhu. Atau 2 halaman sebelum dan 2 halaman setelahnya.

2. Sebulan 2 Kali Khatam:

Sehari 2 Juz dengan ketentuan baca 4 halaman sebelum Shalat Fardhu dan 4 halaman setelahnya.

3. Sebulan 3 Kali Khatam:

Sehari 3 Juz dengan ketentuan baca 6 halaman sebelum Shalat Fardhu dan 6 halaman setelahnya.

4. Sebulan 4 Kali Khatam:

Sehari 4 Juz dengan ketentuan baca 8 halaman sebelum Shalat Fardhu dan 8 halaman setelahnya.

5. Sebulan 5 Kali Khatam:

Sehari 5 Juz dengan ketentuan baca 10 halaman sebelum Shalat Fardhu dan 10 halaman setelahnya.

6. Sebulan 6 Kali Khatam:

Sehari 6 Juz dengan ketentuan baca 12 halaman sebelum Shalat Fardhu dan 12 halaman setelahnya.

7.  Sebulan 7 Kali Khatam:

Sehari 7 Juz dengan ketentuan baca 14 halaman sebelum Shalat Fardhu dan 14 halaman setelahnya.

8. Sebulan 8 Kali Khatam:

Sehari 8 Juz dengan ketentuan baca 16 halaman sebelum Shalat Fardhu dan 16 halaman setelahnya.

9. Sebulan 9 Kali Khatam:

Sehari 9 Juz dengan ketentuan baca 18 halaman sebelum Shalat Fardhu dan 18 halaman setelahnya.

10. Sebulan 10 Kali Khatam:

Sehari 10 Juz dengan ketentuan baca 1 Juz sebelum Shalat Fardhu dan 1 Juz setelahnya.

Bagi yang bisa khatam lebih dari itu, semoga terus bisa istiqomah dekat dengan Al-Qur'an, dan semoga kita dimudahkan untuk terus berinteraksi dan memahami kandungan Al-Qur'an yang merupakan surat cinta Allah untuk hamba-hamba-Nya.

Sayyidina Utsman bin Affan ra. berkata: "Kalau hati kita telah bersih, sungguh tak kan pernah kenyang dari Kalam Allah (Al-Qur'an)."

Rasulullah saw bersabda: "Barang siapa menunjukkan kebaikan, maka ia mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang melakukannya." HR. Muslim (no. 133).


Editor: Nasirudin Latif