Biografi KH. Zainuddin MZ, Da'i Sejuta Umat

 
Biografi KH. Zainuddin MZ, Da'i Sejuta Umat

Daftar Isi

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Riwayat Keluarga
1.3  Wafat

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1  Pendidikan
2.2  Guru-Guru

3.    Perjalanan Hidup dan Dakwah

4,    Perjalanan Organisasi, dan Karir
4.1  Riwayat Organisasi
4.2  Karir-Karir

5.    Chart Silsilah Sanad
6.    Referensi

1. Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1  Lahir
KH. Zainuddin MZ adalah seorang da’i kondang Indonesia. Nama lengkapnya KH. Zainuddin Hamidi. beliau lahir di Jakarta pada tanggal 2 Maret 1951. MZ itu diambil dari nama ayah Zainuddin. Nama ayahnya Turmudzi. Huruf M dan Z nya yang diambil menjadi nama KH. Zainuddin MZ itu sendiri.

KH. Zainuddin MZ merupakan anak tunggal dari pasangan bapak Turmudzi dan ibu Zainabun dari keluarga Betawi asli. Sejak kecil memang sudah nampak berbakat berpidato. Udin -nama panggilan keluarganya suka naik ke atas meja untuk berpidato di depan tamu yang datang ke rumah kakeknya.

1.2  Riwayat Keluarga
KH. Zainuddin MZ menikah dengan Nyai Hj. Kholilah, dari pernikahannya, beliau dikaruniai empat orang anak yakni:

  1. Gus Fikri Haikal MZ,
  2. Gus Lutfi MZ,
  3. Gus Kiki MZ,
  4. Gus Zaki MZ.

1.3   Wafat
KH. Zainuddin MZ wafat pada hari Selasa, 5 Juli 2011 pukul 09.20 WIB. Beliau terkena serangan jantung usai sarapan di rumahnya. Beliau sempat dilarikan ke RS Pusat Pertamina, beliau akhirnya berpulang ke Rahmatullah. jenazahnya dimakamkan di halaman Masjid Jami' Fajrul Islam yang terletak di depan rumahnya.

2  Sanad Ilmu dan Pendidikan

2.1  Masa Menuntut Ilmu
Beliau masuk Madrasah Tsanawiyah sampai Madrasah Aliyah di Darul Ma’arif, Jakarta. Di sekolah ini beliau berupaya bisa pidato dalam forum Ta’limul Muhadharah (belajar berpidato). Selanjutnya beliau menempuh pendidikan tinggi di IAIN Syarif Hidayatullah. Dan beliau melanjutkan pendidikannya di Universitas Kebangsaan Malaysia berhasil mendapatkan gelar doctor honoris causa dari Universitas Kebangsaan Malaysia. 

2.2  Guru-Guru

  1. KH. Idham Chalid,
  2. KH. Syukron Makmun,
  3. Syekh Ahmad Shohibul Wafa Tajul Arifin R.A (Abah Anom),
  4. Muallim Rajiun Pekojan,  
  5. KH. M. Syafi'i Hadzami.

3. Perjalanan Hidup dan Dakwah
Sejak kecil memang bakat berceramahnya sudah tampak. Kyai Zainuddin MZ dikenal oleh teman sekolahnya sebagai tukang bercerita seperti Zahid tukang hikayat yang terkenal pada zamannya di Jakarta. “Kalau guru sedang tidak ada, teman-temannya meminta Kyai Zainuddin menduduki tempat guru untuk bercerita.”

Kepandaiannya bercerita inilah yang mengantarkan Kyai Zainuddin MZ menjadi dai kondang level nasional bahkan di negara tetangga. Bakatnya ini kemudian bertemu dengan ketekunannya membaca dan kemampuannya mengambil inti sari bacaan.

Pendidikannya selama di Darul Ma’arif dengan bimbingan KH Idham Chalid ini menambah wawasannya. Faktor ini pula yang membuat konten dakwahnya mencakup dimensi politik, ekonomi, sosial, agama, budaya, dan juga aspek ke-Indonesiaan. Bisa dibilang, ceramahnya sangat khas NU.

Kyai Zainuddin MZ awalnya berceramah dari satu ke lain masjid. Karena cocok di hati banyak orang, beliau kemudian menjadi buah bibir. beliau mendapat tawaran label untuk merekam ceramah-ceramahnya. Kaset ceramahnya kemudian diproduksi secara massal dan disebarluaskan ke seluruh Indonesia. Rekaman mulai banjir di pasaran di akhir 1980-an.

4. Perjalanan Organisasi dan Karir

4.1  Riwayat Organisasi
Riwayat Organisasi yang pernah diduduki KH. Zainuddin MZ adalah:

  1. Menjadi anggota dewan penasihat DPW PPP DKI Jakarta,
  2. Menjadi anggota dewan penasihat DPP PPP,
  3. Menjadi ketua Umum PBR 2006.

4.2  Karir-Karir
Berbagai Karir KH. Zainuddin MZ yang pernah diduduki di antaranya:

  1. Da'i,
  2. Politisi.

5. Chart Silsilah Sanad
Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Zainuddin MZ

6. Referensi
Diolah dan dikembangkan dari data-data yang dimuat di situs: Mitra Jakarta

Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 10 Septemtember 2022, dan kembali diedit dengan penyelarasan bahasa pada tanggal 2 Maret 2024.

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya