Waktu Mustajab Berdoa di Bulan Ramadhan

 
Waktu Mustajab Berdoa di Bulan Ramadhan
Sumber Gambar: id.pngtree.com (ilustrasi poto)

Laduni.ID, Jakarta - Ada suatu waktu yang mustajab untuk berdoa pada bulan Ramadhan, dimana doa tersebut tidak akan ditolak oleh Allah Ta'ala, yaitu berdoa saat menjelang berbuka puasa dan menjelang makan sahur. Tetapi sayangnya banyak kaum muslimin tidak mengetahuinya.

Di Mekkah dan Madinah satu jam sebelum adzan maghrib orang-orang sudah mengangkat tangan ke langit berdoa untuk kemudahan dari segala hajat, baik hajat dunia maupun akhirat, mereka berdoa dengan khusyu' sepenuh keyakinan, sampai-sampai air mata mereka mengalir deras.

Kesalahan yang dilakukan kaum muslimin kita disini (Indonesia) yaitu dengan menyia-nyiakan waktu yang sangat mustajab ini dengan cara ngabuburit menjelang adzan maghrib!! kemudian berkumpul menghadapi hidangan berbuka, dan mereka sudah merasa cukup dengan hanya membaca "Allahuma lakasumtu, atau dzahaba zhoma'u.", padahal hanya mencakup maknanya berupa laporan dan ucapan syukur.

Setelah kita memahaminya, hendaknya minimal 10-15 menit sebelum adzan maghrib (sudah dalam keadaan berwudhu) kemudian berdoa meminta apa saja (adabnya dengan didahului puji-pujian kepada Allah dan bershalawat atas Nabi SAW), karena Allah menjamin bahwa do'a-do'a tersebut akan dikabulkan. "Allah sesuai prasangka hamba kepada Nya"

Manfaatkanlah waktumu, bukan hanya demi santapan atau berburu makanan saat jelang buka. Berdo'alah untuk diri kita, orang tua kita, keluarga kita, sahabat kita, dan umat islam semuanya dan juga negeri kita.

Musuh-musuh Islam tahu betapa hebat ummat Rasulullah SAW bila mereka berdo'a kepada Rabb nya disaat menjelang berbuka. Karena itu, mereka buat tipu daya untuk melalaikannya dengan program-program TV dan media lainnya di waktu-waktu yang mustajab yaitu: Menjelang berbuka dan menjelang sahur (2/3 malam). Sehingga ummat ini, mereka makan-minum, berpuasa, namun tak sempat untuk berdoa.


Source: Instagram @omahsantri.id