Ziarah di Makam Syeikh Djamaluddin Assegaf Puang Ramma Pendiri NU Sulawesi Selatan

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam Syeikh Djamaluddin Assegaf Puang Ramma Pendiri NU Sulawesi Selatan

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Syeikh Djamaluddin Assegaf Puang Ramma adalah ulama kharimatis yang berjasa besar mendirikan Nahdlatul Ulama di Sulawesi Selatan.

Puang Ramma adalah Mursyid ke-12 Khalwatiyah Syekh Yusuf Al-Makassary. Beliau langsung mendapatkan ijazah sebagai mursyid dari gurunya, Syekh Abdul Malik Khalwatiyah Syekh Yusuf Al-Makassary. Kemursyi dan Khalwatiyah Syekh Yusuf Al-Makassary saat ini dilanjutkan putranya, Syekh Sayyid A Rahim Assegaf Puang Makka.

Profil

Syeikh Djamaluddin Assegaf Puang Ramma yang bernama lengkap Allahu Yarham Syeikh Sayyid al-Habib Kiai Haji Jamaluddin Assegaf Puang Ramma al-Khalwatiyah Syaikh Yusuf al-Makassari al-Magfur Qaddasallahu Sirrah, lahir pada tanggal 21 Juni 1919 M, di Kampung Tambua Kabupaten Maros, yang terletak sekitar 12 Kilometer ke arah Utara dari Bandara Sultan Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Syeikh Djamaluddin Assegaf Puang Ramma mendirikan Rabithatul Ulama, sebuah organisasi yang berbasis Ahlus Sunnah wal Jama'ah sebagai cikal bakal berdirinya organisasi Nahdlatul Ulama (NU) di Sulawesi Selatan. Beliau adalah mustasyar PBNU dan mursid Tarekat Tarekat Khalwatiyah Syekh Yusuf al-Makassary.

Beliau pernah terpilih menjadi anggota Dewan Konstituante mewakili Nahdatul Ulama (NU) pada Pemilu 1955. 

Syeikh Djamaluddin Assegaf Puang Ramma wafat di kediamannya Jalan Baji Bicara Nomor 7 Makassar pada hari Jum’at 15 Sya’ban 1427 H, atau tanggal 8 September 2006 M, dan dimakamkan ditempat kelahirannya di Desa Tambua Kabupaten Maros.

Anak beliau yang menjadi penerus perjuangan dalam keulamaan adalah Sayyid Abdur Rahim Assegaf Puang Makka

Lokasi Makam

Makam beliau berada di kompleks makam keluarga, di Dusun Tambua, Desa Bonto Marannu, Kecamatan Lau, Kabupaten Maros

Haul

Haul beliau pada 15 Sya’ban 1427 haul beliau biasanya dihadiri para jamiyah Tarekat Tarekat Khalwatiyah Syekh Yusuf al-Makassary

Motivasi Ziarah Menurut Syeikh An Nawawi Banten

  1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
  2. Untuk mendoakan
  3. untuk mendapatkan keberkahan
  4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah

Dengan berdoa kepada Allah dengan wasilah Syeikh Djamaluddin Assegaf Puang Ramma maka dianugerahkan anak yang sholeh, cerdas, dan tangguh dalam berdakwah.

Oleh-oleh

Tak hanya makanan yang berkuah, di Maros juga terdapat sajian kuliner yang kekinian dan telah menjadi primadona para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Seperti namanya, makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh ini berasal dari Kabupaten Maros dan telah menjadi icon dari kabupaten di antaranya : Roti Maros, Burasa atau Buras, madu hutan, Jalangkote, dodol ketan hitam,