Biografi Sayyid Alwi Ammul Faqih bin Muhammad Shahib Mirbath bin Ali

 
Biografi Sayyid Alwi Ammul Faqih bin Muhammad Shahib Mirbath bin Ali

Daftar Isi Biografi Alwi Ammul Faqih bin Muhammad Shahib Mirbath bin Ali

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Riwayat Keluarga
1.3  Nasab
1.4  Wafat

2.    Sanad Keilmuan
2.1  Guru-guru
2.2  Murid-Murid

3.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
4.    Referensi

 

1. Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir
Sayyid Alwi Ammul Faqih dilahirka di Kota Tarim, Beliau adalah anak tertua dari Sayyid Muhammad Shahib Mirbath bin Ali bin Ali Khala’ Ghasam

1.2 Riwayat Keluarga
Dari pernikahannya Sayyid Alwi Ammul Faqih Dikaruniai 4 orang anak lelaki, yaitu:

  1. Abdul Malik, yang keturunannya hanya berada di India dikenal dengan al-Azhamat Khan, yang menurunkan leluhur Wali Songo di Indonesia.
  2. Abdullah (keturunannya terputus)
  3. Abdurahman. (datuknya al-Imam Abdullah bin Alwy al-Hadad)  keturunannya keluarga al-Bahasyim, al-Bin Semith, al-Bin Thahir, al-Ba'bud Maghfun, al-Bafaraj, al-Haddad, al-Basuroh, al-Bafaqih, al-Aidid, al-Baiti Auhaj.
  4. Ahmad. (putri beliau menjadi Istri Sayyid Alwi Al-Ghuyur)

1.3 Nasab
Sayyid  Alwi Ammul Faqih bin Muhammad Shahib Mirbath bin Ali Khala’ Ghasam masih keturunan dari Nabi Muhammad Rasulullah SAW. Dengan urutan silsilah sebagai berikut :

  1. Nabi Muhammad Rasulullah SAW
  2. Sayyidah Fatimah Az-Zahra Istri Sayyidina Ali bin Abi Thalib
  3. Al- Imam Husein
  4. Al-Imam Ali Zainal Abidin
  5. Al-Imam Muhammad Al-Baqir
  6. Al-Imam Ja’far Shodiq
  7. Al-Imam Ali Uraidhy
  8. Al-Imam Muhammad An-Naqib
  9. Al-Imam Isa Ar-Rumi
  10. Al-Imam Ahmad Al-Muhajir
  11. Sayyid Ubaidillah
  12. Sayyid Alwi Alawiyyin
  13. Sayyid Muhammad
  14. Sayyid Alwi
  15. Sayyid Ali Khala’ Ghasam
  16. Sayyid Muhammad Shahib Mirbath
  17. Sayyid Alwi Ammul Faqih

1.4 Wafat
Sayyid Alwi Ammul Faqih wafat di kota Tarim Hadhramaut-Yaman, pada hari Senin, bulan Dzulqaidah, tahun 613 H. Jazad beliau disemayamkan di pekuburan Zambal.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

Tumbuh di sana dan menimba ilmu dari Ayahnya sejak masa kecilnya hingga mendapat pandangan khusus dari Ayahnya, Beliau juga menimba ilmu dari beberapa Ulama diantaranya Syeikh Salim Ba Fadl, Sayyid Al Jalil Salim bin Basri, Syeikh Ali bin Ibrahim Al Khatib dan Ulama-Ulama lainnya.

Beliau dilahirkan di kota Tarim dan dibesarkan disana. Beliau mengambil ilmu langsung dari ayahnya. Selain itu, beliau juga mengambil ilmu dari Asy-Syeikh Salim Bafadhal, As-Sayyid Salim bin Bashri, Asy-Syeikh Ali bin Ibrahim Al-Khatib, dan banyak Ulama-ulama besar lainnya

2.1 Guru-guru beliau

  1. Sayyid Muhammad Shihab Mirbath bin Ali Khala’ Ghasam bin Alwi (Ayah Sayyid Ali)
  2. Syekh Salim Ba fadhl
  3. Sayyid Salim bin Bashri,
  4. Syekh Ali bin Ibrahim Al-Khatib
  5. Syekh Muhammad bin Ali (yang disemayamkan di kota Sihr)
  6. Syekh Al-Imam Ali bin Abdullah Adh-Dhafariyyin
  7. Syekh Ali bin Ahmad Bamarwan
  8. Al-Qadhi Ahmad bin Muhammad Ba’isa
  9. Syekh Ali bin Muhammad Al-Khatib.

2.2  Murid beliau bernama Sayyid Muhammad Al-Faqih Mugaddam

3. Perjalanan Hidup dan Dakwah

Sayyid Alwi Ammul Faqih adalah putra Al-Imam Muhammad Shohib Mirbath yang pertama. Beliau sering dijuluki dengan ‘Ammul Faqih (paman dari Al-Faqih Al-Muqaddam). Beliau adalah seorang imam yang berilmu dan beramal, dermawan dan pemurah. Beliau mewarisi sifat-sifat kebaikan dari ayahnya. Beliau berjalan di jalan yang telah ditempuh oleh ayahnya. Beliau adalah seorang ulama besar, pemimpin kaum Arifin, hafal alquran, selalu menjaga lidahnya dari kata-kata yang tidak bermanfaat, dermawan, cinta kepada fakir miskin dan memuliakannya, banyak senyum.

Dari keturunan beliaulah bermunculan kalangan ahli ilmu dan orang-orang Sholeh, Beliau seorang Imam yang dermawan, selalu mengamalkan ilmunya, mengikuti jejak Nabi Muhammad saw dan mewarisi sifat-sifat Beliau saw, Beliau termasuk Maha Guru yang sempurna, Imam yang selalu membimbing ke jalan yang benar dengan pengabdian yang sangat sempurna kepada Allah swt.

Sayyid Ali Ammul Faqih adalah sosok yang dermawan bahkan dalam bersedekah selalu mengeluarkan barang-barang yang mahal, memang beliau adalah orang yang memiliki kekayaan dan perkebunan kurma, kebanyakannya di daerah Bait Jubair, dalam sedekahnya selalu dalam jumlah yang banyak, disamping sifat beliau yang terpuji, oleh karena itulah banyak para Imam Arif Billah yang memuji Beliau, Beliau dicintai oleh segala kalangan bahkan diyakini keberkahannya oleh kalangan khusus maupun umum. Selain itu, dari ketinggian maqam beliau di sisi Allah, beliau banyak dikaruniai karomah.

Hingga hal ini mengundang iri dengki penguasa yang dzalim kala itu. Si penguasa menyuruh beberapa orang untuk mendatangi Beliau dan memberinya minuman yang beracun, hal ini dilakukan berkali-kali tapi tidak berpengaruh sedikitpun terhadap diri Beliau, memang Beliau dikenal memiliki banyak kekeramatan.

Al Khatib menyebutkan sebuah cerita dalam kitabnya Jauharus Syaffaf dari Sayyiduna Al Faqih Muqaddam bahwa Paman Beliau Alwy bin Muhammad ini menjawab salamnya dari dalam kuburnya sewaktu Beliau menziarahinya, sepeninggalnya Al Faqih Muqaddam masih hidup selama 40 tahun,

4. Referensi

Disarikan dari Syarh Al-Ainiyyah, Nadzm Sayyidina Al-Habib Al-Qutub Abdullah bin Alwi Alhaddad Ba’alawy, karya Al-Allamah Al-Habib Ahmad bin Zain Alhabsyi Ba’alawy

 

 

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya