Biografi KH. Abdul Alim Abdul Jalil Sidogiri

 
Biografi KH. Abdul Alim Abdul Jalil Sidogiri
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi

1          Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Riwayat Keluarga
1.3       Wafat

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Mengembara Menuntut Ilmu
2.2       Guru-guru Beliau
2.3       Mengasuh Pesantren

3          Penerus Beliau
3.1      Murid-murid Beliau

4          Karier
4.1       karier Beliau

5.         Chart Silsilah
5.1       Chart Silsilah Sanad

6         Referensi

1 Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1  Lahir
Kiai Abd Alim atau yang akrab disapa Kiai Lim, adalah putra pasangan KH. Abd Djalil bin Fadhil dan Nyai Hanifah binti Nawawie. Dari jalur ayah, nasab Kiai Lim bersambung dengan Raden Rahmat, Sunan Ampel. Sedangkan dari jalur ibu, nasab Kiai Lim sampai ke Sayyid Abu Bakar Syatho al-Dimyati, pengarang kitab I’anatuth-Tholibin.

Nyai Hanifah, ibunda Kiai Lim adalah puteri sulung Kiai Nawawie bin Noerhasan yang tak lain salah satu pendiri organisasi Islam terbesar di Indonesia, NU. Ayah Kiai Lim syahid ditembak tentara Belanda saat Kiai Lim berusia 7 tahun. Sejak saat itu Kiai Lim diasuh Kiai Cholil, adik kandung ibunya.

1.2  Riwayat Keluarga
Di usia 31 tahun Kiai Lim menikah. Beliau dikaruniai 7 putera-puteri. Kepada istrinya beliau tidak pernah menyuruh mengerjakan sesuatu apapun. Jika ada yang kurang berkenan dari sikap putera-puteranya, Kiai Lim tidak langsung menegur, melainkan beliau memanggil istrinya bahwa beliau tidak setuju.

1.3  Wafat
Kiai Lim mengalami gangguan liver dan ginjal. Setiap kali akan dirujuk ke rumah sakit, beliau menolak. Beliau beralasan masih kuat menahan sakit. Hingga pada Ahad 28 Dzul-Qadah 1426/09 Januari 2005, Kiai Lim menghembuskan nafas terakhir.

2  Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

2.1   Mengembara Menuntut Ilmu
Dikenal sebagai pemuda yang haus ilmu dan serius saat belajar. Rihlah ilmiah Kiai Lim dimulai dengan mengaji pada Kiai Cholil dan Kiai Hasani, pamannya. Beliau melanjutkan studi di Madrasah Miftahul Ulum Sidogiri hingga tamat Ibtidaiyah. Di sini Kiai Lim belajar pada Kiai Kholili, iparnya.

Merasa tidak puas, Kiai Lim melanjutkan pendidikan ke Ponpes Al-Anwar Sarang Rembang Jateng. Beliau berguru pada Kiai Zubair, ayah Kiai Maimoen Zubair. Saat hendak mondok ke Sarang, Kiai Lim berangkat dengan membawa sekarung beras. Konon sampai beliau boyong (berhenti mondok) beras tersebut masih tersisa.

Setelah dari Sarang, beliau pindah ke Lasem, menimba ilmu pada Kiai Maksum Lasem. Tiap hari waktu beliau digunakan untuk belajar dan mengaji. Sepulang dari Sarang, Kiai Lim mendalami tauhid dan tasawuf. Beliau berguru pada Kiai Abu Fadhlin Jember.

2.2  Guru-guru Beliau
Guru-guru beliau saat menuntut ilmu, di antaranya:
1. KH. Cholil Sidogiri
2, KH. Zubair Sarang
3. KH. Maksum Lasem
4. KH. Abu Fadhlin Jember

2.3  Mengasuh Pesantren
Tanda-tanda Kiai Lim akan menjadi pengasuh adalah satu tahun sebelum wafat, Kiai Cholil pergi haji dan menggantikan pengajian kitab pada Kiai Lim. Uniknya, di Sidogiri setiap ada pergantian pengasuh selalu terjadi perebutan. Bukan berebut maju, malah berebut mengajukan yang lain, karena merasa tak pantas.

Versi lain, Kiai Lim menjadi pengasuh setelah Kiai Siradj. Kiai Siradj sebagai satu-satunya putera Kiai Nawawie yang masih hidup.

Saat bersama santri, beliau menggunakan bahasa halus (kromo inggil). Bahkan ngaji kitab di surau, penjelasannya juga menggunakan bahasa halus. Dalam kondisi kritis, beliau selalu memikirkan santri. Pernah, sekitar jam 2 dini hari, beliau bertanya: “Bagaimana ngajinya santri-santri?”

Kiai Lim memang dikenal sebagai sosok pendiam. Namun hal berbeda dijumpai santri saat beliau mengisi pengajian; keterangannya begitu detail. Menurut pengakuan Kiai Lim sendiri, tradisi ini beliau ambil dari Thariqah-Ghazaliyah: yakni taklim wat-ta’allum (mengajar sambil belajar).

Beliau mengasuh kitab Fathul-Wahhab, Iqna’, dan Fathul Mu’in di pagi hari. Sedang malam harinya membacakan kitab Uqudul-Juman kepada santri. Mengasuh Ihya-Ulumiddin, Shahih Bukhari, Shahih Muslim & Tafsir Jalalain. Cara mengajar beliau persis seperti gurunya, Kiai Zubair, Sarang.

3  Penerus Beliau            

3.1  Murid-murid Beliau
Murid-murid beliau adalah para santri di pesantren Sidogiri

4  Karier      

4.1  Karier Beliau
Karier sesuai dengan keilmuan beliau, posisi karier yang diduduki di antaranya:
Beliau adalah pengasuh pesantren Sidogiri

5.   Chart Silsilah

5.1       Chart Silsilah Sanad
Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Abdul Alim Abdul Jalil Sidogiri dapat dilihat DI SINI.

6  Referensi 

Biografi KH. Abdul Alim Abdul Jalil Sidogiri


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 03 Juni 2022, dan terakhir diedit tanggal 12 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya