Biografi KH. Khudlori Tabri

 
Biografi KH. Khudlori Tabri
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi

1          Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Riwayat Keluarga
1.3       Wafat

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Mengembara Menuntut Ilmu
2.2       Guru-guru Beliau
2.3       Mengasuh Pesantren

3          Penerus Beliau
3.1       Anak-anak Beliau
3.2       Murid-murid Beliau

4          Karier
4.1       Karier Beliau
4.1       Karya Beliau

5          Tauladan Beliau

6          Chart Silsilah
6.1       Chart Silsilah Sanad

7         Referensi

1 Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1  Lahir
KH. Khudlori Tabri lahir pada hari Rabu 3 Februari tahun 1932 H  di Simbangkulon, Buaran, Pekalongan. Beliau putra dari Bapak Tabri bin Abdus Shomad bin Kyai Irfan. Ayah beliau masih saudara dengan Bapak Hamzah, ayah K.H. Bakri Hamzah.

1.2  Riwayat Keluarga
Beliau menikah dengan Ibu Hj. Nadhoriyah Alwi, dari pernikahan ini melahirkan beberapa anak, antara lain: KH. Muslih, KH. Mahrus, Ust. Hafidz, Maftuhin, dan Khoiriyah (Almh).Sepeninggal Ibu Hj. Nadhoriyah Alwi beliau menikah kembali dengan Ibu Hj. Farkhati Fadlun dan dikaruniai 7 orang anak, yaitu: KH. M. Nurul Haq, Fainusah, A. Lukman Hakim, Lailatul Zulfa, Nur I’anah, A. Fadlun dan Nur Rohmah (Alm).

1.3  Wafat
Beliau meninggal di RSUD Kraton setelah shalat shubuh pada hari Rabu 8 Dzulhijjah 1420 H atau 15 Maret 2000 M. KH. Khudlori Tabri dimakamkan di pemakaman Mbah Jihan tepatnya di desa Simbang Kulon gang 2.

2  Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

2.1   Mengembara Menuntut Ilmu
Setelah selesai dari pendidikan MI-nya beliau melanjutkan pendidikan ke Pondok Pesantren APIK Kaliwungu Kendal dibawah asuhan Al Maghfurlah Kyai Ru’yat. Beliau berangkat ke pesantren sekitar tahun 1951 M. Dan beliau nyantri di Kaliwungu selama sekitar 6,5 tahun. Di pondok beliau menjadi santri kesayangan Mbah Ru’yat, sehingga tiap pengajian beliau disuruh duduk di depan, langsung dihadapan Mbah Ru’yat.

2.2  Guru-guru Beliau
Guru-guru beliau saat menuntut ilmu, di antaranya:

  1. Kiai Tabri
  2. KH. Ru’yat

2.3  Mendirikan dan Mengasuh Pesantren
KH. Khudlori mendirikan Pondok Pesantren Nurul Huda pada tahun 1985 yang awalnya adalah majlis ta’lim yang sekarang diemban oleh KH. Mahrus, putra kedua beliau setelah pulang dari pondok.Selain itu, beliau juga ikut andil dalam pendirian Pondok Takhassus pada tahun 1992 bersama KH. Bakri Hamzah, KH. Muhammad Ilyas, KH. Nasri Daimun, dan Kiai-kiai lainnya. Terakhir, beliau membangun Pondok Nurul Huda Banat pada tahun 1999. Pembangunan ini juga berkat dukungan masyarakat, beliau juga mewaqafkan sebidang tanah untuk pendirian pondok.

3  Penerus Beliau            

3.1  Anak-anak Beliau
Anak-anak beliau yang menjadi penerus perjuangan keulamaan di antaranya:
1. KH. Muslikh Khudlori
2. KH. Mahrus Khudlori
3. Ust. Hafidz
4. KH. M. Nurul Haq

3.2  Murid-murid Beliau
Murid-murid Beliau adalah yang menjadi santri beliau di Pesantren Nurul Huda

4  Karier     

4.1  Karier Beliau
Karier sesuai dengan keilmuan beliau, posisi karier yang diduduki di antaranya:
Pengasuh pesantren di Pesantren Nurul Huda

4.2 Karya Beliau
 Di antara karya-karyanya adalah kitab Tahajji, Amtsilatuttashrif, Qowa’idul I’lal. Mawaris (Faroidl), dan do’a-do’a. Metode penulisan kitab beliau ditulis setelah diajarkan dan berhasil dihafal oleh santri pertama beliau yakni anak pertamanya.

5  Tauladan Beliau

KH. Khudlori Tabri adalah seorang pengusaha besar yang sukses dan dermawan, namun pola hidupnya sangat sederhana. Kesederhanaan beliau nampak sekali dalam kehidupan sehari-hari. Beliau jarang memakai pakaian yang disetrika atau pakaian yang mahal, serta tidak pernah makan sampai kenyang. Kedermawanan beliau sangat tinggi itu dapat dilihat dari seringnya beliau membantu orang lain yang membutuhkan bantuan serta menyekolahkan anak-anak yatim dan kurang mampu.

Beliau juga sering menggratiskan peralatan belajar terutama pada awal-awal berdirinya Pondok Pesantren Nurul Huda. Selain seorang yang dermawan dan sederhana juga seorang yang sabar serta kewaro’iannya sangat besar, bahkan karena sangat hati-hatinya sampai-sampai sejengkal tanah yang biasa beliau lewati pun itu dibeli.

Setelah Ibu Nyai Hj. Nadloriyah wafat, K.H. Khudlori Tabri lebih banyak meluangkan waktu untuk mengajar. Beliau mengajar di madrasah, majlis ta’lim dan mengajar di rumahnya. Bahkan pengajian yang ada di ndalemnya ada lebih kurang berjumlah tiga kelas dan ada juga yang menetap di ndalemnya, oleh sebab itu beliau berinisiatif mendirikan sebuah pondok pesantren yang kemudian diberi nama Pondok Pesantren Nurul Huda sekitar tahun 1985. Tempat yang dahulu untuk bekerja dengan lebih kurang 200 mesin tenun diganti dengan bangunan pondok pesantren. Saat ini untuk pondok putri diasuh oleh KH. Muslikh Khudlori dan untuk pondok putra diasuh oleh KH. Mahrus Khudlori.

Dalam mengajar beliau tidak terfokus pada buku catatan saja, tetapi beliau juga membuat ikhtishar dari kitab-kitab yang ada. Diantaranya Ikhtishar Faroidl, Amtsilatut Tashrif, Qawa’idul I’lal. Ikhtishar tersebut sampai sekarang masih digunakan baik di pondok maupun Madrasah Salafiyah Simbang kulon.

Beliau sangat tekun beribadah dan mencintai ilmu, bahkan ketika Ramadhan beliau hampir-hampir tidak istirahat. Bagaimana tidak, beliau bangun jam 3 pagi, tahajud dan sahur beliau pun tidak lebih dari sepertiga piring. Setelah sholat shubuh berjama’ah, beliau melanjutkan pengajian Alfiyah sampai jam 7 pagi. Setelah ngaji, beliau mengajar di madrasah. Sehabis dhuhur bukan waktunya istirahat, namun beliau masih menyempatkan untuk mengaji kepada Habib Ali bin Ahmad Al-Athas.

Setelah ashar, beliau memulai ngaji lagi sampai waktu berbuka tiba. Beliau berbuka dengan segelas air dan lebih memilih makan setelah shalat tarawih, setelah itu beliau ngaji kembali sampai jam 11 malam. Rutinitas beliau tidak pernah untuk santai-santai, tetapi beliau gunakan untuk belajar dan mengajar.

Kedisiplinan beliau dalam mengajar tak pernah berhenti, walaupun hujan lebat dan sakit pun, beliau tetap mengajar. Kepadatan rutinitas beliau sehingga terkadang beliau mengajar sambil mengantuk. Namun istimewanya setelah kembali terjaga beliau mampu mengingat kejadian sebelumnya dan kejadian yang terjadi saat beliau mengantuk. Ketika beliau mengajar, menghukum santri, membangunkan santri, beliau menggunakan ungkapan “qamal ilmu biddarsi” (memperoleh ilmu itu dengan belajar).

Sebelum beliau wafat, beliau memanggil Ust. Qomarudin dan K.H. Muslikh untuk sebagai saksi uang kas madrasah dan pondok, serta kekurangan uang kas beliau ganti dengan uang beliau sendiri.

Romo KH. Khudlori Tabri adalah sosok ulama’ berwibawa, sederhana, dan sabar. Kesadaran beliau akan pentingnya ilmu sangatlah besar. Hal ini bisa kita lihat dari kegigihan beliau dalam mendidik putra-putri serta para santri yang sungguh perlu kita teladani.

6  Chart Silsilah

6.1   Chart Silsilah Sanad
Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Khudlori Tabri dapat dilihat DI SINI.

7  Referensi 

Biografi KH. Khudlori Tabri


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 14 Juni 2022, dan terakhir diedit tanggal 13 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya