Puasa

 

Bacaan dan Arti Doa Setelah Shalat Tarawih

Bulan Ramadhan atau ramadan 1440 H adalah bulan yang istimewa bagi umat Muslim.

Wajib Tahu: Hukuman Bagi Mereka yang Membatalkan Puasa Karena Bersetubuh

Ada macam-macam hal yang memabatalkan puasa Ramadhan dan beragam pula konsekuensinya. Ada yang sekedar harus meng-qadha’ (mengganti di hari lain), tetapi ada pula yang mengakibatkan sanksi berat. Terhitung yang berat adalah hubungan seks (jima’).

Hukum Meninggalkan Puasa Tanpa Udzur Syar’i

Berdasarkan dalil dari al-Qur’an, sunnah dan ijma’, seluruh umat muslim bersepakat bahwa hukum puasa Ramadhan adalah wajib dan yang mengingkarinya termasuk kafir (lihat al-Fiqh ‘ala Madzahib al-Arba’ah, Abdurrahman al-Jaziri, Daarul Hadits, hal 420).

Ancaman Bagi Mereka yang Membatalkan Puasa dengan Sengaja Tanpa Udzur

Pada zaman sekarang kita seringkali menjumpai di antara sebagian kecil umat Islam yang melalaikan kewajiban berpuasa pada saat bulan Ramadhan.

Hal-Hal yang Membatalkan Puasa

Umat Islam yang berpuasa berkewajiban menjauhi segala hal yang membatalkan puasa. Jika di tengah-tengah puasanya, mereka sampai menerjang hal-hal yang membatalkan puasa, maka puasanya akan batal dan berkewajiban mengqadhanya.

Hikmah dan Kebaikan Bagi yang Berpuasa Serta Tahan Akan Godaan

Hikmah melaksanakan ibadah puasa ramdhan dapat diperoleh dengan meningkatkan amal ibadah. Keutamaan dan hikmah menjalankan ibadah puasa bulan ramdhan kembali pada pribadi orang yang berpuasa.

Janji Allah Akan Pahala Bagi Orang yang Berpuasa

Bagi yang hari ini berpuasa sunnah atau wajib (puasa qada ramadhan)? Sahabat, tahukah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam jelas menyatakan puasa berbeda dengan amalan lainnya, dan bahkan tak ada satu pun amalan yang dapat menyamai ibadah puasa.

Melafalkan Niat Puasa

Puasa rukunnya hanya dua, yaitu berniat dan meninggalkan semua yang bisa membatalkan puasa.  Niat artinya al-Qashd, yakni menyengaja dan bertekad dalam hati untuk melakukan sesuatu tanpa keraguan sedikit pun. Semua ibadah harus dilaksanakan dengan ikhlas.

Puasa Tanpa Mandi Wajib

Ketika orang junub di malam hari ramadhan, baik karena mimpi basah maupun karena hubungan badan, atau karena onani, kemudia belum madi hingga masuk subuh, apakah puasanya sah.

Hadist Kontradiksi Soal Puasa Setelah Pertengahan Bulan Syaban

Sya’ban bulan mulia dan kebiasaan Nabi SAW. pada bulan Sya’ban adalah berpuasa sunnat. Hanya saja terdapat beberapa hadis mengenai puasa sunnat ini dianggap bertentangan antara satu hadis dengan hadis lainnya. Rasulullah SAW. bersabda: