Puasa Sang Wali Quthub

 
Puasa Sang Wali Quthub

LADUNI.ID, Jakarta - Keistimewaan Syekh Abdul Qadir Al Jailaniy sudah nampak mulai ketika beliau masih bayi juga ikut berpuasa di bulan Romadhon. Di dalam kitab Al Lujainud Dânî disebutkan :

وكان في طفوليته يمتنع من الرضاعة في نهار رمضان عناية من الله تعالى به

Ketika masih bayi pada waktu siang hari bulan Romadhon, beliau TIDAK MAU MENETEK (MENYUSU-kepada sang ibu), karena inayah (pertolongan) dari Alloh ta'ala kepada beliau.

وَبَقِيَ مُدَّةً لَمْ يَأْكُلْ فِيْهَا طَعَامًا * فَلَقِيَهُ إنْسَانٌ فَأَعْطَاهُ صُرَّةَ دَرَاهِمَ إكْرَامًا * فَأَخَذَ ببَعْضِهَا خُبْزًا سَمِيْدًا وَخَبيْصًا * وَجَلَسَ لِيَأْكُلَ ، وَإذًا برُقْعَةٍ مَكْتُوْبٍ فِيْهَا : إنَّمَا جُعِلَتِ الشَّهَوَاتُ لِضُعَفَاءِ عِبَادِيْ ، لِيَسْتَعِيْنُوْا بهَا عَلَى الطَّاعَاتِ * وَأمَّا اْلأَقْوِيَاءُ فَمَا لَهُمُ الشَّهَوَاتُ * فَتَرَكَ اْلأَكْلَ ، وَأخَذَ الْمِنْدِيْلَ ، وَتَرَكَ مَا كَانَ فِيْهِ ، وَتَوَجَّهَ فِي الْقِبْلَةِ وَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَانْصَرَفَ * وَفَهِمَ أنَّهُ مَحْفُوْظٌ وَمُعْتَنًى بهِ ، وَعَرَفَ *

Pernah berhari hari beliau tidak makan apapun, tiba-tiba ada seseorang yang menemui, kemudian memberi sebuah kantong yang berisi penuh dengan uang dirham sebagai penghargaan kepada beliau. Kemudian beliau mengambil sebagian untuk membeli roti, tepung, jenang dari kurma dan samin dan beliau duduk untuk menikmati makanan tersebut. Namun tiba-tiba ada sebuah kertas terjatuh di dalamnya terdapat tulisan :

"Syahwat itu dijadikan untuk hamba-hamba-Ku yang lemah, sebagai perantara untuk melaksanakan ta'at (kepada Alloh), sedangkan Hamba-hamba-Ku yang kuat, tentu mereka tidak mempunyai kesenangan syahwat apapun."

Seketika itu pula beliau meninggalkan makan, mengambil sapu tangan untuk membungkusnya dan ditinggalkannya, lalu menghadap kiblat, melkakukan sholat dua rakaat, dan kemudian meninggalkan tempat itu. Dari kejadian tsb beliau tersadar dan memahami, bahwa beliau dijaga oleh Alloh dan selalu dalam pertolongan-Nya.

Wallohu a'lam....