Tekno & Disruption

 

Dosen ITS Surabaya Ciptakan Kapal Perang Canggih Bisa Berubah 3 Mode

Sebuah kapal perang dirancang oleh Dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Uniknya, kapal rancangan dosen ITS itu mampu berubah menjadi tiga mode berbeda.

Undip Semarang Ciptakan Tangan Bionik untuk Difabel

Universitas Diponegoro (Undip) Semarang mengembangkan sebuah teknologi bonik yang sangat berguna untuk difabel. Teknologi tersebut adalah tangan bionik. Tangan buatan tersebut bisa disetel kepekaan sensornya cukup dengan telepon seluler.

Sampah Menumpuk, Benarkah Ulat Pemakan Plastik Jadi Solusi?

Volume sampah plastik di seluruh dunia terus membengkak hingga 200 juta ton per tahun. Masalahnya plastik sangat sulit terurai. Juga mikroplastik jadi ancaman bagi banyak spesies di lautan. Sekitar 80 juta ton sampahnya berupa plastik polyethilene .

Dosen UMM Buat 3 Drone Pertanian yang Bisa Jangkau Lahan Hingga 700 Hektar

Melalui model pertanian pintar melalui tiga jenis drone ini, Dr Wahono berharap mampu menyelesaikan berbagai persoalan pertanian di Indonesia. Sekaligus bisa meningkatkan produktivitas tanaman serta mengefisiensi biaya.

Ingin Atasi Banjir, Lulusan ITB Ini Kembangkan Paving Block Berpori

Seorang lulusan Intitute Teknologi Bandung (ITB) telah mengembangkan paving block berpori atau pore block untuk mengatasi bencana banjir yang sering melanda beberapa daerah di Indonesia.

Pemkot Surabaya Serius Kembangkan Transportasi Air

Saat ini Dinas Perhubungan Kota Surabaya tengah melakukan survey pada dua jalur sungai yang melintas di Kota Pahlawan ini.

WhatsApp Akan Tayangkan Iklan Seperti Facebook dan Instagram

Facebook akan memonetisasi WhatsApp tahun ini setelah 10 tahun memberikan layanan gratis. WhatsApp akan mencari cuan dengan menayangkan iklan di platform WhatsApp.

Indonesia Kini Miliki Drone Pengangkut Manusia, Ini Lima Faktanya

Saat ini, Indonesia sudah memiliki drone atau pesawat tanpa awak yang bisa mengangkut manusia. Drone ini diluncurkan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dan diciptakan oleh PT Aeroterrascan dan PT Chroma International yang kemudian diberi nama “Dadali”.

PT Dirgantara Indonesia Pamerkan Drone Berkecepatan 235 km Per Jam

Kini, Indonesia sudsah memiliki prototype drone yang rencananya akan diterbangkan tahun ini. Drone ini dibuat langsung oleh PT Dirgantara Indonesia yang disebut Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) jenis Medium Altitude Long Endurance (MALE).

Badan Antariksa Rusia Akan Kirim Astronot Indonesia ke Luar Angkasa

Direktur Jenderal Roscosmos (badan antariksa Rusia), Dmitry Rogozin dalam wawancara dengan televisi Rossiya, menjelaskan bahwa Rusia dan Indonesia sedang berunding tentang pengiriman astronot pertama Indonesia ke luar angkasa.